Jangan Salah, Begini Rasanya Yamaha Fazzio Hybrid untuk Harian?

Diposting pada

Motorupdate.net – Di bulan April 2022 lalu saya mendapat pinjaman unit motor matik baru dari Yamaha DDS Semarang yaitu Yamaha Fazzio Hybrid-Connected 125. Tujuan dari peminjaman unit motor ini adalah supaya motor ini direview atau diulas secara lebih mendalam dan digunakan selama beberapa hari. Dan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit merangkum ulasan atau review saya ketika mencoba menggunakan Yamaha Fazzio Hybrid ini untuk harian.

Jangan Salah, Begini Rasanya Yamaha Fazzio Hybrid untuk Harian?

Motor ini pertama kali diperkenalkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada 17 Januari 2022. Mengejutkan karena motor ini dibekali dengan power assist yang mempunyai fungsi untuk memberikan tenaga tambahan ke mesin melalui bantuan dari Smart Motor Generator (SMG). Selain itu, motor ini dibekali dengan beragam fitur yang fungsional dan berkelas serta modern. Salah satunya adalah hadirnya fitur Yamaha Motorcycle Connect yang berfungsi menghubungkan motor dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect.

Sebelum saya menuliskan ulasan saya, perlu diketahui bahwa hasil ulasan di orang yang lain tentu akan berbeda dikarenakan ada beberapa faktor dan juga masalah selera pribadi masing-masing. Dan tulisan saya ini nantinya semoga dapat dijadikan referensi ataupun perbandingan dengan yang diulas oleh media lain. Saya sendiri memiliki tinggi badan 175 cm serta berat badan ketika mencoba motor ini diangka 65 kg.

Desain

Seperti yang kita tahu bahwa masalah desain motor untuk tiap-tiap orang pasti memiliki pendapat yang berbeda. Beberapa teman saya ketika melihat desain atau bentuk dari Yamaha Fazzio Hybrid ini ada yang bilang keren, ada juga yang bilang wagu (gak cocok/gak pantes), unik, dan masih banyak lagi pendapatnya.

Sementara menurut saya sendiri, motor ini terlihat unik karena memiliki garis desain yang belum ada di motor-motor sebelumnya. Hampir di semua bagian memiliki bentuk garis desain yang sama yaitu berbentuk persegi panjang dengan bagian ujung-ujung yang melengkung (round corner) secara vertikal seperti pada lampu sein, cover dashboard, lampu belakang, dan lainnya. Selain itu ada yang posisinya horizontal yang terletak di bagian bodi samping kanan dan kiri.

Ketika berkendara dengan motor ini, pasti banyak pengendara lain yang melirik melihat bentuk motor ini karena terlihat unik dan belum pernah ada desain motor seperti Yamaha Fazzio Hybrid-Connected ini. Alhasil kita akan menjadi pusat perhatian banyak orang ketika berkendara di jalan raya menggunakan motor ini dikarenakan memang populasinya masih belum banyak seperti motor-motor yang lain.

Mesin

Untuk mesinnya, dengan dibekali mesin 125 cc berteknologi bluecore menurut saya sudah cukup nyaman dan puas ketika digunakan berkendara di jalanan perkotaan. Ketika saya gunakan stop & go di lampu merah pun, motor ini memiliki tenaga yang responsif dan dapat melaju gesit di awal tarikan gas. Bahkan bisa mengimbangi motor-motor matik dengan kubikasi yang lebih besar. Hal ini kemungkinan juga berkat peran fitur motor assist yang ditanamkan di motor ini.

Fitur

Seperti yang kita tahu bahwa motor ini memiliki segudang fitur yang banyak membantu pengendara ketika menggunakan motor ini. Dan menurut saya memang fitur-fitur yang disediakan tersebut benar-benar sangat memudahkan dan membantu kita ketika berkendara.

