Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports Dibanderol Mulai 559,9 Juta

Diposting pada

MotorUpdate.net – bersamaan dengan rilis Honda Rebel 500 2020, PT Astra Honda Motor (AHM) juga merilis big bike lainnya bergenre adventure. Yups, AHM memperkenalkan generasi terbaru dari Honda Africa Twin yang diberi nama Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports. Motor ini merupakan model terbaru bagi para penggemar motor adventure tourer sejati yang menyuguhkan kenyamanan, power, dan juga fitur yang modern. Jika pada generasi sebelumnya motor ini berkubikasi 999,11cc maka pada generasi terbaru ini mengalami peningkatan dengan kubikasi 1.084 cc. Yang menarik adalah walaupun kubikasi naik, namun bobot dari motor ini malah lebih ringan sebesar 5 kg dibandingkan sebelumnya.

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports Dibanderol Mulai 559,9 Juta

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir dengan mesin baru yang lebih bertenaga dan dibekali dengan berbagai fitur canggih. Mesin baru ini berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 75 kW @7500 rpm dan torsi puncak 105 Nm @6000 rpm. Karakter dari mesin ini memiliki tenaga yang kuat di semua putaran mesin. Motor ini tersedia dalam dua varian yaitu manual transmission 6 speed dan juga DCT (Dual Clutch Transmission) yang semi otomatis.

Rilis Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports 1

Selain mesin yang berubah, pada bagian rangka juga turut berubah. Rangkanya menggunakan rangka semi-double-cradle dengan material baja yang lebih ramping sehingga bobot menjadi lebih ringan. Secara desain motor ini masih mirip dengan generasi sebelumnya, namun tentu saja ada beberapa bagian yang berubah. bentuk jok dan tangki sekarang ini menjadi lebih ramping dibandingkan sebelumnya. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 24,8 liter. Di bagian depan windshield atau windscreen cukup besar dan tinggi memiliki lima tingkat ketinggian yang dapat diatur.

Ketangguhan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports semakin diperkuat dengan fitur yang lengkap dan canggih di kelasnya. Dan berikut ini beberapa fitur canggih yang ada di motor tersebut.

  • Sensor Inertial Measurement Unit (IMU) berfungsi mendeteksi posisi motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU dan ABS.
  • Dilengkapi 4 riding mode dan 2 riding mode tambahan. Pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan jalanan yang dihadapi yaitu mode tour, urban, gravel dan off-road. Untuk 2 riding mode tambahan merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.
  • Dilengkapi fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC).
  • Full digital panel meter layar sentuh TFT 6,5 inch menampilkan informasi yang lengkap. Indikator yang ditampilkan seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.
  • Layar tersebut juga didukung Apple Car Play dan koneksi bluetooth. Tersematnya fitur cruise control pada model ini turut memberikan rasa nyaman bagi pengendara saat menikmati perjalanan.

Baca juga: Harga Terbaru Big Bike Honda 2020

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

Pada tipe DCT terdapat 2 mode, yaitu Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport. Ada juga ”G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road. Saat fitur ”G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut. Untuk Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe DCT telah dilengkapi fitur cornering detect. Fitur ini berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

Untuk pilihan warnanya, AHM memasarkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hanya dalam satu pilihan warna yaitu Tricolor. Tricolor ini merupakan kombinasi warna merah, putih, dan biru. Kemudian untuk harganya, motor ini dipasarkan dengan banderol harga Rp 559.900.000,- untuk varian manual transmission. Sementara untuk tipe DCT dibanderol dengan harga Rp 599.900.000,-.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sport yang baru saja dirilis oleh AHM. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Silakan Berkomentar