Suzuki eReady, Skuter Listrik Retro Modern dari Taiwan

3

motorupdate.net – beberapa waktu yang lalu kita dihebohkan dengan skutik retro konvensional Taiwan yaitu Suzuki Saluto 125. Nah, kali ini masih mengenai Suzuki Tailing di Taiwan, ternyata mereka tidak hanya menjual motor-motor konvensional melainkan juga menjual skuter listrik. Satu-satunya produk skuter listrik yang dijual Suzuki Tailing Taiwan yaitu Suzuki eReady. Motor ini secara desain mirip dengan Yamaha E-Fino yang juga merupakan skuter listrik berdesain retro modern.

Suzuki eReady, Skuter Listrik Retro Modern dari Taiwan

Tak bisa dipungkiri bahwa di tahun-tahun mendatang era elektrifikasi akan semakin populer dan semakin banyak pabrikan yang memproduksi motor listrik. Dengan hadirnya produk skuter listrik di Taiwan ini menandakan bahwa Suzuki Taiwan sudah siap menyambut era elektrifikasi mendatang. Secara dimensi motor ini terlihat ringkas dan mungil, ditambah lagi dengan pengaplikasian velg palang 3 berukuran 10 inchi.

Pada bagian depan kita akan menemukan lampu depan dengan bentuk persegi yang sudah dibekali dengan lampu LED. Di samping kanan dan kiri headlamp, terdapat lampu sein dengan ukuran persegi yang cukup besar. Kemudian beralih ke suspensi depan masih menggunakan suspensi teleskopik dan untuk ukuran bannya menggunakan ukuran 80/100. Yang sangat disayangkan dari skuter listrik ini adalah pada sisi pengereman yang masih menggunakan tromol.

Suzuki eReady Taiwan abu-abu

Beralih ke bagian dashboard terdapat laci penyimpanan di sebelah kiri yang bisa untuk menaruh botol minuman. Namun sayangnya walaupun ini merupakan skuter listrik, untuk kuncinya masih menggunakan kunci konvensional bukan smart key. Kemudian untuk panel instrumennya sudah menggunakan panel digital LCD yang berisi indikator seperti riding mode, jarak tempuh, dan indikator baterai.

Bergeser agak ke belakang, motor ini memiliki desain dek yang rata. Kemudian ada jok yang cukup tebal dan empuk yang dibawahnya merupakan tempat baterai dan juga di sisi belakang merupakan bagasi berkapasitas 15 liter. Kemudian di bagian paling belakang terdapat behel besi yang melingkar di belakang jok. Kemudian terdapat lampu belakang yang masih menggunakan bohlam di dalamnya. Di samping kanan dan kirinya terdapat lampu sein belakang dengan ukuran yang cukup besar pula.

baca juga: Yamaha EC05, Skuter Listrik Hasil Kerja Sama Yamaha dengan Gogoro

Spesifikasi Teknis

Untuk spesifikasi teknisnya, skuter listrik ini dibekali dengan motor penggerak yang mampu digunakan melaju hingga kecepatan maksimal 45 km/jam. Motor penggerak tersebut mampu menghasilkan daya sebesar 1,3 kWh yang dilengkapi dengan fitur Boost (peningkat torsi) untuk melewati jalan tanjakan. Kemudian beralih ke spesifikasi baterainya, skuter listrik ini menggunakan baterai lithium 48 V/20 Ah yang mampu bertahan hingga jarak tempu 60 km.

baterai suzuki eready

Baterai tersebut memiliki berat 9,5 kg dan untuk mengisinya hingga penuh membutuhkan waktu kira-kira hingga 4 jam lamanya. Ada dua cara pengisian baterai yaitu tanpa melepas baterai dan dengan melepas baterai. Untuk pilihan warnanya, skuter listrik ini tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu biru, gray, dan merah. Kemudian untuk banderol harganya, skuter listrik Suzuki eReady ini dijual dengan banderol yang cukup murah yaitu diangka 23,8 juta rupiah.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai skuter listrik Suzuki eReady Taiwan yang berdesain retro modern dan bentuk mungil. Semoga bermanfaat.

 

Advertisements

3 KOMENTAR

Silakan Berkomentar