Modifikasi Honda BeAT Pop menjadi Ala Honda Ruckus

1
Modifikasi Honda BeAT Pop ala Honda Ruckus
Modifikasi Honda BeAT Pop ala Honda Ruckus milik Kaesang Pangarep digarap oleh Katros Garage

MotorUpdate.net – Pada kesempatan ini kita akan kembali membahas mengenai modifikasi sepeda motor. Kategori ini nampaknya dalam beberapa bulan lalu sempat kosong melompong dikarenakan saya lebih fokus untuk menulis berita motor terbaru. Nah, untuk rubrik modifikasi kali ini kita akan membahas mengenai Modifikasi Honda BeAT Pop menjadi ala Honda Ruckus atau Honda Zoomer X. Modifikasi dengan model ala Honda Ruckus ini termasuk sangat jarang dilakukan karena pecinta motor custom biasanya lebih memilih model tracker, cafe racer, bobber, scrambler, dan sejenisnya.

Modifikasi Honda BeAT Pop menjadi Ala Honda Ruckus

Modifikasi merubah Honda BeAT menjadi Honda Ruckus ini datang dari bengkel modifikasi yang cukup terkenal yaitu Katros Garage. Dan ternyata pemilik dari Honda BeAT Pop yang akan dimodifikasi tersebut adalah milik dari keluarga Presiden RI yaitu Kaesang Pangarep. Kaesang berencana untuk mengubah motor Honda BeAT Pop tahun 2017 miliknya menjadi sebuah motor matic antimainstream yaitu Honda Ruckus aka Honda Zoomer X.

Menurut Katros Garage, pengerjaan modifikasi motor ini memakan waktu sekitar 3 bulanan dengan pengerjaan bodi yang paling membutuhkan waktu lama. Modifikasi motor ini menggunakan dua bahan yaitu fiber dan juga plat untuk bisa membuat bentuknya terlihat mirip seperti yang diinginkan. Namun kendalanya adalah pengerjaan bodi berbahan fiber cukup memakan waktu yang lama karena Katros lebih terbiasa memakai bahan plat dalam melakukan modifikasi.

Untuk rangkanya, rangka asli pada bagian tengah ke belakang dirombak oleh Katros, sementara untuk sasis bagian tengah ke depan tidak dilakukan perubahan. Untuk engine mountingnya pun juga masih menggunakan engine mounting dari bawaan Honda BeAT Pop.

Modifikasi Honda BeAT Pop ala Honda Ruckus
Modifikasi Honda BeAT Pop ala Honda Ruckus milik Kaesang Pangarep digarap oleh Katros Garage

Sementara itu, hampir semua part dari motor ini sudah diganti dengan part-part custom. Mulai dari stang, cover bodi depan, suspensi depan dan belakang, headlamp, jok, velg dan ban, serta knalpot pun juga diganti dengan part custom.

Untuk kaki-kaki diganti dengan velg berukuran ring 12 inchi dengan lebar ban yang lebih gambot. Kemudian untuk suspensi depan dan juga belakang diganti dengan suspensi aftermarket dari Scarlet Racing. Jok model bolong, stang, dan juga cover bodi depan dibuat ulang agar hasilnya terlihat mirip dengan Honda Zoomer X atau Honda Ruckus.

Yang menarik adalah, karena untuk mendapatkan hasil tampilan ala Honda Ruckus, maka untuk penempatan tangki bahan bakar dan juga aki harus dipindah. Untuk tangki bahan bakar dipindah ke bagian dek bawah dengan lubang pengisian berada di bawah jok persis dengan posisi menghadap ke arah depan.

Kemudian untuk aki dan juga part-part kelistrikan yang lain seperti ECU dipindah ke bagian bodi depan. Untuk headlampnya dirubah menggunakan headlamp LED dengan model persegi panjang yang biasanya digunakan pada mobil adventure.

Jika melihat hasil akhir dari pengerjaan modifikasi ini, ternyata cukup ciamik dan secara tampilan sudah sangat mirip dengan Honda Ruckus. Terdapat juga aksesoris skate board yang dapat dimasukkan di bagian kolong dari joknya. Untuk biaya modifikasinya, karena permintaan dari pemilik, maka Katros tidak membeberkan mengenai berapa besarnya biaya yang dihabiskan untuk memodifikasi dari Honda BeAT Pop menjadi bentuk ala-ala Honda Ruckus ini.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Modifikasi Honda BeAT Pop menjadi ala Honda Ruckus yang digarap oleh Katros Garage. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Modifikasi Yamaha ZSR 155 Extreme Scrambler

1 KOMENTAR

Silakan Berkomentar