Honda Beat FC50, Motor Matik JDM 2 Tak Honda di Tahun 1983

0
Honda Beat FC50
Honda Beat FC50, motor matik 2 tak JDM Honda era tahun 1980an

MotorUpdate.net – di Indonesia, motor matik dari AHM yaitu Honda BeAT pertama kali dirilis pada tahun 2008. Motor matik ini sukses merebut pasar di tanah air dan mencatatkan penjualan yang fantastis serta diekspor ke berbagai negara tetangga. Namun jauh sebelum Honda BeAT lahir di Indonesia ternyata di Jepang sudah ada motor matik yang memiliki nama yang sama dengan kode produksi FC50. Honda Beat FC50 ini merupakan motor yang lahir di tahun 1983 dan hanya dipasarkan khusus di negara Jepang atau biasa dikenal dengan istilah JDM (Japanese Domestic Market).

Honda Beat FC50, Motor Matik JDM 2 Tak Honda di Tahun 1983

Desain

Secara desain, motor ini cukup unik karena pada bagian depan kita akan menemukan moncong yang mengarah ke depan dan cukup lebar seperti moncong mobil. Pada bagian depan moncong tersebut terdapat dua headlamp yang terpisah di bagian kiri dan kanan berbentuk kotak. Kemudian di antara kedua headlamp tersebut terdapat grill atau kisi-kisi udara layaknya pada bagian bemper mobil.

Di atas headlamp terdapat visor dengan finishing smoke yang cukup lebar dan menempel pula lampu sein di bagian kanan dan kirinya. Bagian kaki-kakinya sudah menggunakan velg racing dengan tapak yang cukup lebar. Namun walaupun di bagian depan bodinya cukup besar dan lebar, ternyata di bagian belakang terkesan ramping dan nampaknya hanya cocok untuk berkendara sendirian.

Joknya menganut model jok single seater serta memiliki dek pijakan kaki yang tidak rata alias njendul di bagian tengah. Kemudian juga tidak adanya footstep untuk boncenger yang kemungkinan memang motor ini hanya untuk dinaiki satu orang saja. Lampu belakangnya pun cukup mungil dan terdapat braket besi untuk menempatkan barang di atas lampu belakang. Knalpotnya pun memiliki model seperti yang sama seperti model knalpot motor 2 tak sejenis.

Honda Beat FC50
Honda Beat FC50, motor matik 2 tak JDM Honda era tahun 1980an

Lalu beralih ke dashboardnya, motor ini dilengkapi dengan panel indikator berbentuk segi enam yang didalamnya terdapat beragam indikator dengan bentuk membulat. Ada indikator tachometer dan spedometer dengan bulatan yang besar. Kemudian ada indikator bahan bakar dan indikator oli mesin dengan bulatan yang lebih kecil. Lalu di bagian atasnya ada indikator seperti suhu mesin, lampu sein, dan lampu jauh.

Spesifikasi Mesin

Sesuai dengan namanya, motor matik 2 tak ini mempunyai mesin dengan kapasitas 50cc atau lebih tepatnya yaitu diangka 49cc. Mesinnya tersebut masih menganut sistem pembakaran dua langkah (stroke) namun sudah menggunakan pendingin cairan radiator (liquid cooled). Walaupun hanya berkubikasi 49cc saja, namun mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal diangka 7,2 PS pada putaran 7.000 rpm. Power tersebut disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi CVT.

Menurut klaim Honda, motor ini mampu digeber hingga putaran mesin 11.000 rpm dan mampu mencatatkan kecepatan maksimal hingga 60 km/jam. Selain itu, mesi FC50 ini juga dibekali dengan teknologi V-TACS (Variable Torques Amplification Chamber System). Ini merupakan teknologi yang dirancang oleh Honda untuk dapat meningkatkan torsi mesin.

Untuk menjalankan fitur ini (V-TACS) ternyata cukup mudah yaitu hanya dengan menginjak pedal pada dek sebelah kiri. Setelah pedal diinjak, maka tenaga dari motor akan meningkat saat mencapai putaran 5.500 rpm.

Untuk pilihan warnanya terdapat 3 pilihan warna yaitu merah, hitam, dan juga putih. Unik juga ya motor matik Honda era tahun 80an ini. Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Honda FC50 dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Nostalgia Suzuki Tornado GS dan GX Series

Silakan Berkomentar