Test Ride CB150X

Test Ride Honda CB150X, Kok Kayak Ada yang Kurang Ya?

Diposting pada

Motorupdate.net – Selamat malam, kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman hari ini (21/12) mencoba salah satu produk terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu Honda New CB150X. Pada kesempatan ini Astra Motor Jateng mengundang media dan juga blogger/vlogger untuk test ride Honda New CB150X ini bertempat di De Tjolomadoe yang merupakan bekas pabrik gula yang saat ini dialihfungsikan sebagai museum dan juga dijadikan sebagai pilihan lokasi untuk menggelar event. Lalu bagaimana sih rasanya berkendara/test ride Honda CB150X ini? Untuk lebih lengkapnya simak cerita saya berikut ini.

Test Ride Honda CB150X, Kok Kayak Ada yang Kurang Ya?

Seperti yang kita tahu bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) pada November 2021 memperkenalkan Honda CB150X di gelaran GIASS 2021. Honda New CB150X merupakan motor sport adventure touring yang secara desain mirip dengan Honda CB500X. Motor ini ditenagai dengan mesin 150 cc DOHC berpendingin cairan yang mempunyai basis sama dengan Honda New CB150R Street Fire. Hanya saja mesin tersebut di racik ulang untuk galak di putaran bawah hingga menengah.

Sebagai informasi, motor ini di Jawa Tengah untuk Honda CB150X varian standar dijual dengan harga Rp 33.060.000,- sementara untuk Honda CB150X varian Special Edition (SE) dibanderol dengan harga Rp 33.560.000,-.

Pertama kali melihat motor ini cukup kaget karena bagian fairing depan cukup besar dan lebar dan ditambah dengan adanya duck fender yang memberikan kesan motor adventure touringnya lebih terlihat. Ketika duduk di atas joknya terlihat lebih lebar jika dibandingkan dengan Honda CB150R SF. Honda CB150X memiliki tinggi jok 817 mm, dengan tinggi badan saya yang 175 cm, kaki masih terlihat jinjit namun hanya sedikit.

Test Ride CB150X

Untuk posisi berkendara badan bisa tegap dan tangan dapat lurus saat memegang stang karena memang motor ini memiliki posisi stang yang cukup tinggi dengan adanya raiser. Posisi seperti ini tentunya sangat memberikan kenyamanan saat berkendara baik di dalam kota maupun di saat perjalanan jauh. Apalagi jika velg depan diganti dengan ukuran ring yang lebih besar, misal 19 inchi pasti akan memberikan efek berkendara yang lebih nyaman lagi dan juga ground clereance yang lebih tinggi.

Untuk lokasi test ride ini berada di bagian belakang sebelah barat dari de Tjolomadoe dengan trek paving dan juga cor beton. Untuk total panjang lintasan test ride ini kemungkinan hanya sekitar 200 meteran dan trek lurus hanya sekitar 100 meteran sehingga di test ride ini tentu saja yang dicari bukan top speed namun torsi bawah dan juga handling, serta ada satu bagian untuk mencoba rintangan dari kayu yang disusun cukup untuk mengetes kemampuan dari suspensi motor ini.

Sebelum mencoba tentu saja #CariAman dengan memakai riding gear seperti jaket, helm, serta sarung tangan. Ketika motor distarter, suara mesin dan knalpot cukup halus, feel berkendara motor ini lebih mirip seperti Honda CRF150L hanya saya lebih nyaman karena memiliki jok yang lebar serta ground clereance yang tidak terlalu tinggi.

Kelebihan

Walaupun baru pertama kali mencoba motor ini rasanya saya langsung bisa beradaptasi dengan motor ini. Ketika masuk gigi 1 torsi langsung berasa ketika gas di puntir dan kopling dilepas. Ketika berputar di tikungan motor ini sangat nurut untuk ditekuk, buat jalan zig zag pun juga nurut.

Test Ride CB150X

Ketika masuk di rintangan kayu yang disusun, dengan posisi badan setengah berdiri, suspensi upside down depannya terbukti memberikan rebound yang cukup empuk. Namun untuk suspensi belakang masih terlihat agak keras karena hanya dikendarai oleh seorang diri, mungkin jika berboncengan kita juga akan mengetahui kalau suspensi belakangnya ini juga tidak kalah dengan suspensi depan.

Kekurangan

Kekurangan dalam sesi test ride ini adalah waktu dan trek yang terbatas sehingga kami para media dan juga blogger vlogger masih belum bisa mengexplore lebih dalam lagi motor ini.

Test Ride CB150X

Kesimpulan

Last, motor ini memang tidak setiap orang suka karena memang motor ini adalah motor segmented (hobi). Sehingga hanya orang-orang tertentu yang akan penasaran dengan motor ini. Namun menurut saja dengan kelebihan torsi mesin, handling, suspensi, dan lain-lainnya maka motor ini bisa menjadi motor alternatif untuk perjalann jarak jauh maupun soft adventure.

Itu saja sedikit cerita saya mengenai test Ride Honda CB150X kali ini. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.