Restorasi Yamaha Alfa II Jadi Kinclong, Seharga New NMAX

1
Restorasi Yamaha Alfa II
Restorasi Yamaha Alfa II dengan konsep Clean and Clear

MotorUpdate.net – beberapa tahun terakhir ini, tren motor 2 tak mulai tumbuh kembali. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya kolektor yang mencari motor-motor 2 tak tak terkecuali motor bebek. Hal ini tentu saja memberikan efek mengenai harga jual motor bebek 2 tak second yang kembali mulai merangkak naik, bahkan bisa mengalahkan harga motor bebek 4 tak second dengan tahun dan kondisi yang sama. Nah, salah satu motor bebek 2 tak yang di zamannya menjadi idola generasi muda adalah Yamaha Alfa II. Kali ini kita akan membahas mengenai restorasi Yamaha Alfa II yang dilakukan oleh sang pemilik dengan konsep Clean and Clear yang biayanya menurut info menghabiskan sekitar 35 juta rupiah. Seperti apa penampakannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Restorasi Yamaha Alfa II Jadi Kinclong, Seharga New NMAX

Seperti yang dilansir oleh naikmotor.com, salah seorang penggemar Yamaha Alfa melakukan restorasi terhadap tunggangannya tersebut. Muhammad Hasan Abi Ahfas atau yang sering disebut Abi merupakan pemilik dari Yamaha Alfa II lansiran tahun 1997. Karena kecintaan terhadap motor kesayangannya tersebut, berbekal informasi dan juga koneksi Abi mulai melakukan restorasi terhadap motor tunggangannya.

Jika mendengar istilah restorasi, pastinya kita akan berpikiran bahwa motor akan dikembalikan kondisinya seperti keadaan standar saat dipasarkan oleh pabrikan. Atau istilahnya dibuat menjadi seperti NOS (New Old Stock). Namun untuk Yamaha Alfa II milik Abi ini selain ada beberapa part yang dikembalikan seperti aslinya (orisinil) tetapi ada juga part-part yang diganti dengan part custom. Selain itu konsep restorasi yang diusung juga cukup unik yaitu dengan konsep Clean and Clear.

Clean and Clear disini mungkin maksudnya adalah lebih menampilkan mengenai kebersihan dan kekinclongan dari motor ini. Bisa kita lihat bahwa di bagian bodi dan juga sayap direpaint ulang dengan warna bodi merah dan juga warna sayap putih yang cukup kinclong dengan finishing glossy.

Restorasi Yamaha Alfa II
Restorasi Yamaha Alfa II dengan konsep Clean and Clear

Part yang Diganti, Lama Pengerjaan, dan Biaya

Kemudian untuk part-partnya seperti lampu depan, lampu sein, spedometer, saklar-saklar, emblem dan lain-lainnya direstorasi menggunakan part orisinil milik Yamaha Alfa. Selain itu ada beberapa bagian yang kemudian dibalut chrome untuk mempertegas konsep clean and clearnya yaitu di bagian knalpot, blok mesin, suspensi belakang, dan juga swing armnya. Hanya saja untuk bagian velg, pemilik menggantinya menjadi velg racing palang 3 dengan balutan warna putih yang serupa dengan warna sayapnya.

Menurut sang pemilik, hampir semua part di motor ini telah diganti kecuali bagian blok mesin dan juga rangkanya. Dan tentunya hampir semua part yang diganti tersebut adalah orisinil bawaan Alfa II. Untuk proses pengerjaannya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan hingga menghasilkan wujud sempurna. Dan untuk biayanya, pemilik mengatakan telah menghabiskan dana sekitar 35 juta rupiah untuk membuat restorasi Yamaha Alfa II ini.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai restorasi Yamaha Alfa II dengan konsep Clean and Clear yang menghabiskan budget hingga 35 juta rupiah. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Yamaha Sigma, Motor Bebek 2 Tak Penerus Alfa IIR

 

1 KOMENTAR

Silakan Berkomentar