Kelebihan Petal Disc Brake dibandingkan Rem Cakram Biasa

1
kelebihan petal disc brake

MotorUpdate.net – Rem merupakan komponen yang sangat vital pada motor untuk menghentikan laju motor itu sendiri. Di motor-motor lama, kita masih menemukan penggunaan rem tromol, namun sekarang ini pada motor-motor keluaran terbaru sudah banyak yang menggunakan rem cakram terutama di bagian depan. Nah, rem cakram sendiri ada dua jenis atau tipe yaitu rem cakram biasa yang berbentuk bulat penuh, dan juga rem cakram bergelombang yang biasa disebut sebagai petal disc brake. Banyak yang menyebutkan bahwa petal disc memiliki beberapa kelebihan apabila dibandingkan cakram biasa yang berbentuk bulat penuh. Dan berikut ini beberapa kelebihan petal disc brake dibandingkan dengan rem cakram biasa.

Kelebihan Petal Disc Brake dibandingkan Rem Cakram Biasa

Secara look, memang kedua jenis cakram ini terlihat berbeda, jika cakram biasa memiliki bentuk bulat penuh, sementara untuk petal disc pada bagian luarnya bergelombang. Tidak hanya secara look atau tampilan tetapi secara fungsi dan hal lainnya petal disc lebih baik dibandingkan dengan cakram biasa. Dan saat ini banyak pabrikan motor di Indonesia yang mulai mengaplikasikan penggunaan petal disc pada motor keluaran terbaru mereka.

kelebihan petal disc brake

  1. Dari segi bobot, piringan cakram model petal disc memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan cakram biasa dengan ukuran diameter yang sama. Hal ini karena pada petal disc ada bagian yang dipangkas untuk terlihat bergelombang.
  2. Yang selanjutnya adalah dari segi penampilan, model rem petal disc terlihat lebih modern dan lebih enak dipandang apabila dibandingkan dengan model cakram biasa.
  3. Kemudian secara fungsi, petal disc mampu untuk menarik udara lebih banyak untuk masuk ke bagian dalam kaliper piston rem. Dengan adanya udara yang lebih banyak di dalam kaliper piston rem otomatis dapat membantu pendinginan yang lebih cepat pada permukaan cakram.

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai beberapa kelebihan petal disc brake apabila dibandingkan dengan disc brake (rem cakram biasa). Beberapa motor walaupun sudah menggunakan pengereman petal disc brake juga dilengkapi dengan pengereman sistem ABS (Antilock Brake System) untuk memaksimalkan pengereman. Biasanya pengereman yang sudah dilengkapi dengan ABS ini kita temukan pada motor-motor kelas premium atau pun pada motor dengan kubikasi yang besar.

Baca juga: Aki Masih Waras, tapi Electric Starter Mati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

1 KOMENTAR

Silakan Berkomentar