Mall Pelayanan Publik Solo 1

Pengalaman Perpanjang SIM C di Mall Pelayanan Publik Kota Solo, Cepat dan Nyaman

Diposting pada

MotorUpdate.net – Bulan Desember 2020, SIM C milik saya sudah waktunya untuk diperpanjang masa berlakunya. Alhasil harus mencari referensi yang paling mudah, cepat, dan nyaman untuk mengurusnya. Akhirnya setelah mempertimbangkan beberapa pilihan. Saya memutuskan untuk memperpanjang SIM C di Mall Pelayanan Publik Kota Solo yang lokasinya berada di Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon atau berada tepat di sebelah utara patung Slamet Riyadi Gladag. Mall Pelayanan Publik Solo ini terhitung masih baru karena baru beroperasi mulai bulan Agustus 2020 kemarin. Di gedung ini terdapat berbagai macam loket untuk memudahkan masyarakat kota Solo dalam hal pelayanan pajak seperti listrik, pdam, imigrasi, bpjs, samsat, pengurusan sim, skck, dan masih banyak lagi. Dan berikut ini cerita pengalaman saya perpanjang SIM C di Mall Pelayanan Publik Kota Solo yang menurut saya cepat dan nyaman.

Pengalaman Perpanjang SIM C di Mall Pelayanan Publik Kota Solo, Cepat dan Nyaman

Sekitar pukul 08.00 WIB saya tiba di parkiran motor yang letaknya berada di sebelah utara gedung. Kemudian saya langsung berjalan menuju pintu depan gedung mall pelayanan publik tersebut, Di depan pintu sudah berdiri petugas yang akan mengecek suhu badan kita dan menanyakan tentang keperluan kita. Petugas pun mencatat keperluan kita yang nantinya akan digunakan sebagai nomor antrian karena petugas yang mengurusi perpanjangan SIM waktu itu belum datang.

Mall Pelayanan Publik Solo 1

Kami dipersilakan untuk menunggu duduk di lantai 1 yang cukup luas. Kemudian setelah menunggu sekitar setengah jam, rombongan yang mengantri untuk perpanjangan SIM dipanggil satu per satu sesuai urutan datang dan dipersilakan untuk naik ke lantai 2 karena memang loket pelayanan perpanjangan SIM ada di lantai 2 gedung tersebut. Kebetulan saya antri diurutan nomor 12, setelah menunggu sekitar setengah jam pula akhirnya tiba giliran saya. Tahap pertama dalah tes kesehatan dan juga psikologi terlebih dahulu. Pada tes kesehatan kita hanya akan dites indra penglihatan kita dengan menjawab angka2 yang sudah disiapkan oleh petugas di sana. Untuk tes kesehatan kita membayar 40 ribu rupiah.

Setelah itu adalah tes psikologi yang loketnya juga bersebelahan dengan tes kesehatan. Di sini kita diberikan soal-soal tes psikologi yang harus kita isi dengan tanda centang, kalau tidak salah soalnya sekitar 30 soal tes kepribadian. Untuk tes psikologi ini kita harus membayar 50 ribu rupiah. Setelah kedua tes tersebut selesai, berkas kemudian kita antrikan di loket perpanjangan SIM untuk diverifikasi terlebih dahulu oleh petugas di sana. Cukup lama juga menunggu di antrian ini, sebab ada beberapa yang harus ditolak karena beberapa hal dan harus perpanjang di kantor Satlantas Polresta Solo karena datanya lebih lengkah. Setelah giliran saya tiba, saya diharuskan untuk membayar ke loket BRI yang letaknya persis di depan loket perpanjangan SIM sebesar 95 ribu rupiah.

Mall Pelayanan Publik Solo 3

Setelah itu kita tinggal menunggu antrian foto SIM dan akan ditanya oleh petugas mengenai data pribadi seperti alamat, golongan darah, dan juga pekerjaan. Setelah foto selesai, kita tunggu sekitar 10 menit untuk pencetakan SIM C yang baru. Petugas akan memanggil ketika SIM yang baru sudah jadi dan meminta SIM yang lama untuk dimusnahkan oleh petugas agar tidak disalah gunakan.

Proses dari awal datang ke gedung mall pelayanan publik ini sampai dengan SIM jadi membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Bisa kurang kalau kita datang lebih awal dan mendapatkan antrian di depan. Selain pelayanannya yang cepat, petugas di sini juga cukup ramah. Juga tempat menunggu pun sangat nyaman karena berada di dalam ruangan berAC, tempat duduk yang empuk dan banyak, toilet bersih, serta tempat untuk charge perangkat elektronik lengkah dengan loker dan kuncinya disediakan di sini secara gratis.

Mall Pelayanan Publik Solo 2

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi atau pengalaman yang bisa saya bagikan ketika perpanjang SIM C di Mall Pelayanan Publik Kota Solo. Semoga bermanfaat.

 

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *