Mengenal Binter Merzy 200 aka Kawasaki KZ200, Motor Sport Touring yang Melegenda

Binter Merzy 200 Kawasaki KZ200
Motor sport touring legenda Binter Merzy 200 atau yang disebut juga Kawasaki KZ200

MotorUpdate.net – berbicara mengenai Binter Merzy 200 atau yang juga memiliki nama asli di Jepang Kawasaki KZ200 maka kita akan teringat dengan motor sport touring yang melegenda dan populer di zamannya. Kawasaki KZ200 atau Binter Merzy 200 merupakan motor asli Kawasaki Jepang yang direbranding oleh perusahaan lokal bernama Bintang Terang Indonesia pada tahun 1980. Nama binter sendiri juga merupakan singkatan dari Bintang Terang sebagai perusahaan yang memasarkan motor Kawasaki di Indonesia pada waktu itu. Namun nama Binter ini akhirnya hanya bertahan beberapa tahun saja atau sekitar 4 tahun karena di tahu 1984 perusahaan ini hari bangkrut dan bubar karena pemiliknya yang tersandung kasus korupsi. Lantas seperti apa sejarah lengkap mengenai motor ini dan bagaimana spesifikasi serta apa keunggulan dan kelemahan motor ini sehingga menjadi motor legenda? Berikut ulasan lengkapnya.

Mengenal Binter Merzy 200 aka Kawasaki KZ200, Motor Sport Touring yang Melegenda

Sejarah

Sebenarnya, tidak hanya Binter Merzy 200 yang dipasarkan oleh Bintang Terang di Indonesia. Ada Binter Joy 80 cc, AR125, KH100, GTO110, dan lainnya yang juga dipasarkan oleh Bintang Terang Indonesia. Namun dari banyak produk yang dipasarkan, nama Binter Merzy 200 inilah yang banyak dikenal dan menjadi primadona sebagai motor sport touring di zamannya.

Sebenarnya, di Jepang Kawasaki KZ200 pertama kali diproduksi pada tahun 1976 dan masih masuk ke dalam klan Z-series yang melegenda. Kemudian baru pada 198, motor ini dibawa ke Indonesia yang menjadi motor motor satu silinder dengan kubikasi paling besar yaitu 200 cc.

Selama dipasarkan di Indonesia, motor ini terbagi ke dalam dua generasi, perbedaan antar generasi tersebut yang paling mencolok adalah pada desain (bentuk tangki) dan juga sistem pengapiannya (dari platina ke cdi). Di rentang tahun 1980 hingga 1982 Binter Merzy menggunakan sistem pengapian platina dan desainnya yang didominasi berbentuk bulat. Lalu pada sekitar tahun 1983, motor ini mengalami upgrade sistem pengapian ke CDI dan secara desain bentuk bodinya lebih mengkotak.

Binter Merzy 200 Kawasaki KZ200
Motor sport touring legenda Binter Merzy 200 atau yang disebut juga Kawasaki KZ200

Spesifikasi

Untuk spesifikasinya sendiri, motor ini memiliki mesin satu silinder berkubikasi 198cc 4 tak SOHC 2 katup berpendingin udara yang sangat nyaman untuk aktivitas touring jarak jauh. Untuk powernya, motor ini diklaim memiliki power puncak diangka 18 HP pada putaran 8.000 rpm. Sementara itu untuk torsinya diangka 16,5 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Keunggulan dan Kekurangan

Bintang Terang Indonesia telah bangkrut di tahun 1986 dan produk-produknya pun otomatis tidak lagi dipasarkan. Kemudian nama Kawasaki kembali hadir di Indonesia pada tahun 1996 namun tidak menggunakan brand Bintang Terang. Meskipun perusahaannya sekarang ini hanya tinggal nama namun warisan produk-produknya masih tetap terjaga hingga saat ini. Motor ini masih bisa kita temui di jalanan walaupun populasinya sudah sangat sedikit. Hal ini karena kebanyakan motor ini dijadikan motor simpanan (koleksi) ataupun motor ini dijadikan sebagai bahan untuk motor custom.

Banyak kelebihan dari motor ini seperti riding positionnya yang pas dan enak, kemudian joknya yang nyaman, serta getaran mesinnya yang terbilang halus untuk ukuran motor 200 cc. Namun setiap produk selain ada kelebihan juga ada kekurangannya, kekurangannya yaitu beberapa part atau suku cadangnya memiliki harga yang cukup mahal terutama untuk jeroan mesinnya.

Untuk saat ini harga bekas dari motor ini juga cukup bervariasi tergantung dari kondisi motor serta kelengkapan surat-suratnya. Nah, mungkin ada pembaca yang juga mempunyai motor ini bisa sharing-sharing mengenai motor ini di kolom komentar. Mungkin itu saja sedikit ulasan kita kali ini mengenai Binter Merzy 200 atau yang juga biasa disebut Kawasaki KZ200, semoga bermanfaat.

Baca juga: Sejarah Kawasaki Ninja di Indonesia

About Budi Motorupdate 1308 Articles
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Be the first to comment

Silakan Berkomentar