Tips Merawat Helm Premium Supaya Awet

Diposting pada

Motorupdate.net – helm merupakan salah satu kelengkapan berkendara yang penting. Fungsi helm adalah untuk melindungi kepala pengendara atau meminimalisir resiko cedera dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti saat terjadi kecelakaan. Sekarang ini banyak helm yang dijual di pasaran, mulai harga ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Tentunya beda harga juga beda kualitas yang disajikan, helm-helm dengan harga mahal (premium) tentunya memiliki kualitas dan beragam fitur keselamatan yang tidak dimiliki pada helm biasa. Selain itu memiliki helm premium juga saat ini menjadi gaya hidup bagi sebagian pengendara kelas atas. Helm yang mahal tentu butuh perawatan yang ekstra supaya awet dan tidak mudah rusak. Lantas bagaimana tips merawat helm premium supaya awet. Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Merawat Helm Premium Supaya Awet

Sebenarnya merawat helm merupakan hal yang mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus memerlukan bantuan orang lain. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat merawat helm premium, berikut ulasan lengkapnya.

tips merawat helm cross ahm

Bersihkan Bagian Luar Helm setelah Dipakai

Bagian utama helm yang wajib dibersihkan setelah dipakai adalah pada bagian luar helm. Bagian luar ini rawan terkena debu, dan kotoran saat dipakai. Oleh karenanya, bagian luar adalah bagian pertama yang harus selalu dijaga kebersihannya. Cara membersihkannya pun juga sangat mudah, cukup dengan menyediakan cairan khusus pembersih helm, lap microfiber, dan juga cotton buds. Caranya dengan menyemprotkan cairan khusus pembersih helm pada bagian yang kotor, kemudian kita lap dengan hati-hati sampai kering menggunakan kain microfiber. Untuk bagian yang kecil seperti ventilasi udara bisa menggunakan cotton buds dalam membersihkannya.

Bersihkan Visor

Visor helm juga merupakan bagian yang rentan terkena debu dan kotoran saat digunakan berkendara. Oleh karenanya, setelah selesai berkendara baiknya visor dibersihkan agar tetap awet. Cara membersihkan visor ada baiknya dilepas dari helm, kemudian di bilas dengan air mengalir supaya kotoran yang menempel lepas. Setelah itu bisa diberikan cairan pembersih kaca/visor dan dilap menggunakan kain halus atau microfiber.

Rutin Cuci Busa Helm

Bagian busa helm juga merupakan komponen yang wajib untuk rutin dibersihkan. Hal ini dikarenakan setelah berkendara tentu saja ada kotoran ataupun keringat yang menempel pada bagian dalam helm. Pencucian busa helm tergantung pada intensitas pemakaian. Apabila sering digunakan maka mencuci busa helm bisa dilakukan satu minggu sekali.

Caranya pun juga sangat mudah cukup melepaskan busa helm dari helm, kemudian merendamnya dengan air hangat, setelah itu bisa menggunakan cairan yang khusus untuk mencuci busa helm dan bilas dengan air bersih. Untuk mengeringkannya bisa dikeringkan menggunakan kipas angin atau juga bisa dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam saja.

Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung

Setelah helm dipakai sebaiknya jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung, hal ini dikarenakan dapat merusak lapisan cat pada helm sehingga jika dibiarkan terlalu lama dapat membuat warna menjadi kusam.

Semprotkan Pewangi

Helm bagian dalam merupakan bagian yang bersentuhan langsung dengan rambut dan berpotensi besar kotor serta bau apabila tidak sering dibersihkan. Hal ini dikarenakan sisa keringat saat berkendara masih menempel pada busa walaupun sudah menggunakan pelindung kepala atau biasa yang disebut balaclava. Selain itu agar membuat bagian dalam helm tetap bersih dan nyaman saat digunakan. Ada baiknya helm rutin disemprot dengan minyak wangi supaya tidak berbau apek.

Sarungi Helm atau Letakkan di Lemari Khusus

Ketika helm tidak digunakan, ada baiknya helm dimasukkan ke dalam sarung helm serta ditempatkan di lemari khusus helm seperti lemari kaca. Tentu saja ini untuk mencegah helm terkena kotoran dan debu.

Nah, itu saja sedikit informasi mengenai tips merawat helm premium supaya tetap awet. Semoga bermanfaat.

 

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.