Tips Bedakan BPKB Asli dengan Palsu, Ini Caranya

tips cara bedakan bpkb asli dengan palsu

MotorUpdate.net – Bagi sebagian orang, untuk memiliki kendaraan baik itu mobil atau motor tidak harus membeli yang benar-benar baru. Kendaraan bekas bisa menjadi pilihan untuk dibeli tentunya dengan pertimbangan harga yang lebih murah. Namun, ada sebagian kendaraan bekas yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan-kendaraan yang baru. Hal ini mungkin karena kendaraan tersebut merupakan kendaraan yang langka alias masuk dalam kategori collector item. Namun ketika membeli kendaraan bekas, kita patut waspada terhadap surat atau dokumen kendaraan tersebut. Karena sekarang ini banyak sekali oknum yang memalsukan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Lalu bagaimana cara atau tips untuk bedakan BPKB Asli dengan palsu? Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Bedakan BPKB Asli dengan Palsu, Ini Caranya

Sebagian masyarakat ada yang belum tahu bagaimana cara membedakan antara BPKB yang asli dengan yang palsu. Oleh karenanya kita kadang mendengar berita mengenai masyarakat yang tertipu karena mendapatkan dokumen BPKB palsu. Tentu saja hal seperti ini sangat merugikan bagi sebagian masyarakat yang awam.

tips cara bedakan bpkb asli dengan palsu

Nah, oleh karenanya Korlantas Polri yang menerbitkan BPKB kendaraan di Indonesia memberikan tips atau kisi-kisi tentang bagaimana membedakan antara BPKB Asli dengan BPKB palsu. Ada 5 cara mudah untuk mengetahuinya, berikut ini langkahnya.

  • Cover sampul buku: Untuk BPKB yang asli material kertas untuk cover sampul buku terlihat lebih mengkilap. Sementara untuk yang palsu material kertas untuk cover sampul buku agar terlihat lebih buram.
  • Hologram di halaman depan: Untuk BPKB yang asli hologram yang terdapat di halaman pertama memiliki warna abu-abu dan tidak akan berubah ketika diterawang. Sementara untuk BPKB Palsu hologram yang terdapat di halaman pertama ketika diterawang warnanya akan berubah menjadi kuning.
  • Untuk BPKB yang asli terdapat nomor Seri di bawah Hologram untuk membedakan domisili, namun untuk detail mengenai nomor seri tersebut hanya Korlantas Polri yang mengetahui karena bersifat rahasia.
  • Identitas pemilik Kendaraan: Untuk BPKB asli tidak ada yang mencurigakan, biasanya ada bekas cetakan ulang atau dihapus. Nah sedangkan untuk BPKB palsu biasanya yang dirubah hanya data kendaraannya saja, sementara data pemiliknya tidak dirubah. Namun terkadang walaupun data kendaraan dan data pemilik sudah dirubah akan terlihat sudah seperti dicetak ulang.
  • Lambang Korlantas di Halaman 14: Untuk BPKB yang asli apabila di halaman tersebut disinari dengan cahaya ultraviolet akan terlihat lambang Korlantas. Selain itu apabila diraba logo Korlantas tersebut akan terasa kasar karena merupakan logo timbul. Sementara untuk BPKB yang palsu apabila diterawang dengan cahaya ultraviolet tidak akan terlihat lambang Korlantas dan kertasnya jika diraba halus.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi bagaimana cara bedakan antara BPKB asli dengan BPKB palsu. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Keunggulan Smart SIM dibandingkan dengan SIM lama

About Budi Motorupdate 1323 Articles
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Memilih Sarung Tangan Riding dan Cara Merawatnya » MOTORUPDATE

Silakan Berkomentar