Membeli Obligasi

Kenali Waktu yang Tepat untuk Membeli Obligasi

Diposting pada

motorupdate.net – minat masyarakat modern terhadap investasi saat ini mulai menunjukkan banyak perkembangan. Namun beberapa investor individu atau perseorangan seringkali kebingungan mencari jenis investasi yang tepat dan sesuai. Obligasi bisa dijadikan rekomendasi yang bisa dipilih. Cara membeli obligasi juga cukup mudah bisa Anda mengetahui tahap-tahapannya.

Namun pembelian obligasi ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena harganya dipengaruhi dengan kenaikan suku bunga. Jika suku bunga naik, maka harga obligasi akan turun. Oleh karena itu untuk mendapatkan keuntungan dari investasi obligasi, tidak hanya mengenal cara beli obligasi saja. Waktu yang tepat juga harus menjadi perhatian penting.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Obligasi?

Ketika akan merencanakan pembelian saham. Anda sejatinya tidak perlu terlalu khawatir dengan waktu yang sesuai untuk membelinya. Namun yang harus menjadi perhatian yaitu berapa lama Anda merencanakan perencanaan penyimpanan uang di pasar saham. Lama waktu inilah yang akan menentukan tingkat pengembalian dan juga tingkat risiko.

Jika Anda akan berinvestasi dalam jangka waktu yang pendek, maka opsi penawaran pengembalian dari obligasi akan lebih kecil. Walaupun hasilnya relatif lebih sedikit, namun keuntungan yang didapat yaitu risiko inflasi hinga 3,7% pertahun bisa Anda hindari. Selain itu waktu pembelian investasi ini juga bisa ditentukan sesuai dengan jangka waktu Anda membutuhkan uang.

Membeli Obligasi

Jika hasil investasi dibutuhkan dalam waktu yang singkat seperti 3 tahun ke depan, maka jenis investasi obligasi individual bisa menjadi pilihannya. Selain itu kenaikan BI rate juga bisa dijadikan sebagai salah satu momen yang tepat untuk mulai berinvestasi. Jadi ketika bunga rate mendapatkan kenaikan saat itulah harga investasi turun.

Ketika membeli investasi obligasi di saat yang tepat, maka investor juga akan mendapatkan keuntungan yang berlipat. Anda juga memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan capital gain di tahun berikutnya. Oleh karena itu sebelum membeli obligasi, Anda harus mahir dalam membaca grafik fluktuasi pasar.

Investasi memang mendatangkan banyak sekali keuntungan. Proses pembeliannya juga sudah tidak perlu repot lagi. Selain obligasi, Anda juga dapat menjajal reksadana. Cara kerja reksadana tergolong simple. Untuk membeli reksadana online terbaik, maka Anda bisa melakukannya di website https://id.tanamduit.com/ untuk mendapatkan kemudahan dan juga kenyamanan transaksi.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Silakan Berkomentar