Suzuki TS 125 ER

Suzuki TS 125 ER, Motor Trail Favorit Era 90an

Diposting pada

MotorUpdate.net – Sampai sekarang ini Suzuki Indonesia memang masih belum menghadirkan motor trail untuk pasar umum di Indonesia. Saat ini, Suzuki Indonesia hanya mendatangkan DR200 yang hanya digunakan sebagai motor dinas untuk Polisi. Namun di era tahun 90’an, Suzuki ternyata pernah sukses menghadirkan sebuah motor trail untuk pasar di Indonesia. Yups, tepatnya di tahun 1993, Suzuki Indonesia pernah memasarkan Suzuki TS 125 ER yang merupakan motor trail 2 tak. Motor ini terbilang sukses di eranya karena dapat merebut hati rider trail dengan desain dan performanya. Namun sayangnya, 12 tahun mengaspal di Indonesia, motor ini harus discontinue dikarenakan regulasi dari Pemerintah.

Suzuki TS 125 ER, Motor Trail Favorit Era 90an

Suzuki TS 125 pertama kali dihadirkan oleh Suzuki Jepang pada tahun 1970. Motor ini pertama kali mengusung nama Suzuki TS125R atau TS Duster yang hanya dipasarkan untuk Amerika dan Jepang saja. Nah, untuk Suzuki TS 125 ER yang dipasarkan di Indonesia ini lebih sempurna dibandingkan dengan generasi pertama Suzuki TS. Hal ini dikarenakan TS 125 ER memiliki suspensi depan yang lebih panjang dan untuk suspensi belakangnya sudah menggunakan monoshock.

Dengan disematkannya suspensi depan yang lebih panjang, maka berpengaruh pada tinggi motor yang membuatnya lebih tinggi. Jarak terendah motor ini yaitu diangka 235 mm yang membuatnya lebih mudah melewati semua medan jalan. Selain itu motor ini juga memiliki bobot yang cukup ringan yaitu hanya 105 kg saja sehingga lebih lincah untuk diajak trabasan.

Suzuki TS 125 ER

Untuk spesifikasi mesinnya sendiri, motor ini dibekali dengan mesin 123 cc 1 silinder 2 tak yang menghasilkan power maksimal diangka 13 HP dan torsi maksimal diangka 9,8 Nm. Untuk penyaluran tenaga dari mesin ke rodanya, menggunakan gearbox dengan 6 percepatan. Motor ini dibekali juga dengan reed valve system atau yang lebih dikenal dengan katub buluh. Berbeda dengan versi sebelumnya yang masih menggunakan tipe rotary valve.

Sekarang ini populasi motor ini semakin sedikit, namun ternyata masih banyak yang mengincar motor ini baik untuk dijadikan motor trabas maupun untuk koleksi saja. Harganya pun juga masih relatif tinggi jika dibandingkan dengan motor trail baru dari beberapa pabrikan. Harga motor ini dengan kondisi yang baik bisa laku diangka 30 hingga 40 jutaan atau bahkan bisa lebih.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Suzuki TS 125 ER yang merupakan motor trail dengan peminat yang banyak ban tangguh di era 90’an. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengenal Yamaha DT 100, Motor Enduro Era 70’an

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

2 komentar

Silakan Berkomentar