Kita mulai dari depan dulu ya, yaitu lampu depannya yang sudah LED. Di malam hari lampu ini sangat berguna sekali untuk penerangan saat berkendara di jalan raya. Pasalnya lampu LED pada Yamaha Fazzio Hybrid ini terbilang cukup terang saat digunakan di malam hari. Namun menurut saya ada satu kekurangan dari lampu depan ini karena menurut saya posisinya terlalu tegak ke depan sehingga bisa membuat pengendara yang berlawanan arah dengan kita bisa menjadi silau.

Kemudian beralih ke bagian panel speedometer yang sudah full digital. Beberapa tampilan yang paling sering saya manfaatkan saat berkendara dengan motor ini adalah indikator kecepatan sehingga kita bisa tahu sedang dalam kecepatan berapa km/jam nya. Selain itu juga ada jam digital yang tentu saja sangat memudahkan kita untuk mengetahui saat ini pukul berapa tanpa harus melihat jam tangan atau smartphone.

Selanjutnya adalah ruang penyimpanan terbuka dan juga tertutup yang ada di bagian samping kiri dan kanan. Di sebelah kiri ada tempat penyimpanan yang kemarin saya manfaatkan untuk menaruh botol air mineral kecil, kemudian di sebelah kiri ada tempat penyimpanan tertutup yang sekaligus juga bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone atau perangkat lain menggunakan lighter, dan kemarin hanya saya manfaatkan untuk menaruh smartphone.

Fitur yang sangat bermanfaat lagi adalah adanya Smart Key System (keyless) yang dapat memudahkan kita dalam menghidupkan dan mematikan motor tanpa menggunakan anak kunci. Ini sangat bermanfaat sekali bagi saya karena hanya tinggal mengantongi remote yang ada kemudian kita bisa menghidupkan dan mematikan motor serta mengunci dan membuka jok dengan tombol knop yang ada.

Kemudian adanya gantungan barang ganda dengan sistem pengunci model karabiner sangat memudahkan dalam membawa banyak barang dan juga praktis serta tidak takut barang yang dibawa akan jatuh. Bagasinya dapat saya manfaatkan untuk membawa jas hujan atau mantol serta barang-barang lain seperti sandal/sepatu, atau juga helm half face.

Pengalaman Berkendara

Yang pertama yaitu posisi berkendara, dengan tinggi 175 cm kaki saya masih bisa menapak namun tidak sempurna dikarenakan memang motor ini memiliki jok yang cukup lebar sehingga bagian kaki lebih mengangkang. Untuk jok, posisi pan*at bisa duduk dengan nyaman dan lebih ke belakang, joknya tersebut juga terbilang sangat empuk sehingga walupun digunakan jarak jauh tidak ada rasa pegal sama sekali.

Saat berkendara, kaki pun masih bisa bergerak bebas menyesuaikan dengan posisi ternyaman kaki. Posisi tangan saat memegang stang pun juga sangat pas dan nyaman serta rileks sehingga walaupun untuk jarak jauh masih nyaman.

Oh iya, untuk pengereman dari motor ini terbilang cukup pakem khas Yamaha. Ketika kemarin motor ini saya gunakan untuk menanjak dan turun di pegunungan bagian pengereman sangat bisa diandalkan. Handling dari motor ini pun juga cukup enak dan nyaman, dibuat selap selip di kemacetan masih bisa dikendalikan.

Satu hal yang membuat saya tidak nyaman dengan motor ini adalah pada bagian suspensi standarnya yang ternyata cukup keras saat saya gunakan sendiri di jalanan yang tidak rata. Badan terasa bergetar semua ketika melewati jalanan yang tidak rata, namun mungkin akan lain halnya kita digunakan berboncengan getaran tersebut tidak terlalu besar. Sebenarnya suspensinya ini jika digunakan di jalanan aspal yang rata benar-benar sangat nyaman, hanya saja kalau sudah menemui jalanan yang tidak rata badan akan terasa bergetar semua. Solusinya mungkin bisa mengaplikasikan suspensi aftermarket yang lebih empuk.

Itu saja mungkin sedikit informasi yang bisa saya bagikan kali ini mengenai kesan saya setelah mencoba melihat langsung dan menjajal motor Yamaha Fazzio Hybrid Connected dari YIMM ini.

 

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.