Nawa Racer 1

Nawa Racer, Motor Listrik dengan Teknologi Ultra-Capasitor

Diposting pada

motorupdate.net – NAWA merupakan sebuah perusahaan berbasis teknologi modern yang berada di Paris. Nawa Teknologies memiliki tujuan utama mengembangkan material unik yang dikombinasikan dengan teknologi nano sehingga menghasilkan teknologi yang mampu menyimpan listrik lebih cepat dan terbarukan. Teknologi penyimpanan ini nantinya bisa diaplikasikan ke beragam industri seperti mobil, telepon, bangunan, hingga di ruang angkasa. Nah, salah satu produk prototipe dari NAWA diaplikasikan pada sebuah motor listrik konsep dengan nama Nawa Racer.

Nawa Racer, Motor Listrik dengan Teknologi Ultra-Capasitor

Nawa Racer yang merupakan motor listrik konsep ini nantinya baru akan mereka pamerkan dalam Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas Amerika Serikat. Secara desain motor ini memiliki bentuk seperti motor sport retro namun tanpa adanya mesin yang digendongnya. Desainnya cukup minimalis dan terkesan futuristik. Konsep motor ini memang cukup unik, berbeda dengan motor-motor listrik lainnya. Jika motor listrik lain hanya menggunakan baterai lithium untuk menyokong sumber dayanya, maka di Nawa Racer ini menggabungkan baterai lithium dengan ultra-kapasitor.

Nawa Racer 2

Dengan adanya tambahan ultra-kapasitor ini diklaim mampu meningkatkan daya jelajah dan juga kinerja motor listrik tersebut. Teknologi ultra-kapasitor yang dikembangkan Nawa Technologies ini diberi nama dengan nama NAWACap.

Nawa Racer ini merupakan motor listrik konsep hasil kerja sama Nawa Technologies dengan perusahaan teknik asal Inggris bernama Envisage Group. Sehingga terciptalah Nawa Racer yang memiliki desain neo sport cafe yang gagah dan futuristik. Sebenarnya tujuan Nawa Technologies adalah menawarkan teknologi yang dibuatnya (ultra-kapasitor) kepada produsen lain untuk mengintergrasikan dengan produk mereka. Dengan adanya ultra-kapasitor ini juga membuka jalan untuk menciptakan motor hybrid.

Menurut informasi, motor listrik Nawa ini dibekali dengan baterai lithium berkapasitas 9 kWh yang mampu menghasilkan power hingga 100 HP. Kemudian ditambah lagi dengan ultra-kapasitor NAWACap berkapasitas 0,1 kWh. NAWACap dipasang di atas baterai lithium yang posisinya terletak di tangki.

Nawa Racer 1

Teknologi ultra-kapasitor Nawa diklaim mampu memulihkan lebih dari 80 persen energi yang dihasilkan selama proses pengereman. Dengan energi yang dapat disimpan oleh ultra-kapasitor ini maka mampu memberikan daya jelajah yang lebih jauh yaitu bisa mencapai 300 km. Canggihnya lagi, NAWACap ini dapat secara penuh terisi ulang hanya dalam 2 menit saja, sementara untuk mengisi secara penuh daya keseluruhan baterai diperlukan waktu hingga 1 jam.

Baca juga: RMK E2, Motor Listrik Futuristik dengan Velg Belakang Model Hubless

Untuk motor penggeraknya, berada di velgnya dengan model velg hubless seperti pada motor listrik RMK E2. Nawa Racer mampu melaju dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik. Motor listrik berdesain neo sport cafe ini memiliki bobot total sebesar 150 kg dan untuk berat ultra-kapasitornya seberat 10 kg.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi bocoran mengenai Nawa Racer yang merupakan motor listrik prototipe dari Nawa Technologies yang baru akan diperkenalkan pada CES 2020 nanti. CES 2020 akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 10 Januari 2020 di Las Vegas. Semoga bermanfaat.

baca juga:

26 komentar.

  1. kelemahan motor listrik adalah waktu recharge yang lama,. ini masih jadi PR kalau mau alih fungsi dari motor BBM ke motor listrik. namun, jika benar NAWACap bisa di recharge dalam waktu 2 menit,. bukan tidak mungkin motorlistrik bakal makin di gemari nantinya.

Silakan Berkomentar