perawatan rantai motor

Perawatan Berkala Motor Menjelang Akhir Tahun

Diposting pada

Motorupdate.net – Motor merupakan alat yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya dengan lebih cepat dan mudah. Tentunya motor membutuhkan perawatan yang baik dan berkala supaya komponen-komponen di dalamnya awet dan motor selalu dalam keadaan prima. Hal itu juga dikarenakan pada jarak atau km tertentu terdapat komponen-komponen yang membutuhkan perawatan bahkan dibutuhkan penggantian. Untuk itu, berikut ini beberapa tips perawatan berkala pada motor yang perlu diperhatikan mejelang akhir tahun.

Perawatan Berkala Motor Menjelang Akhir Tahun

Tips-tips tersebut antara lain:

1. Kondisi Oli Mesin

Untuk menjaga performa mesin lebih enak dan nyaman perlu adanya perawatan di mesin yaitu dengan pergantian oli. Untuk pergantian oli direkomendasikan 2.000 km – 3.000 km atau 2 bulan sekali.

2. Pola Kembang Ban dan Tekanan Udara

tipe jenis ban motor

Cek pola kembang ban apakah masih tebal atau sudah tipis, dikarenakan jika ban sudah tipis akan sangat berbahaya jika masih di tetap digunakan dan dikhawatirkan ban slip dan membuat pengendara jatuh atau menyebabkan kecelakaan. Sedangkan tekanan udara juga wajib dicek karena jika tekanan udara berlebihan atau bahkan kekurangan udara maka akan dapat mengakibatkan dampak yang kurang baik seperti umur pakai ban menjadi berkurang, kenyamanan berkendara tidak maksimal bahkan dapat merusak ban.

3. Rantai dan Gear Apabila Menggunakan Transmisi Manual

perawatan rantai motor

Untuk pengendara sepeda motor manual, bagian rantai dan gear adalah bagian terpenting karena berfungsi sebagai penggerak roda. Oleh sebab itu lakukan perawatan seperti pembersihan, pelumasan dan pergantian berkala. Untuk rantai dan gear direkomendasikan pergantian setiap kelipatan 15.000 km.

4. Rem

Karena tingginya mobilitas pengendara dan sering terjadi kemacetan di jalan, perlu dijaga kondisi rem dan kampas rem. Karena rem merupakan salah satu bagian terpenting, jika tidak merawat bagian ini maka resiko terjadinya kecelakaan cukup tinggi. Indikasi perlunya perawatan rem yaitu pada saat cengkraman rem sudah berkurang lalu pada saat melakukan pengereman timbul bunyi. Maka lakukan perawatan atau bahkan pergantian komponen di bagian rem. Pada bagian kampas rem rekomendasi kami lakukan pergantian pada saat 12.000 km.

5. Lampu

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini lampu sepeda motor wajib hidup dan hal tersebut juga telah masuk dalam UU lalu lintas. Selain lampu utama, lampu lainnya juga sangat penting seperti lampu belakang agar pengendara lain mengetahui kita berhenti serta lampu sein yang dapat menginformasikan kita berbelok. Oleh sebab itu pada saat service wajib dicek bahkan diganti jika terdapat lampu yang sudah mati atau tidak berfungsi lagi.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *