Sangarnya Modifikasi Yamaha XSR 155 Extreme Scrambler

Diposting pada

motorupdate.net – tampilan standar Yamaha XSR 155 sebenarnya sudah cukup mewakili tampilan khas motor sport retro. Walaupun dijual di Indonesia dengan harga yang lumayan mahal untuk ukuran motor retro, namun ternyata banyak juga peminatnya. Basic motor ini dapat dengan mudah untuk dimodifikasi menjadi model atau bentuk yang lainnya sesuai dengan keinginan. Nah, salah satunya adalah modifikasi Yamaha XSR 155 Extreme Scrambler yang digarap oleh bengkel modifikasi K-Speed. K-Speed ini merupakan bengkel modifikasi yang cukup terkenal di negara gajah putih atau Thailand.

Modifikasi Yamaha XSR 155

Mengusung konsep sebagai motor trail breaker, Yamaha XSR 155 diubah menjadi motor custom scrambler yang juga bisa banget untuk diajak bertualang. Hampir semua part di motor ini dirombak kecuali pada bagian mesin, spedometer, suspensi depan, dan juga tangki. Selain itu, semua part diganti menggunakan part custom yang lebih ciamik untuk dipandang.

Modifikasi Yamaha XSR 155

Motor yang masuk keluarga “Sport Heritage” Yamaha ini dirombak total pada bagian bodinya. K-Speed menggantinya dengan model aftermarket agar tampilan garang terlihat pada motor ini. Bagian bodi belakang pun dibuat lebih pendek dan joknya hanya muat untuk satu orang saja. Pada bgaian luar bodinya dibalut dengan pipa besi yang berdiameter cukup besar berfungsi sebagai crash bar untuk melindungi motor ketika jatuh.

Modifikasi Yamaha XSR 155

Baca juga: 7 Aksesoris Resmi Yamaha XSR 155 Tracker

Crash bar tersebut melindungi bodi samping hingga ke bawah bagian mesin, serta memanjang ke depan di bagian headlamp. Headlamp bawaan dilepas, digantikan dengan dua buah lampu LED berbentuk bulat yang menempel pada bagian crash bar depan. Dipasang juga lampu penerangan tambahan yang posisinya berada di samping kanan dan kiri bodi yang menempel pada crash bar.

Bagian panel instrumen tetap dipertahankan menggunakan standar Yamaha XSR 155, kemudian untuk bagian stang dibuat flat dengan tombol yang minimalis. Tangki masih sama dengan tangki bawaan Yamaha XSR 155 hanya saja untuk warnanya dirubah menjadi lebih sepadan dengan warna crash bar yaitu abu-abu.

Baca juga: Yamaha XSR 155 2020 Resmi Mengaspal di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Pada bagian bawah mesin diberi skid plate dengan bentuk yang cukup unik dan besar untuk melindungi mesin dari kotoran dan kerikil. Kemudian beralih ke bagian knalpot pada lehernya dibalut dengan exhaust wrap untuk melindungi pengendara dari panas knalpot. Ujung knalpot dibuat menjadi dua buah lubang yang diletakkan pada di bawah jok pengendara.

Modifikasi Yamaha XSR 155

Yang terakhir adalah untuk lebih menguatkan karakter motor yang tangguh, bagian kaki-kaki pun diupgrade menjadi yang lebih berotot. Velg racing bawaan diganti dengan velg aluminium jari-jari berdiameter 17 inchi dengan tapak yang cukup lebar. Untuk mengikuti kesan adventure, bannya menggunakan ban dual purpose yang berukuran cukup besar pula. Pada bagian swing arm pun juga diganti dengan arm yang cukup besar dan kokoh untuk menunjang velg dan ban yang lebar tersebut.

Mesin

Sementara itu untuk mesinnya masih sama menggunakan mesin standar Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC, 4 langkah berpendingin cairan. Mesin tersebut dilengkapi dengan teknologi VVA sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm. Selain itu, motor ini juga telah memiliki fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai modifikasi Yamaha XSR 155 Extreme Scrambler dari K-Speed Thailand. Semoga menginspirasi.

baca juga:

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

1 komentar

Silakan Berkomentar