Mengenal PO Sudiro Tungga Jaya, Bus Malam Cepat dari Maospati

17
sudiro tungga jaya

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Semakin bertambah banyaknya pengguna transportasi umum yaitu bus membuka peluang besar untuk berdirinya Perusahaan Otobus (PO) baru. Salah satu yang jeli melihat peluang tersebut adalah sebuah Perusahaan Otobus yang beralamat Maospati Magetan Jawa Timur yaitu PO Agam Tungga Jaya. PO Agam Tungga Jaya atau yang biasa dikenal dengan sebutan PO Sudiro Tungga Jaya awalnya merupakan perusahaan otobus yang mengelola bisnis persewaan Bus Pariwisata.

Mengenal PO Sudiro Tungga Jaya, Bus Malam Cepat dari Maospati

Karena terbilang sukses, maka perusahaan Otobus ini semakin berkembang dan kemudian lahirlah perusahaan Otobus baru hasil bentukan dari PO Agam Tungga Jaya yaitu Perusahaan Otobus Sudiro Tungga Jaya (STJ). PO Sudiro Tungga Jaya merupakan perusahaan otobus yang membuka dua trayek reguler baru pada pertengahan bulan Juni tahun 2017 kemarin. Kedua trayek AKAP reguler tersebut yaitu jurusan Ponorogo – Ciledug PP dan Ponorogo – Bogor PP. Di akhir bulan Agustus 2017 PO Sudiro Tungga Jaya membuka jalur yang ketiga yaitu jurusan Ponorogo – Jakarta PP.

sudiro tungga jaya

Nah, PO Sudiro Tungga Jaya ini merupakan PO yang ingin saya ceritakan pada artikel sebelumnya. Kenapa saya tertarik untuk mengulas PO ini karena menurut sumber dari teman-teman yang pernah merasakan naik PO Sudiro Tungga Jaya ini bahwa armada dari PO ini mampu mencatatkan waktu yang lebih pendek dengan jarak tempuh yang terbilang cukup jauh apabila dibandingkan dengan PO lain yang melalui rute sama.

Armada dari PO Sudiro Tungga Jaya ini menggunakan body jenis Jetbus 2+ SHD dari Karoseri Adi Putro Malang dan yang terbaru menggunakan Zeppelin G3 HDD buatan Gunung Mas. Sedangkan untuk chassisnya sendiri PO Sudiro Tungga Jaya menggunakan chassis bus buatan Hino dengan tipe Hino R260 atau yang biasa disebut RK8, dan Hino RN 285.

Armada-armada dari PO Sudiro Tungga Jaya ini melayani kelas eksekutif dengan total jumlah tempat duduk untuk penumpang sebanyak 32 kursi dengan ditambah fasilitas-fasilitas seperti recleaning seat, bantal, selimut, servis makan, snack, dan juga terdapat toilet serta hiburan LED TV. Bahkan juga ada free wifinya juga, mantap dah PO yang satu ini.

Walaupun baru beberapa bulan beroperasi, namun ternyata PO Sudiro Tungga Jaya sudah semakin banyak peminatnya dan melekat di hati para konsumennya. Terbukti dengan kursi yang selalu penuh setiap kali pemberangkatan.

PO Sudiro Tungga Jaya memiliki jargon atau istilah kerennya ELKUSLA (Eling Kuat Selamet) yang jika dalam bahasa Indonesia memiliki arti Ingat Kuat dan Selamat. PO ini terkenal dengan kecepatannya yang sering melaju di angka 100 km/jam lebih saat jalanan terlihat agak sepi sehingga wajar waktu tempuhnya juga menjadi lebih pendek dari PO yang lain. Armada-armadanya juga terkenal sering berovertake di jalanan baik kondisi jalanan sepi maupun jalanan ramai sekalipun.

sudiro tungga jaya

Jika masih penasaran, bisa disearch di youtube tentang review dari para youtuber yang merasakan naik menggunakan PO ini. Pasti banyak yang berpendapat bahwa bus ini memang cepat dan menjadi pilihan untuk konsumen karena sensasi naik di atas bus ini beda dengan yang lainnya.

Oh iya, hampir lupa untuk tarif dari bus ini untuk jurusan Jawa Timur – Jabodetabek diharga 180 ribu rupiah, sedangkan untuk Jawa Tengah – Jabodetabek diharga 160 ribu rupiah jika belum ada perubahan.

Untuk agen-agennya sendiri bagi yang penasaran ingin mengetahui daftar agen dari PO Sudiro Tungga Jaya bisa disimak pada gambar dibawah ini sekaligus nomor telepon yang bisa dihubungi.

Nah, itu tadi sekilas tentang PO asal Jawa Timur yaitu Sudiro Tungga Jaya yang masih merupakan satu group dengan PO Agam Tungga Jaya. Semoga bermanfaat.

baca juga:

Advertisements

17 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah saya tgl 8 kmrn dari jatiasih pulang ke terminal maospati saya puas pelayanan dari Bis sudiro tungga dara balik lagi ke jatiasih tgl 17 saya naik sudiro lagi wah perjalanan nya asyik banget supirnya pandai sekali cepat tapi gak bikin mabok.keluarga besar ku mau ke jatiasih tak suruh pesan sudiro saja..trimakasih sudiro semoga terus jaya melayani masyarakat ya tarif nya murah sekali

  2. Nggak sukanya masih aja ada yg merokok padahal ini bus AC
    Karena saya sangat sensitif terhadap bau asap rokok.

  3. Kurang nyaman karena sempit sekali, tidak seperti PO Haryanto.
    Ini ada untuk sandaran kaki namun malah bikin sempit mau keluar masuk dan bergerak jadi sulit benar” nggak nyaman

  4. Saya kecewa dengan sopir dan kernet bus sudiro tungga jaya, saya bawa anak 4 thn dan tas tanggung 1, tas saya suruh taruh atas krn ada makanan ank kecil marah2 ktya bawa anak bawa tas, pelayanannya jelek baru naik sudah ngomel, gak mau lagi saya naik bus sudiro, udh kapok….

  5. Bus ber ac kabin sopir dan penumpang menyatu tanpa sekat point nya disini awak bus dan kenek merokok di bus ac tanpa kabin terpisah kasihan yg bawa anak sama ibu hamil

  6. Bolak-balik solo tangerang blm prnh ada pengalaman jelek naik stj,,,tiap ktmu crew pasti ramah”,,,,taat ibadah jg crew nya,,krn pd dasarnya sopirnya orng jawa timuran jd nada omongnnya keras,,klo gx biasa denger psti baper di kira di bentak”…

  7. Istilah seri seri bus apa ya tu mas..misal…line A.. Trus ada juga line B..dst…mohon penjelasannya..makasi…

  8. Hari ini balik kejakarta dari sragen.tapi kenapa bus nya masuk ke karawang dalam.sudah macet fab bikin perjalanan kurang nyaman,waktu juga jadi lebih panjang.

  9. Saya sebagai konsumen Sudiro Krng puas dgn pelayanannya tgl 29-01-2020 tujuan Boyolali ,ibu saya pulang dr Bogor keboyolali diturunin gak sampai ditujuan masih terlalu jauh bos dgn tujuan posisi tnggh MLM tolong dimengerti klub posisi anda kaya saya

Silakan Berkomentar