All New Scoopy 2020 3

Perbedaan All New Scoopy dengan Generasi Sebelumnya

Diposting pada

MotorUpdate.net – Pada 10 November 2020 kemarin, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan generasi terbaru dari skutik retro modernnya yaitu Honda All New Scoopy. Dari pertama kali diperkenalkan hingga saat ini, motor yang dirilis sekarang ini merupakan generasi kelima dengan menghadirkan konsep motor matik retro modern. Pada All New Scoopy ini telah mengalami banyak ubahan sehingga menjadikan motor ini terlihat lebih anak muda dan dibekali fitur-fitur premium. Untuk yang model sekarang ini, motor ini dihadirkan dalam 4 varian dan 8 pilihan warna. Untuk harganya, motor ini dibanderol mulai dari 19,95 Juta rupiah untuk OTR Jakarta. Lantas apa saja perbedaan antara All New Scoopy dengan generasi sebelumnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Perbedaan All New Scoopy dengan Generasi Sebelumnya

Dibekali dengan Mesin yang Sama dengan Genio

Pada bagian mesin kita tidak akan lagi melihat mesin Scoopy lama pada motor ini melainkan digantikan dengan mesin yang digunakan pada Honda Genio 110 eSP SOHC dua klep dengan sistem injeksi PGM-FI. Untuk bore dan stroke pun juga sama persis dengan Honda Genio yaitu diangka 47 mm x 63,1 mm. Ada plus dan minus ketika motor ini menggunakan mesin yang sama dengan Genio. Secara konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit menurut klaim AHM dan juga langkah lebih panjang.

Namun secara power dan juga torsi berkurang jika dibandingkan dengan Scoopy lama. Untuk power dan juga torsi yang dihasilkan yaitu diangka 8,87 HP pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Kapasitas tangki bahan bakarpun juga meningkat menjadi 4,2 liter sehingga secara otomatis jarak tempuh menjadi lebih jauh dibandingkan generasi sebelumnya.

Harapannya untuk Scoopy generasi mendatang kubikasi mesin ditingkatkan paling tidak menjadi 125 cc atau 150 cc.

Desain Semakin Retro Modern

All New Scoopy semakin memiliki desain yang terlihat lebih retro modern dibandingkan dengan sebelumnya, Di bagian depan, kita akan menemukan lampu utama LED Proyektor yang berbentuk oval sama seperti generasi sebelumnya serta lampu DRL. Yang membedakan dari generasi sebelumnya adalah pada bagian lampu sein depan, jika sebelumnya lampu sein depan kanan dan kiri menyatu dengan lampu utama, maka di All New Scoopy ini lampu sein dibuat terpisah dengan lampu utama dengan bentuk mirip-mirip ulekan. Di bagian depan ini juga terdapat aksen semacam air flow atau lubang angin untuk mempercantik tampilan di bagian depan.

Kemudian jika melihat bodi bagian samping, sekilas terlihat tidak ada bedanya dengan generasi sebelumnya. Namun di All New Scoopy ini jika kita perhatikan akan terlihat lekukan atau guratan yang membentuk huruf S.

All New Scoopy 2020 3

Kemudian untuk area dashboard, kita akan menemukan model panel instrumen yang berubah. Walaupun secara konsep perpaduan menggunakan instrumen analog dan digital, namun mengenai format angka, grafis, dan bentuknya juga berubah. Selain itu informasi atau indikator yang ditampilkan pada dashboard terbaru ini cukup komplit dibandingkan sebelumnya.

Beralih ke bagian belakang desain lampu belakang juga berubah menjadi benar-benar bulat seperti motor-motor retro. Kemudian untuk letak lampu sein belakang pun juga sama dengan lampu sein depan yaitu terpisah dengan stop lamp. Bentuk lampu sein belakang pun juga mirip dengan bentuk ulekan.

Menggunakan Rangka ESAF seperti pada Genio dan New BeAT

Berbeda dengan generasi sebelumnya, untuk All New Scoopy menggunakan bahan rangka yang sama seperti pada Honda Genio yang terkenal dengan sebutan rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Secara berat, rangka eSAF baru ini lebih ringan jika dibandingkan dengan rangka scoopy lama. Jika berat  Scoopy lama hampir mencapai 100 kg maka pada All New Scoopy bobotnya berkurang diangka 94 -95 kg.

Selain itu, penggunaan rangka eSAF ini diklaim membuat handling lebih ringan dan mudah jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dibekali Fitur Melimpah

Sebenarnya pada Scoopy lama sudah dibekali dengan beragam fitur yang modern seperrti LED Proyektor, answer back system, soket charger, dan juga Idling Stop System (ISS). Pada All New Scoopy ada beberapa upgrade fitur seperti pada soket charger, jika pada generasi sebelumnya kita harus memerlukan konektor untuk mengisi daya, pada All New Scoopy sudah berbentuk USB charger sehingga konsumen tidak perlu repot membeli konektor daya.

Kemudian untuk varian tertinggi All New Scoopy dibekali dengan fitur smart key atau keyless sama seperti pada Honda Vario. Dengan adanya fitur smart key ini tentu saja memudahkan konsumen dalam mengoperasikan motor karena tidak perlu membawa anak kunci, cukup remot dan putar knob untuk menghidupkan dan mematikan mesin.

Varian dan Harga

Seperti yang saya tulis di atas, All New Scoopy untuk model sekarang ini, hadir dalam 4 varian dan 8 pilihan warna. Untuk harganya, motor ini dibanderol mulai dari 19,95 Juta rupiah sampai dengan 20,75 juta rupiah untuk harga OTR Jakarta.

Nah, itu saja mungkin sedikit informasi mengenai perbedaan All New Scoopy dengan generasi sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *