Simak Baik-Baik, Ini Cara Darurat Ketika Kabel Kopling Motor Putus

0
kabel kopling putus

Semua benda yang diciptakan manusia pasti ada jangka waktu pemakaiannya. Begitu juga dengan komponen-komponen sepeda motor. Pasti akan ada saatnya komponen-komponen tersebut harus diganti. Salah satunya adalah kabel kopling putus.

Walaupun hanya sebuah kabel, namun sangat bermanfaat sekali fungsinya bagi motor yang menggunakan kopling manual. Ketika motor sudah mendekati usia 5 tahun ke atas, ada baiknya kita menyediakan kabel kopling cadangan untuk mengantisipasi sewaktu-waktu kabel kopling putus.

Simak Baik-Baik, Ini Cara Darurat Ketika Kabel Kopling Motor Putus

Pengalaman saya saat megapro primus sudah berumur 6 tahun lebih dan belum pernah ganti kabel kopling satu kalipun. Tiba-tiba ketika saya gunakan untuk berkendara dari Wonogiri ke Boyolali putus di sekitar Tipes Solo. Untungnya pas di tengah kota dan siang hari, bisa dibayangkan kalau malam hari dan putus saat di desa. Mana ada bengkel yang buka coba 😀

kabel kopling putus

Namun ini ada tips bagi biker yang kabel koplingnya tiba-tiba putus dan tidak membawa cadangan kabel kopling. Namun ada syaratnya, syaratnya adalah motor anda sudah dipasangi engine guard atau frame slider.

Caranya bagaimana, tinggal kita pasang kembali kabel kopling yang putus dan kita ikat kabel kopling ke engine guard/frame slider. Kemudian kita stel ikatan kabel tersebut pada posisi yang kencang dan kuat. Cara kerjanya gunakan kaki sebelah kanan yang tentu saja harus bersepatu diinjakkan ke kabel kopling layaknya kita mengemudikan mobil. 😀

Semoga bermangpaat. Seng penting mlaku 😀

baca juga:

Silakan Berkomentar