Ini Penyebab Garansi Motor Hangus

Servis gratis di event Blue Core Yamaha Moroe Show (BYMS).

MotorUpdate.net – Ketika seseorang membeli sepeda motor baru, maka konsumen akan mendapatkan beberapa fasilitas tambahan lainnya. Salah satu fasilitas tambahan tersebut adalah garansi. Biasanya pihak produsen motor memberikan garansi terhadap mesin, kelistrikan, dan rangka dalam hitungan atau jangka waktu yang telah ditentukan. Namun garansi terhadap komponen motor tersebut dapat hangus dikarenakan beberapa hal. Dan berikut ini beberapa hal penyebab garansi motor hangus atau tidak dapat lagi diklaimkan ke pihak dealer.

Ini Penyebab Garansi Motor Hangus

Buku Servis atau Buku Garansi Hilang

Ketika membeli motor baru, setiap pabrikan atau dealer resmi pastinya akan memberikan buku panduan serta buku servis/garansi. Dalam buku tersebut terdapat petunjuk mengenai pengenalan komponen-komponen motor, petunjuk pengoperasian, dan panduan perawatan berkala.

Nah, ketika akan melakukan perawatan berkala ke bengkel resmi, tentunya buku servis atau buku garansi tersebut harus dibawa oleh pemilik sebagai bukti klaim untuk mendapatkan garansi dari dealer resmi. Namun apabila buku ini hilang atau rusak maka bengkel resmi tidak akan mau untuk memberikan garansi terhadap klaim kerusakan atau fasilitas yang diberikan selama garansi.

Tidak dilakukan perawatan berkala di bengkel resmi

Penyebab yang kedua klaim garansi hangus adalah ketika pemilik tidak melakukan perawatan berkala secara rutin di bengkel resmi yang telah ditunjuk. Oleh karenanya, pemilik disarankan untuk membaca dengan teliti buku petunjuk serta buku servis agar selalu melakukan perawatan berkala di bengkel resmi agar klaim garansi dan dilakukan.

servis motor klaim garansi motor hangus
Servis gratis di event Blue Core Yamaha Moroe Show (BYMS).

Kerusakan Akibat Perawatan diluar Bengkel Resmi dan Kerusakan Akibat Pemakaian Harian

Penyebab yang ketiga adalah apabila pemilik melakukan perawatan di bengkel yang bukan resmi dan kemudian terjadi kerusakan pada motornya. Kemudian pemilik melakukan klaim garansi ke bengkel resmi, maka klaim tersebut akan ditolak. Hal ini karena bengkel resmi tidak mau bertanggung jawab terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh mekanik bengkel non resmi.

Oleh karenanya, disarankan supaya pemilik melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Apabila nantinya terjadi kerusakan pada motornya maka pemilik dapat melakukan klaim garansi. Hal ini karena bengkel resmi telah menjamin mekanik-mekaniknya dengan pelatihan yang telah teruji.

Selain klaim garansi hangus akibat perawatan di luar bengkel resmi, klaim garansi juga dapat hangus apabila kerusakan disebabkan oleh pemakaian harian yang tidak sesuai dengan petunjuk atau pedoman dalam buku panduan. Sebagai contoh garansi dapat hangus akibat motor terjatuh, tabrakan, ataupun digunakan untuk balapan.

Modifikasi pada Sistem Kelistrikan

Penyebab hangusnya klaim garansi selanjutnya adalah akibat adanya modifikasi pada sistem kelistrikan motor. Sebagai contoh adalah modifikasi ketika akan menambahkan alarm atau pengaman tambahan serta lampu tambahan yang tidak sesuai dengan standar pabrikan.

Lewat Masa Garansi

Yang terakhir adalah lewat masa garansi. Biasanya setiap pabrikan memberikan jangka waktu tertentu terhadap klaim garansi baik untuk mesin, sasis, maupun kelistrikan. Apabila telah lewat masa atau jangka waktu garansi maka pemilik sudah tidak dapat melakukan klaim garansi lagi.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai beberapa penyebab klaim garansi motor hangus. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Agar Helm Tidak Bau Apek Setelah Kehujanan

About Budi Motorupdate 1308 Articles
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

2 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Latah Bersepeda, Sekedar Ikut Trend atau Memang Hobi? | MOTORUPDATE

Silakan Berkomentar