Suzuki Skywave, Motor Matik Keren di Zamannya

0
suzuki skywave
sejarah Suzuki Skywave motor matik keren di zamannya

MotorUpdate.net – nggak kerasa sudah hampir seminggu lebih tidak menulis di blog ini. Mohon maaf karena sedang disibukkan dengan urusan di dunia nyata sehingga, blog kecil ini terbengkalai beberapa hari. Nah, mumpung luang dan sempat kali ini kita akan membahas mengenai salah satu motor matik dari Suzuki yang lahir sekitar tahun 2007 yaitu Suzuki Skywave. Motor ini memiliki kubikasi mesin 125 cc yang terbilang cukup besar di eranya jika dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya. Di tahun pertama kelahirannya, motor skutik Suzuki ini mencatatkan nilai penjualan yang cukup bagus untuk kategori skutik. Namun sayangnya, di tahun 2011, motor ini harus stop produksi dan digantikan dengan Suzuki Hayate 125 sebagai penerusnya. Pada zamannya, Suzuki Skywave ini termasuk motor matik yang paling keren dibandingkan dengan lainnya. Kenapa? Berikut ulasan lengkapnya.

Suzuki Skywave, Motor Matik Keren di Zamannya

Sebelum kita membahas mengenai alasan mengapa motor skutik Skywave ini termasuk motor keren di zamannya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai spesifikasi teknis dari motor matik Suzuki ini.

Spesifikasi Suzuki Skywave

Untuk yang pertama kita mulai spesifikasi dari mesinnya, matik ini dibekali dengan mesin berkubikasi 125 cc SOHC 4 langkah 2 klep dengan 1 silinder berpendingin udara. Dan untuk suplay bahan bakarnya masih menggunakan sistem karburator. Untuk mesinnya tersebut mampu menghasilkan power atau tenaga maksimum diangka 9,6 HP pada putaran 8.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya bisa menghasilkan torsi diangka 9,6 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Kemudian beralih ke bagian desainnya, motor ini mempunyai lekukan body yang cukup menarik. Mulai dari depan kita akan mendapati 2 buah headlamp yang terpisah dengan ukuran yang cukup besar dan dengan bentuk yang menarik. Kemudian untuk velgnya menggunakan velg racing dengan diameter 16 inchi dan spakbor depan menempel atau menyatu dengan suspensi, bukan menempel pada bodi depan. Pengereman bagian depan pun juga sudah menggunakan rem cakram.

suzuki skywave
sejarah Suzuki Skywave motor matik keren di zamannya

Untuk bagian spedometer kita akan mendapati dua buah panel berbentuk lingkaran yang menampilkan indikator kecepatan dan juga indikator bahan bakar. Kemudian untuk kuncinya menggunakan anak kunci konvensional dengan pengaman magnet. Lalu untuk penyimpanan depan terdapat dua buah konsol baik di bagian kanan dan kirinya. Untuk bagian deknya menganut model dek tidak rata.

Joknya cukup lebar dan tebal serta empuk ketika diduduki. Kemudian berlanjut ke bagian suspensi belakang mengunakan suspensi ganda dan terdapat arm di bagian kanan untuk menyangga suspensi tersebut. Lalu untuk lampu belakang cukup sporty dengan bentuk kotak dan untuk spakbor belakang memiliki model yang cukup panjang dan lebar sehingga aman dari cipratan lumpur/kotoran saat hujan.

Mengapa Skywave termasuk Motor Keren di Zamannya?

Yups, balik lagi ke judul mengenai beberapa alasan mengapa Suzuki Skywave ini termasuk motor keren di zamannya. Berdasarkan pengamatan saya, ada beberapa faktor atau alasan mengapa motor ini dapat dibilang sebagai skutik keren di eranya. Dan berikut ini rangkumannya.

  • Dibekali dengan mesin berkubikasi yang cukup besar di eranya (125 cc) jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Selain itu juga memiliki power yang cukup besar dibandingkan lainnya.
  • Mempunyai bagasi atau tempat penyimpanan yang cukup besar yaitu 17,7 liter. Bagasi ini dapat untuk menyimpan helm half face maupun fullface secara sempurna.
  • Menggunakan velg dengan diameter 16 inchi terlihat lebih gagah dibandingkan dengan motor matik lainnya yang kebanyakan menggunakan velg berukuran 14 inchi atau 12 inchi.
  • Dibekali dengan suspensi belakang ganda sehingga lebih stabil saat berkendara dan tentu saja mampu untuk mengangkut beban yang lebih berat dibandingkan dengan matik lainnya.
  • Desain lekukan bodinya keren dan menawan serta memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan dengan matik lainnya di zamannya.

Nah, mungkin itu tadi beberapa alasan mengapa Suzuki Skywave dapat dibilang sebagai motor matik keren di zamannya. Namun setiap barang buatan manusia tidak ada yang sempurna, Suzuki Skywave juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan bila dibandingkan dengan yang lain. Apa saja? Berikut rangkumannya.

  • Boros bahan bakar.
  • Dek tidak rata sehingga susah untuk membawa barang apalagi untuk membawa galon.
  • Sparepart dan onderdil susah dicari dan harganya mahal untuk ukuran motor matik.

Nah, mungkin itu saja sedikit tulisan mengenai Suzuki Skywave yang cukup keren di zamannya beserta dengan spesifikasi, kelebihan serta kekurangan dari motor tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Suzuki TS 125 ER, Motor Trail Favorit Era 90an

Silakan Berkomentar