Suzuki Raider J Crossover 2020 2

Suzuki Raider J Crossover 2020, Bebek Adventure di Filipina Seharga 17 Jutaan

Diposting pada

MotorUpdate.net – Suzuki Filipina baru sama memperkenalkan produk terbaru mereka bergenre bebek adventure. Motor bebek adventure terbaru dari Suzuki tersebut diberi nama Suzuki Raider J Crossover 2020. Nama “Raider” tentu tidak asing di telinga kita karena nama ini merupakan nama yang dipakai untuk motor Satria di Filipina. Nah, Raider J Crossover ini merupakan versi bebek adventure dari Raider R150 dengan kubikasi yang lebih kecil. Basis motor ini (Raider J115) sama dengan motor yang dulu pernah dijual di Indonesia yaitu motor ayago Suzuki Satria F115 Youngstar. Satria F115 Youngstar ini akhirnya disuntuk mati karena sepi peminatnya.

Suzuki Raider J Crossover 2020, Bebek Adventure di Filipina Seharga 17 Jutaan

Nah, balik lagi ke bebek adventure terbaru Suzuki Filipina ini, motor ini hadir untuk melawan Honda XRM 125 yang sudah eksis di sana terlebih dahulu. Di Filipina sana, populasi Honda XRM 125 ternyata cukup banyak, motor ini banyak digunakan masyarakat sekitar untuk aktivitas sehari-hari.

Suzuki Raider J Crossover 2020 2

Dengan basis dari motor ayago, Raider J Crossover dirubah di beberapa bagian agar terlihat lebih adventure. Pada bagian depan headlampnya dibuat mirip-mirip dengan motor trail dengan single headlamp. Spakbor depan pun dibuat menyatu di bawah headlamp dan terlihat memanjang khas motor trail. Yang paling kentara adalah penggunaan shock depan yang lebih panjang dengan cover shock dan pengaplikasian velg jari-jari baik di depan dan belakang. Bannya juga menggunakan ban dual purpose yang cukup mumpuni untuk trabas ringan

Area stangnya pun dibuat tinggi dan lebar khas motor trail sehingga posisi berkendara lebih tegak dan nyaman. Sayangnya suspensi belakang masih menggunakan suspensi ganda khas motor bebek pada umumnya. Untuk area bodi samping dan belakang masih sama dengan basisnya yaitu Raider J115. Yang menarik adalah bagian joknya yang dibuat lebih berwarna, ada beberapa pilihan warna jok yang disesuaikan dengan warna motornya.

Suzuki Raider J Crossover 2020 2

Lalu berbicara mengenai mesinnya, motor ini menggunakan mesin berkubikasi 113 cc satu silinder berpendingin udara, Posisi mesinnya tidur seperti motor bebek pada umumnya dan untuk perpindahan giginya menggunakan kopling otomatis (tanpa kopling manual). Untuk power maksimalnya mampu menghasilkan power 6,9 kW pada putaran 7.500 rpm. Sementara untuk torsinya mampu menghasilkan torsi 9,1 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Baca juga: Warna baru Suzuki Raider R150 2020 Filipina

Untuk pilihan warnanya, motor ini memiliki pilihan warna yang cukup beragam dengan dikombinasikan warna jok yang juga bervariasi. Pilihan warnanya seperti hitam, biru, kuning, merah, dan dikombinasikan dengan warna dual tone. Lalu untuk harganya, motor bebek adventure ini di Filipina dijual dengan harga 63.900 Peso Filipina atau jika dirupiahkan sekitar 17,3 juta rupiah saja.

Suzuki Raider J Crossover 2020 2

Last, mungkinkah motor ini akan dibawa masuk ke Indonesia? Kalau menurut opini saya kemungkinan kecil membawa motor ini karena ini motor segmented. Motor-motor seperti ini di Indonesia hanya dipake di daerah pegunungan seperti untuk perkebunan dan sejenisnya. Motor ini digunakan karena nilai fungsionalitasnya untuk daerah-daerah tertentu, berbeda jika untuk dipakai di perkotaan lebih mementingkan desain.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Silakan Berkomentar