Tips Agar Tidak Jinjit Saat Naik Motor bagi Bikers Berpostur Pendek

1
cewek naik motor jinjit
Tips atau cara agar tidak jinjit saat naik motor bagi yang berpostur pendek

MotorUpdate.net – Tinggi badan setiap orang pastinya berbeda-beda, ada yang memiliki postur tubuh yang tinggi serta ada pula yang memiliki postur tubuh yang pendek. Bagi yang memiliki postur tubuh pendek tidak perlu berkecil hati karena itu memang sudah merupakan anugerah dari Tuhan YME. Berbicara mengenai tinggi badan dengan motor tentu ada kaitannya karena setiap produk motor memiliki tinggi jok yang berbeda-beda (rata-rata dari 700 mm sampai 800 mm). Apalagi untuk motor trail memiliki tinggi jok yang cukup tinggi sehingga sebagian harus membutuhkan alat bantu (dingklik) untuk menaiki motor tersebut. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips agar tidak jinjit saat naik motor bagi bikers yang memiliki postur tubuh pendek? Seperti apa tips lengkapnya? Berikut ulasannya.

Tips Agar Tidak Jinjit Saat Naik Motor bagi Bikers Berpostur Pendek

Sebelum melangkah lebih lanjut, perlu saya jelaskan bahwa tips yang saya bagikan ini khusus bagi mereka yang akan menaiki motor milik sendiri, bukan motor pinjaman atau motor lainnya. Hal ini tentu saja karena pada tisp yang akan saya bagikan ini berkaitan dengan ubahan-ubahan yang perlu dilakukan pada motor supaya saat menaikinya kita tidak jinjit.

cewek naik motor jinjit
Tips atau cara agar tidak jinjit saat naik motor bagi yang berpostur pendek

Dan berikut ini rangkuman mengenai beberapa tips tersebut.

Papas/Ganti Jok Motor

Tips atau cara yang pertama dan paling biasa dilakukan oleh orang berpostur pendek supaya tidak jinjit saat naik motor adalah dengan memapas jok atau mengganti jok dengan jok variasi. Seperti yang kita tahu bahwa motor bawaan pabrikan biasanya memiliki jok yang cukup tebal untuk membuat pengendara nyaman. Namun bagi yang berpostur pendek, jok yang tebal tersebut akan membuatnya terkendala saat menaiki motor.

Nah, dengan memapas jok asli bawaan atau mengganti jok dengan model variasi bisa menjadi alternatif bagi yang memiliki postur tubuh pendek sehingga dapat dengan mudah saat menaiki motor.

Ganti Ban/Velg Motor

Tips atau cara yang kedua untuk membuat motor lebih mudah dinaiki bagi bikers berpostur pendek adalah dengan mengganti ban atau velg motor dengan diameter yang lebih kecil. Dengan mengganti ban/velg dengan diameter lebih kecil memungkinkan kaki kita bisa menapak lebih sempurna dan mudah saat menaiki motor. Namun pastikan juga ukuran ban/velg yang diganti masih sesuai standar aman untuk digunakan berkendara agar aspek keselamatan tetap terjaga.

Ganti/Rendahkan Suspensi Depan/Belakang

Tips atau cara yang lainnya adalah dengan merendahkan suspensi bagian depan supaya kaki bisa lebih sempurna menapak dan nyaman saat naik motor. Namun disarankan untuk tidak terlalu banyak dalam merendahkan suspensi depan karena dapat mengakibatkan benturan antara spakbor dengan bodi dikarenakan travel suspensi yang terlalu pendek saat melewati jalanan yang tidak rata.

Cara yang lainnya adalah dengan merendahkan suspensi belakang atau menggantinya dengan suspensi aftermarket yang banyak terdapat di pasaran. Dengan merendahkan atau mengganti suspensi belakang yang lebih pendek, maka secara otomatis tinggi motor pun juga akan berkurang secara signifikan. Namun ketika mengganti suspensi belakang disarankan untuk memilih suspensi yang memiliki kualitas baik sehingga lebih aman dan nyaman.

Memakai Alas Kaki yang Lebih Tinggi

Cara terakhir dan yang lebih simpel yang biasanya diterapkan oleh kaum hawa adalah dengan menggunakan alas kaki yang lebih tinggi (berhak tinggi). Bisa berupa sepatu atau sandal sehingga kaki kita dapat terbantu dan dapat menapak sempurna ketika naik di atas motor. Untuk kaum adam bisa diakali dengan memakai safety shoes sehingga dapat lebih terbantu dan sekaligus lebih aman karena bagian alas kaki terlindungi dengan sempurna.

Nah, mungkin itu saja sedikit tips atau cara agar tidak jinjit saat naik motor bagi bikers yang memiliki postur tubuh pendek. Salah satu cara diatas atau bahkan semuanya bisa diterapkan sesuai dengan keinginan pembaca. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Membersihkan Karat di Knalpot dengan Mudah dan Murah

1 KOMENTAR

Silakan Berkomentar