Latah Bersepeda, Sekedar Ikut Trend atau Memang Hobi?

hobi trend bersepeda
Latah Bersepeda, hanya mengikuti trend atau memang hobi?

MotorUpdate.net – Di tengah pandemi Covid19 ternyata kesadaran masyarakat untuk hidup sehat memang semakin tinggi. Selain menggunakan masker dan juga rajin mencuci tangan, masyarakat juga mulai sadar akan pentingnya olahraga untuk menjaga supaya kondisi tubuh tetap fit dan tidak mudah terserang sakit. Salah satu olahraga yang saat ini sedang menjadi trend adalah bersepeda. Selain menyehatkan, bersepeda juga dinilai mampu mengobati rasa jenuh atau bosan masyarakat setelah berbulan-bulan mengikuti anjuran pemerintah untuk #DiRumahSaja. Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang ini adalah ketika banyak masyarakat yang bersepeda sekarang ini apakah mereka hanya sekedar untuk mengikuti trend atau memang hobi dan sadar bahwa bersepeda memiliki banyak manfaat?

Latah Bersepeda, Sekedar Ikut Trend atau Memang Hobi?

Di jalan raya setiap pagi hari ataupun sore hari pasti di musim sekarang ini kita akan banyak menjumpai berbagai kalangan masyarakat yang bersepeda. Kebanyakan dari para pesepeda ini berkelompok dengan tujuan atau rute tertentu yang sudah mereka tentukan sebelumnya. Bahkan yang sempat viral kemarin adalah di Tugu Jogja yang penuh dengan pesepeda memadati kawasan tersebut. Bukannya physical distancing namun malah mendatangi kerumunan.

Selain itu banyak juga pengguna jalan lain seperti sepeda motor, mobil, truk, dan lainnya yang mengeluhkan mengenai etika beberapa pesepeda yang seperti seenaknya sendiri di jalan raya. Beberapa oknum pesepeda tersebut berjejer 2 hingga 3 sampai ke tengah jalan sehingga membuat pengendara lainnya harus lebih bersabar ketika akan mendahului. Bahkan ketika beberapa oknum pesepeda tersebut diingatkan untuk tidak berjajar malah balik memberikan tatapan yang sinis dan acuh terhadap yang mengingatkan. Semoga saja ini bisa menjadi pembelajaran dan tidak membuat citra buruk bagi para pesepeda.

Salah satu yang diuntungkan dari boomingnya masyarakat gemar bersepeda tentu saja adalah toko sepeda. Seperti dilansir Solopos.com pada Jumat 5 Juni 2020 kemarin bahwa gara-gara trend bersepeda ini, penjualan sepeda di Solo melonjak hingga 300 persen dari hari biasanya. Bahkan masyarakat rela antri di depan toko sepeda yang belum buka untuk membeli sepeda idaman mereka. Dua jenis sepeda yang banyak diborong oleh masyarakat yaitu jenis sepeda gunung dan juga sepeda lipat.

hobi trend bersepeda
Latah Bersepeda, hanya mengikuti trend atau memang hobi?

Jika toko sepeda ketiban untung dengan trend bersepeda ini, maka sebaliknya dealer-dealer motor tentu saja malah mengalami penurunan penjualan. Masyarakat lebih memilih untuk membeli sepeda kayuh dibandingkan dengan sepeda motor karena lebih sesuai dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Sepeda dinilai bisa menghilangkan rasa bosan di rumah dan juga bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, biaya perawatan sepeda kayuh lebih hemat dan murah jika dibandingkan dengan biaya perawatan sepeda motor. Tak hanya itu, nilai jual kembali sepeda kayuh juga saat ini sangat stabil apabila kita bandingkan dengan nilai jual kembali sepeda motor yang selalu turun di setiap tahunnya.

Namun kalau menurut prediksi dari saya yang cuma wong bodho ini, kemungkinan trend bersepeda ini beberapa bulan ke depan akan mulai turun lagi. Setelah sebagian besar masyarakat sudah mempunyai sepeda dan mengikuti trend bersepeda. Maka lama kelamaan mereka akan bosan untuk melakukan aktivitas ini karena monoton. Hanya mereka yang memang hobi dan sadar akan kesehatan yang tetap akan bertahan untuk terus bersepeda. Entah benar atau salah ini hanya merupakan opini pribadi saya saja.

Nah, mungkin itu saja sedikit opini pribadi mengenai latah bersepeda yang sedang trend belakangan ini, apakah hanya sekedar ikut-ikutan atau memang hobi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Penyebab Garansi Motor Hangus

About Budi Motorupdate 1323 Articles
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

1 Komentar

Silakan Berkomentar