Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy

Komparasi Lengkap Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy, Pilih Mana?

Diposting pada

Motorupdate.net – Pada senin 17 Januari 2022 kemarin, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja merilis produk terbarunya di jajaran kategori Classy Yamaha. Yups, Yamaha merilis motor skutik classy yaitu Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected. Apabila melihat desainnya, skutik terbaru yamaha ini berdesain retro modern yang berkelas. Apabila kita komparasi atau perbandingan dengan kompetitor, motor yang cocok dikomparasi dengan Yamaha Fazzio ini adalah dengan Honda Scoopy. Lantas seperti apa perbedaan dari kedua skutik tersebut mulai dari desain, spesifikasi baik mesin maupun keseluruhan, fitur serta harga yang dibanderol oleh keduanya. Berikut ulasan lengkapnya.

Komparasi Lengkap Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy, Pilih Mana?

Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy

Desain Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy

Sebenarnya mengenai desain bisa berbeda-beda di tiap orang karena soal desain ini merupakan selera dari pribadi masing-masing. Namun kita akan coba jelaskan mengenai perbedaan desain kedua skutik tersebut.

Kita mulai dari desain Yamaha Fazzio terlebih dahulu. Secara desain Fazzio memiliki desain yang mirip-mirip dengan skutik khas Eropa. Desain lampu depannya berada di area stang dengan bentuk membulat seperti Vespa. Lampu sein depan berbentuk seperti kapsul dengan letaknya di depan tebeng. Untuk desainnya, motor ini terbilang cukup ramping dengan lekukan yang mengkotak. Kemudian di bagian belakang juga memiliki desain mengkotak dengan desain lampu stop lamp dan sein belakang seperti kapsul memanjang vertikal.

Kemudian beralih ke Honda Scoopy. Skutik ini memiliki desain yang cukup membulat di setiap bagian-bagiannya. Untuk headlamp depan memiliki desain membulat dan besar dan terletak di area tebeng depan. Kemudian juga untuk lampu sein depan juga berada di tebeng depan dengan desain mirip ulekan. Untuk bodinya terlihat lebih besar dan membulat dan memiliki konsep desain berbentuk huruf S. Sementara itu di bagian belakang juga membulat dengan stop lamp membulat dan juga lampu sein belakang dengan bentuk juga seperti ulekan.

Spesifikasi Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy

Beralih ke bagian spesifikasi, kita mulai dulu dari Yamaha Fazzio. Untuk mesinnya, motor ini menggunakan mesin 125 cc dengan teknologi Blue Core 4 tak SOHC berpendingin udara. Memiliki bore x stroke 52,4 x 57,9 mm. Mesin tersebut memiliki power maksimal 6,2 kW pada putaran 6.500 rpm dan torsi maksimal di angka 10,6 Nm pada putaran 4.500 rpm. Sesuai dengan namanya Fazzio Hybrid Connected, selain menggunakan mesin konvensional, motor ini juga dilengkapi dengan  Electric Power Assist Start yang membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Yamaha Fazzio memiliki tinggi jok 750 mm, kemudian kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 5,1 liter. Untuk bagian kaki-kaki, motor ini menggunakan ban depan berukuran 110/70-12 inchi sementara ban belakang juga berukuran 110/70-12 inchi.

Kemudian untuk Honda Scoopy, motor ini menggunakan mesin 110 cc dengan teknologi eSP 4 tak SOHC berpendingin udara. Memiliki bore x stroke 47,0 mm x 63,1 mm. Mesin tersebut memiliki power maksimal 6,6 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi maksimal di angka 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Honda Scoopy memiliki tinggi jok 746 mm, kemudian kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 4,2 liter. Untuk bagian kaki-kaki, motor ini menggunakan ban depan berukuran 100/90-12 inchi sementara ban belakang juga berukuran 100/90-12 inchi.

Fitur Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy

Fitur Yamaha Fazzio

  • Lampu depan led sementara lampu belakang bohlam
  • Speedometer sudah full digital
  • Dilengkapi dengan fitur smartkey system, answer back system, one push start, serta start stop system.
  • Dilengkapi dengan electric power socket.
  • Dilengkapi fitur Y-Connect sehingga dapat terhubung dengan smartphone
  • Dilengkapi dengan hazard lamp
  • Bagasi luas 17,5 liter
  • Smart Lock
  • Menggunakan ban tubeless

Fitur Honda Scoopy

  • Lampu depan led sementara lampu belakang bohlam
  • Speedometer perpaduan digital dan analog
  • Dilengkapi dengan fitur smartkey system, answer back system, serta idling stop system.
  • Dilengkapi dengan USB power charger
  • Pengereman menggunakan CBS
  • Bagasi 15,4 liter
  • Menggunakan ban tubeless

Varian & Warna Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy

Yamaha Fazzio memiliki dua varian yaitu Neo dan juga Lux. Untuk varian Neo memiliki 4 pilihan warna yaitu biru, merah, krem, dan hitam glossy. Sementara untuk varian Lux hanya memiliki 2 pilihan warna yaitu silver dan hitam doff.

Kemudian untuk Honda Scoopy memiliki 4 varian yaitu sporty, prestige, stylish, dan fashion. Untuk varian prestige terdapat 2 pilihan warna yaitu putih dan hitam doff yang sudah dilengkapi dengan smart key. Kemudian untuk varian Stylish terdapat 2 pilihan warna yaitu brown dan juga red doff yang juga sudah dilengkapi dengan smart key. Lalu untuk varian fashion memiliki 2 pilihan warna yaitu hitam dan biru. Kemudian untuk varian sporty memiliki dua pilihan warna yaitu

Harga Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy

Untuk harga berikut perbandingannya.

  • Yamaha Fazzio Lux dibanderol Rp 22.000.000,- untuk OTR DKI Jakarta
  • Yamaha Fazzio Neo dibanderol Rp 21.700.000,- untuk OTR DKI Jakarta
  • Honda Scoopy Fashion dibanderol Rp 20.475.000,- untuk OTR DKI Jakarta
  • Honda Scoopy Sporty dibanderol Rp 20.475.000,- untuk OTR DKI Jakarta
  • Honda Scoopy Prestige dibanderol Rp 21.275.000,- untuk OTR DKI Jakarta
  • Honda Scoopy Stylish dibanderol Rp 21.275.000,- untuk OTR DKI Jakarta

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Komparasi Yamaha Fazzio dengan Honda Scoopy baik dari segi desain, spesifikasi, fitur, varian dan warna, serta banderol harga. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.