Pilih Mana? Ini Perbandingan Rebel 500 dengan Vulcan S

13
perbandingan rebel 500 dengan vulcan s

MotorUpdate.net – beberapa waktu yang lalu PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan generasi terbaru dari Honda CMX500 Rebel di Indonesia. Motor bergaya cruiser dari Honda ini dibanderol dengan harga 169,2 juta rupiah untuk pasar di Indonesia. Jauh sebelumnya, Kawasaki Motor Indonesia juga sudah menjual motor bergenre cruiser yang diberi nama Kawasaki Vulcan S. Secara genre kedua motor ini memang sama-sama bergaya cruiser touring, namun secara spesifikasi, fitur, dan juga harga banyak sekali yang berbeda. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai perbandingan Rebel 500 dengan Vulcan S.

Pilih Mana? Ini Perbandingan Rebel 500 dengan Vulcan S

1. Mesin

Untuk Honda Rebel mengusung mesin DOHC 471 cc dua silinder berpendingin cairan. Untuk power maksimalnya, motor ini mampu mencatatkan power maksimal diangka 44,9 HP pada putaran 8.500 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya, motor ini mampu mencatatkan torsi maksimal diangka 43,6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Untuk ukuran diameter dan langkahnya hampir serata atau square engine yaitu (67 x 66,8 mm).

Honda Rebel 500 2020 1

Sementara itu, Kawasaki Vulcan S mengusung mesin yang lebih besar yaitu menggunakan mesin DOHC 649 cc dua silinder berpendingin cairan.  Kemudian untuk ukuran diameter dan langkahnya cukup besar yaitu 83 x 63 mm dan juga dibekali dengan dua injektor bahan bakar. Alhasil untuk power maksimalnya, motor ini lebih bertenaga yaitu bisa mencatatkan power maksimal diangka 61 HP pada putaran 7.500 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya yaitu diangka 63 Nm pada putaran 6.600 rpm.

2. Desain

Beralih ke desain, meskipun sama-sama bergenre cruiser, namun tentu saja memiliki banyak perbedaan. Honda Rebel lebih mengarah kepada gaya retro atau klasik namun dengan dibekali fitur yang modern. Hal ini terlihat pada desain headlamp, kemudian spion, lampu sein yang modelnya membulat menyesuaikan gaya motor klasik. Apalagi penggunaan dual shock belakang semakin menambah kuat kesan motor klasiknya.

perbandingan rebel 500 dengan vulcan s

Sementara untuk Kawasaki Vulcan S secara desain lebih terlihat modern dan futuristik. Hal ini bisa dilihat pada headlampnya yang berbentuk oval, kemudian desain tangkinya yang juga membulat dan dibuat memanjang. Yang paling terlihat kesan modernnya adalah pada suspensi belakangnya (monoshock) yang berada di bagian tengah-tengah rangka dengan posisi setengah tidur.

Untuk joknya, Honda Rebel didesain memang bukan untuk boncenger, sehingga hanya ada single seat yang cukup pendek namun lebar. Sementara itu, Kawasaki Vulcan S menganut model split pada bagian joknya yang terpisah antara jok pengendara dan pembonceng.

3. Fitur

Untuk ukuran big bike, kedua motor ini memang minim fitur canggih untuk kemudahan berkendara. Sebagai contoh fitur seperti throttle by wire, traction control, dan juga riding mode tidak kita temukan di kedua motor ini. Padahal untuk mesin dengan kubikasi yang cukup besar tersebut paling tidak sudah sepantasnya ada fitur traction control untuk menjinakkan mesinnya. Terlebih lagi pada motor-motor dengan kubikasi dibawah kedua big bike tersebut sudah banyak yang mengaplikasikan fitur-fitur kemudahan berkendara seperti di atas.

Namun Honda Rebel setidaknya lebih modern soal fitur dibandingkan dengan Kawasaki Vulcan S. Contohnya seperti pada panel istrumen Honda Rebel yang sudah menggunakan digital dan lengkap indikatornya. Selain itu, motor ini juga untuk urusan pencahayaan sudah menggunakan lampu LED.

4. Dimensi

Berbicara mengenai masalah dimensi, Honda Rebel memiliki dimensi lebih pendek, lebih ramping, dan lebih pendek dibandingkan dengan Kawasaki Vulcan S. Honda Rebel memiliki dimensi 2.205 x 820 x 1.090 mm sementara Vulcan S memiliki dimensi 2,315 x 870 x 1,095 mm. Untuk berat Rebel berbobot 191 kg sementara Vulcan berbobot 226 kg. Begitu juga untuk jarak ke tanahnya atau biasa disebut ground clereance, Honda Rebel 125 mm sementara Vulcan S 130 mm. Untuk kapasitas tangki bahan bakar, Kawasaki Vulcan S lebih unggul yaitu mampu menampung 14 liter bahan bakar sementara Rebel hanya 11 liter saja.

5. Pilihan Warna dan Harga

Untuk pilihan warna, Honda Rebel 500 memiliki 3 pilihan warna yaitu biru metalic, silver metalic, dan juga hitam. Kemudian untuk harganya motor ini dijual dengan banderol harga Rp 169.200.000,- OTR Jakarta. Kemudian untuk Kawasaki Vulcan S memiliki 2 pilihan warna saja yaitu hitam dan juga abu-abu. Lalu untuk harganya motor ini dijual dengan banderol harga Rp 185.500.000,- OTR Jakarta.

Kesimpulan

Sebenarnya kesimpulannya tergantung pada selera masing-masing, hanya saja disini kita akan menjelaskan mengenai kesimpulan akhir menurut saya. Untuk urusan performas mesin Kawasaki Vulcan S memang lebih unggul serta desainnya yang lebih modern. Sementar itu untuk urusan fitur Honda Rebel lebih unggul. Begitu pula untuk pilihan warna lebih banyak dan juga harga lebih terjangkau Honda Rebel. Untuk desain lebih mengarah ke selera masing-masing.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai perbandingan Honda Rebel 500 dengan Kawasaki Vulcan S. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Perbandingan Scoopy dengan Genio, Pilih Mana?

Advertisements

13 KOMENTAR

Silakan Berkomentar