Sharing Cari Aman Blog Vlog Jateng 2 astra Motor jateng

Sharing #cari_aman & Product Knowledge bareng Astra Motor Jateng

Diposting pada

Motorupdate.net – Sabtu 15 Februari 2020, Astra Motor Jateng mengajak teman-teman blog vlog jateng untuk ikut dalam kegiatan yang sudah diagendakan sebelumnya. Kegiatan yang pertama adalah tentang sharing #cari_aman dalam berkendara bersama dua instruktur Safety Riding dari Astra Motor Jateng. Selain itu ada juga sharing product knowledge Honda New BeAT yang merupakan motor terbaru yang diproduksi oleh AHM. Acara sharing bagi teman-teman blog vlog tersebut mengambil tempat di Hotel Artotel Semarang. Seperti apa cerita lengkap mengenai sharing dari dua kegiatan tersebut? Berikut cerita lengkapnya.

Sharing #cari_aman & Product Knowledge bareng Astra Motor Jateng

Saya, robydriver, dan satuaspal berangkat start dari Dealer Timbul Jaya Motor Boyolali sekitar pukul 7 pagi. Berangkat menggunakan dua unit motor yang dipinjamkan yaitu 1 unit Honda ADV 150 dan 1 unit Honda Genio 110. Sementara Satuaspal menggunakan motor miliknya sendiri yaitu Honda BeAT Street. Kami bertiga sampai di lokasi acara sekitar pukul 9 pagi namun acara belum dimulai. Setidaknya ada 5 teman blog vlog lagi yang hadir yaitu otomaniaid, cxrider, yudibatang, ghuponkmotoride, dan rpmsuper.

#Cari_Aman

Sharing yang pertama adalah mengenai workshop Safety Riding #cari_aman yang dibawakan oleh Instruktur Tim Safety Riding Astra Motor Jateng yaitu Mas Alfian. Berbicara mengenai safety riding tentunya kita sudah familiar dengan tagline dari Honda yaitu #Cari_Aman. Tagline ini sebenarnya untuk mengajak masyarakat luas mengenai pentingnya keselamatan berkendara dimanapun berada.

Sharing Cari Aman Blog Vlog Jateng 2 astra Motor jateng

Seperti yang kita tahu bahwa PT Astra Honda Motor merupakan pabrikan otomotif roda dua terbesar di Indonesia. Sebagai bentuk kepeduliannya, AHM gencar melakukan kampanye kesematan berkendara di berbagai tempat dan instansi untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas sepeda motor di jalan raya. Nah, dalam sharing yang dibawakan mas Alfian tersebut ada beberapa poin penting dalam hal keselamatan berkendara di jalan raya. Dan berikut ini, resume mengenai poin-poin tersebut.

1. Pemanasan Anggota Badan

Sebelum melakukan kegiatan berkendara, ada baiknya kita melakukan pemanasan atau peregangan anggota badan. Pemanasan anggota badan seperti tangan, kaki, dan juga leher dapat melemaskan otot-otot yang kaku serta membuat tubuh kita menjadi lebih rileks. Dengan tubuh yang rileks tentu kita akan menjadi lebih konsentrasi dan fokus saat berkendara.

2. Periksa Motor

Poin selanjutnya sebelum melakukan kegiatan berkendara adalah selalu memeriksa kondisi motor. Mulai dari kondisi lampu, bahan bakar, tekanan angin di ban, oli mesin, rantai, ketebalan ban, pengereman, dan bagian motor lainnya. Hal ini tentu saja untuk mencegah atau menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

3. Posisi Berkendara

Selanjutnya disaat sudah berkendara, poin yang perlu diperhatikan demi keselamatan berkendara adalah posisi saat berkendara. Sebisa mungkin adalah membuat posisi duduk kita nyaman dan rileks supaya tubuh tidak cepat capek dan untuk menghindari kurang fokus saat berkendara.

Sharing Cari Aman Blog Vlog Jateng 2 astra Motor jateng

Usahakan pandangan mata selalu lurus ke depan untuk melihat kondisi lalu lintas serta kondisi jalan di depan kita. Dengan pandangan mata yang lurus tersebut dapat memudahkan kita untuk cepat mengambil tindakan ketika terjadi sesuatu di depan kita.

Baca juga: Fun Touring Blog Vlog dengan Honda Genio di Kota Solo

4. Pengereman

Poin selanjutnya adalah gaya pengereman yang juga menjadi hal penting dalam keselamatan berkendara. Dalam situasi normal pengereman menggunakan salah satu tuas rem masih wajar dilakukan. Namun apabila dalam kondisi yang panik atau tiba-tiba ada baiknya menekan kedua tuas rem depan dan belakang bersamaan dengan perbandingan 70/30.

5. Pilih Lajur yang Aman

Poin terakhir adalah saat berkendara alangkah baiknya memiliki lajur yang aman bagi pemotor. Dan lajur yang paling aman di jalan raya bagi pemotor adalah berada di lajur kiri. Namun jika ingin menyalip gunakan lajur kanan, tetapi pastikan dulu posisi kita aman saat menyalip dan pastikan juga marka jalan merupakan marka yang diperbolehkan untuk menyalip.

Product Knowledge All New Honda BeAT 2020

Selain sharing tentang keselamatan berkendara, ada juga sharing Product Knowledge yang disampaikan oleh Mas Oke Distianto. Mulai dari market share motor matik Honda, penjelasan mengenai Honda BeAT generasi pertama hingga yang paling baru, hingga kupas tuntas mengenai All New Honda BeAT 2020 yang baru beberapa waktu lalu dirilis oleh AHM.

All New Honda BeAT eSP 2020

Banyak hal baru yang hadir di motor matik entry level Honda ini mulai dari desain, mesin, fitur, serta rangka yang baru. Desain motor ini benar-benar berubah dari generasi sebelumnya yang lebih sporty. Kemudian mengenai mesinnya menggunakan basis mesin yang sama dengan Honda Genio namun tentu saja ada beberapa ubahan yang membuatnya berbeda. Lalu soal fitur sudah disematkan beragam fitur modern seperti lampu LED, power charger, dan masih banyak lainnya, Kemudian untuk rangkanya juga sama menggunakan rangka dari Honda Genio yang bernama eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).

Sharing Cari Aman Blog Vlog Jateng 2 astra Motor jateng

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai agenda kegiatan blog vlog Jateng pada Sabtu 15 Februari 2020 kemarin di Hotel Artotel Semarang. Terima kasih juga untuk Astra Motor Semarang dan HC3 Astra Motor Semarang PIC Blogger/Vlogger Mas Danang dan Mbah Hana yang telah mengajak kami ikut dalam kegiatan tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Belajar Ilmu Safety Riding bareng Ahlinya

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Silakan Berkomentar