Motor Honda Pertama yang Dirakit di Indonesia, Honda S90Z

honda s90z

MotorUpdate.net – PT Astra Honda Motor (AHM) saat ini menjadi produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. Perusahaan otomotif roda dua ini berdiri pada tahun 1971 dengan nama awal PT Federal Motor dan mulai merakit motor secara CKD dengan komponen yang didatangkan dari Jepang. Namun sebelum secara resmi mulai merakit motor sendiri, Federal Motor masih mendatangkan motor secara CBU dari Jepang yaitu Honda S90 (1964-1969). Dan motor yang pertama kali dirakit oleh Federal Motor pada sekitar tahun 1971 berganti nama menjadi Honda S90Z (1971-1975).

Motor Honda Pertama yang Dirakit di Indonesia, Honda S90Z

Dari tampilan kedua motor ini (S90 dan S90Z) nampak kembar. Namun ada yang berbeda dari kedua motor ini terutama pada bagian headlamp dan spedometernya. Jika pada S90 yang diproduksi oleh Jepang, untuk headlampnya berbentuk lebih kecil dan spedometernya menyatu dengan headlamp. Sementara pada S90Z headlampnya terlihat lebih besar dan untuk spedometernya terpisah dengan headlamp.

Motor yang serupa namun tak sama ini sama-sama menggunakan sasis underbone. Kemudian untuk mesin juga memiliki spesifikasi yang sama yaitu berkubikasi 89,5 cc 4 tak berpendingin udara dengan mesin tidur mirip dengan mesin-mesin motor bebek. Untuk penyaluran tenaga dari mesin ke rodanya menggunakan gearbox dengan 4 percepatan. Power maksimal yang mampu dihasilkan motor ini yaitu diangka 8 HP pada 9.500 rpm dan torsi 6,37 Nm. Sementara untuk top speednya, motor ini mampu melaju hingga kecepatan 99,8 km/jam.

honda s90z

Ciri khas dari motor ini adalah pada beberapa bagian yang dilapisi dengan sentuhan finishing chrome. Sebagai contoh pada bagian tangki yang membulat di bagian sampingnya terdapat finishing chrome. Kemudian pada bagian blok mesin, stang, spakbor depan dan belakang juga dilapisi dengan finishing chrome.

Untuk suspensi depannya menggunakan suspensi teleskopik dan belakangnya menggunakan suspensi ganda. Kedua suspensi tersebut dibalut dengan cover shock yang membuatnya lebih kekar. Untuk velg menggunakan velg 18 inchi dengan model jari-jari dan untuk pengereman masih menggunakan rem tromol.

Seiring dengan berjalannya waktu, motor ini juga mendapat julukan lain yaitu Honda Astra 90. Hal ini dikarenakan motor ini merupakan motor pertama yang diproduksi PT Federal Motor yang sebagian sahamnya dimiliki oleh PT Astra International. Dan di tahun pertamanya, motor ini hanya mampu terjual sebanyak 1.500 unit saja namun motor ini masih tetap bertahan hingga di tahun 1980-an.

Sekarang ini, motor ini juga terbilang sudah cukup langka dan harga jualnya juga cukup mahal. Akhirnya, motor ini diteruskan dengan hadirnya Honda Win yang saat ini juga menjadi motor primadona bagi para kolektor.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai motor honda pertama yang diproduksi oleh Federal Motor atau AHM yaitu Honda S90Z. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengenal Honda XL 125, Motor Enduro Legendaris Tanggguh Era 70-an

About Budi Motorupdate 1308 Articles
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Be the first to comment

Silakan Berkomentar