Suzuki Saluto 125 Taiwan 2

Ini Detail Suzuki Saluto 125, Skutik Keren dari Taiwan

Diposting pada

motorupdate.net – ada yang menarik dalam gelaran World New Car Show 2020 yang berlangsung di Nangang Exhibition Hall Taipei, Taiwan. Pameran ini berlangsung mulai dari 26 Desember 2019 kemarin hingga 1 Januari 2020 nanti. Di sana Suzuki Taiwan memamerkan motor skutik bergaya retro italia yang diberi nama Suzuki Saluto 125. Motor ini memiliki desain mirip skutik-skutik Italia seperti Vespa dan Lambretta. Walaupun memiliki desain yang retro, namun ternyata motor ini memiliki banyak fitur modern yang disematkan. Dan berikut ini ulasan lengkap mengenai Suzuki Saluto 125.

Ini Detail Suzuki Saluto 125, Skutik Keren dari Taiwan

Menurut informasi, mesin dari motor ini mengadopsi mesin yang dipakai oleh Suzuki Swish 125. Banyak yang tidak menyangka bahwa Suzuki mampu menghadirkan motor skutik neo retro yang sekeren ini. Namun sayangnya sampai saat ini belum ada tanda-tanda bahwa Suzuki Indonesia akan membawa motor ini ke Indonesia. Kembali lagi mengenai Suzuki Saluto 125 Taiwan ini, desainnya nampak tak ada cela di setiap sisi walaupun menyerupai Vespa. Namun tak ada yang salah selama masih ATM (Amati Tiru Modifikasi).

Suzuki Saluto 125 Taiwan 2

Mari kita bahas desainnya satu per-satu, dimulai dari bagian depan, headlampnya memiliki bentuk oval dengan dua cluster untuk lampu jauh dan lampu dekat. Headlampnya tersebut dipercantik dengan list chrome pada bagian luarnya mengelilingi headlamp tersebut. Kemudian agak turun yaitu bagian depan terdapat dasi seperti pada Vespa namun dengan model yang berbeda. Lalu di kanan dan kirinya terdapat lampu sein dan DRL yang menyatu dengan desain memanjang. Oh iya, untuk pencahayaannya, baik headlamp, stoplamp, sein, dan DRL semuanya sudah menggunakan LED. Keren juga ya.

Suzuki Saluto 125 Taiwan 3

Kemudian beralih ke bagian spedometernya, berbentuk kotak dengan baigan tepi rounded yang isinya terdapat indikator digital dan juga analog. Sama seperti pada headlamp, pada bagian spedometer ini bagian luarnya dibalut dengan list chrome yang menambah kesan mewah. Untuk bagian saklar pada kemudi/stang masih standar sama seperti pada mootor-motor lainnya.

Lalu beralih turun lagi pada bagian dashboard, di sebelah kiri kita akan menemukan tutup tangki bahan bakar seperti pada Yamaha Freego. Lalu di sebelah kanannya ternyata terdapat ruang untuk knop keyless karena memang motor ini sudah menggunakan smart key (tanpa anak kunci). Lalu ada UBS port yang menyatu dengan konsol knob keyless tersebut untuk mengisi daya perangkat smartphone. Terdapat pula laci terbuka untuk menyimpan barang-barang kecil dan juga gantungan yang bisa digunakan membawa barang.

Baca juga: Kymco Like 150i Skuter Alternatif selain Vespa Primavera

Pada deknya, motor ini menganut model dek rata dengan garis-garis horizontal ke depan belakang. Untuk joknya menggunakan jok yang terlihat tebal dengan finishing warna cokelat dan juga list jahitan berwarna putih. Untuk behel belakang mengelilingi jok di bagian belakang dengan finishing chrome yang terlihat cukup kokoh. Bagasinya pun juga terlihat memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan barang-barang.

Kemudian beralih ke bagian suspensi, kaki-kaki, dan pengereman. Untuk suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik sementara untuk suspensi belakang menggunakan suspensi ganda. Kemudian untuk kaki-kakinya, menggunakan velg dengan ukuran 12 inchi dan dibalut dengan profil ban bertapak lebar.

Suzuki Saluto 125 Taiwan 7

Suzuki Saluto 125 menggunakan basis mesin Suzuki Swish 125 seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. Mesinnya memiliki kubikasi 124 cc yang dibekali dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Perfomance). Mesin ini mampu menghasilakn tenaga hingga 9,4 PS pada putaran 7.000 rpm. Sementara untuk torsinya, mesin ini mampu menghasilkan torsi maksimal 10 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Suzuki Salut0 125 dengan desain yang keren dan juga fitur yang cukup komplit dan modern. Semoga bermanfaat.

baca juga:

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

5 komentar

Silakan Berkomentar