Tips Agar Helm Tidak Bau Apek Setelah Kehujanan

1
agar helm tidak bau apek

MotorUpdate.net – Sebagai masyarakat yang setiap hari melakukan aktivitas dengan motor, tentu kita harus mempersiapkan segala peralatan untuk berkendara. Di musim penghujan seperti saat ini, barang yang wajib dibawa dan butuh perhatian khusus adalah jas hujan dan helm. Kedua barang ini biasanya akan mudah berbau apek apabila dipakai setiap hari di musim penghujan seperti sekarang ini. Tidak jarang bagian dalam helm sering basah saat digunakan berkendara dalam kondisi hujan deras. Tentu saja dengan bagian dalam helm yang lembab tersebut membuat tidak nyaman dipakai dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Nah, kali ini kita akan berbagi tips agar helm tidak bau apek setelah kehujanan.

Tips Agar Helm Tidak Bau Apek Setelah Kehujanan

Ada beberapa tips atau cara supaya bagian dalam helm tidak mudah lembab dan bau apek setelah kehujanan. Apalagi jika helm yang kehujanan tersebut merupakan helm kesayangan dan termasuk helm premium dengan harga mahal. Tentunya kita tidak ingin helm kesayangan tersebut bau apek. Dan berikut ini tips-tipsnya.

agar helm tidak bau apek

  1. Tips yang pertama yang harus dilakukan adalah lap dan keringkan terlebih dahulu bagian luar helm yang kehujanan tersebut. Untuk mengelapnya usahakan menggunakan kain yang halus (kain microfiber) dan dapat menyerap air. Hal ini supaya helm tidak mudah tergores dan cepat kering.
  2. Bagian visor juga jangan lupa untuk dilap dan dikeringkan. Hati-hati saat mengelap visor dan gunakan kain yang halus karena bagian ini sangat rawan sekali tergores apabila kita tidak hati-hati dalam mengelapnya.
  3. Selanjutnya adalah bagian dalam helm atau busanya. Jika busa bagian dalam helm bisa dilepas, lebih baik dilepas dan diangin-anginkan terutama bagian yang bahas. Namun apabila busa helm tida bisa dilepas, bagian dalam helm yang basah biasa diarahkan ke kipas angin untuk dikipasi dengan visor dibuka. Jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan helm karena busa dapat rontok apabila terkena udara yang terlalu panas.
  4. Supaya lebih nyaman dan bau apek dapat hilang, setelah kering bagian dalam helm dapat disemprotkan dengan parfum antibakteri.
  5. Ketika akan memakainya kembali, kepala bisa dilapisi dahulu dengan balaclava atau buff bandana untuk menghindari kontak langsung kepala dengan bagian dalam helm.
  6. Bagian dalam helm bisa dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari namun jangan terlalu lama karena dapat membuat busa cepat mudah rontok.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai tips agar helm tidak bau apek setelah kehujanan. Mungkin bisa dikoreksi atau juga bisa ditambahkan tips yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Simpel Supaya Helm Tetap Awet

Advertisements

1 KOMENTAR

Silakan Berkomentar