Mengenal Suzuki DR-Z250 2020, Trail Desain Jadul di Era Modern

2
Suzuki DR-Z250 2

MotorUpdate.net – Bagi bikers Indonesia tentu masih awam dengan motor trail 250 cc berdesain era 80 an dari Suzuki yaitu Suzuki DR-Z250. Yups, karena memang motor ini memang tidak dipasarkan di Indonesia, sehingga banyak yang belum tahu bahwa Suzuki mempunyai motor trail 250cc berdesain jadul. Namun ternyata motor ini masih tetap eksis di benua Australia dan di tahun 2020 ini mengalami refreshment pada sektor performa dan sistem pendinginan yang baru.

Mengenal Suzuki DR-Z250 2020, Trail Desain Jadul di Era Moderna

Secara desain atau wujudnya, motor trail 250 cc ini masih tetap mempertahankan dari desain motor trail di era 80 dan 90 an. Hal ini bisa kita lihat di beberapa bagian yang terlihat mengkotak seperti pada headlampnya serta spion. Namun di refreshment terbaru ini lebih ditujukan pada peningkatan performa dan juga sistem pendinginan mesin yang baru.

Yang menarik adalah jika motor-motor di era modern sekarang ini sudah menggunakan sistem injeksi untuk suplai bahan bakarnya, maka di Suzuki DR-Z250 ini masih tetap mempertahankan menggunakan karburator. Karburatornya menggunakan karburator Mikuni TM28.

Suzuki DR-Z250 2

Untuk banderol harganya, motor trail 250cc 4 tak ini dijual dengan banderol harga AUD 7.990 atau jika dirupiahkan sekitar 80 juta rupiah. Sesuai dengan kodenya DR mengisyaratkan bahwa motor ini bisa digunakan di jalan raya maupun untuk off road. Hal ini karena motor ini dilengkapi dengan opsi spion, headlamp, dan stop lamp serta lampu sein. Untuk warnanya, Suzuki masih tetap mempertahankan warna kuning yang identik dengan warna-warna motor Suzuki di era 80-90an.

Spesifikasi

Kemudian beralih ke spesifikasi mesinnya, motor trail Suzuki ini mengusung mesin berkubikasi 249 cc DOHC 4 tak 4 katup berpendingin udara dengan SACS. Suzuki mengklaim bahwa tenaga dan juga torsi di putaran bawah melonjak signifikan dibandingkan dengan sebelumnya. Namun tidak dijelaskan seberapa besar angka kenaikannya. Untuk cover kepala silindernya menggunakan material magnesium yang lebih ramping dan juga ringan.

Untuk power dan juga torsi maksimal yang dihasilkan oleh mesin baru ini tidak dijabarkan secara lengkap. Namun jika mengacu pada spesifikasi mesin sebelumnya, mesin motor trail Suzuki ini memiliki power maksimal 31,9 HP pada putaran 7.000 rpm serta torsi maksimal diangka 19,1 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Untuk sistem pendinginan disebutkan sebelumnya bahwa Suzuki mengandalkan SACS (Suzuki Advance Cooling System) yang menggunakan oli serta udara untuk mendinginkan suhu di ruang bakar. Kemudian untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang menggunakan gear box dengan 6 percepatan. Sementara untuk menghidupkan mesin sudah dilengkapi dengan dua cara yaitu dengan kick starter dan juga electric starter.

Fitur dan Desain

Untuk suspensi, Suzuki masih membekali trail ini dengan suspensi depan teleskopik namun dengan travel yang cukup panjang dan bisa diatur rebound dan dampingnya. Suspensi depan tersebut juga dilapisi dengan cover shock yang melindunginya dari kotoran dan debu. Kemudian untuk suspensi belakang menggunakan monoshock dengan coil spring.

Kemudian untuk velgnya menggunakan velg jari-jari dengan finishing chrome dan untuk pengereman baik depan maupun belakang sudah menggunakan rem cakram. Untuk stripingnya, motor trail ini terbilang mempunyai striping yang minimalis. Hanya terdapat pada bagian atas cover headlamp dan juga bagian samping cover tangki (sayap).

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Suzuki DR-Z250 yang baru saja mengalami refreshment di benua Australia. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Suzuki TS 125 ER Motor Trail Favorit Era 90an

 

2 KOMENTAR

Silakan Berkomentar