Aprilia Shiver 900 2

Imbas BBN Naik Jadi 12,5 %, Harga Motor juga Bakal Ikut Naik

Diposting pada

Imbas BBN Naik Jadi 12,5 %, Harga Motor juga Bakal Ikut Naik

motorupdate.net – mulai 11 Desember kemarin, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan tarif bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) yang baru. BBN-KB yang sebelumnya diterapkan 10%, kini naik menjadi 12,5%. Naiknya BBN-KB ini tentunya akan memberikan dampak pada harga on the road kendaraan bermotor. Harga on the road kendaraan bermotor tentu akan mengalami kenaikan menyesuaikan dengan nilai kenaikan BBN-KB tersebut.

Imbas BBN Naik Jadi 12,5 %, Harga Motor juga Bakal Ikut Naik

Pertimbangan dari kenaikan ini adalah pada tarif lama yang belum dapat untuk mengendalikan laju pertumbuhan kendaraan bermotor. Ujungnya adalah timbulnya kemacetan lalu lintas di Jakarta. Ketentuan baru BBN-KB ini telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) 6/2019 tentang Perubahan Perda Nomor 9 Tahun 2010 tentang BBN-KB. Dengan aturan terbaru dari Pemprov DKI Jakarta ini, secara tidak langsung pembeli kendaraan baru yang menggunakan KTP DKI Jakarta akan membayar lebih mahal dibandingkan sebelum aturan ini berlaku.

Aprilia Shiver 900 2

“Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengenaan tarif BBN-KB terhadap dampak kemacetan lalu lintas, maka Pemprov DKI Jakarta memandang perlu melakukan penyesuaian tarif BBN-KB yang lebih proposional dengan tujuan diantaranya adalah mengatasi kemacetan lalu lintas dengan tidak mematikan sektor industri otomotif dan memanfaatkan hasil penerimaan BBN-KB untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta moda dan sarana transportasi umum,” tulis keterangan dalam Perda Nomor 6 Tahun 2019.

Sementara untuk kenaikan tarif BBN-KB sendiri tertuang dalam perubahan Ketentuan ayat (1) Pasal 7, yang menjadi :

(1) Tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ditetapkan masing-masing sebagai berikut :

a. Penyerahan pertama sebesar 12,5 persen (dua belas koma lima persen) : dan

b. Penyerahan kedua dan seterusnya sebesar 1 persen (satu persen).

Nah, akhir kata konsumen yang ingin membeli motor atau mobil baru setelah peraturan ini ditetapkan tentunya harus bersiap-siap karena harga motor atau mobil mengalami kenaikan. Ada beberapa produk yang sudah menerapkan aturan ini, dan ada juga yang kemungkinan baru akan memberlakukan peraturan ini di tahun 2020 nanti. Semoga bermanfaat.

baca juga:

8 komentar.

Silakan Berkomentar