Honda Astrea Prima, Motor Bebek 4 Tak Idaman Sampai Saat ini

1
Honda Astrea Prima

MotorUpdate.net – mendengar nama Astrea Prima tentu kita akan langsung teringat terhadap motor bebek yang pernah populer di era tahun 90-an. Motor ini terkenal dengan desainnya yang stylish, irit bahan bakar, kencang, perawatan yang mudah, spare part terjangkau dan tentu saja harga jualnya yang tinggi. Bahkan hingga sekarang ini, Honda Astrea Prima sedang naik daun karena banyak peminatnya sehingga membuat harganya terdongkrak naik. Motor ini merupakan penerus dari generasi Astrea 700, Astrea 800, dan juga Astrea Star.

Honda Astrea Prima, Motor Bebek 4 Tak Idaman Sampai Saat ini

Motor bebek jadul ini pertama kali diperkenalkan di sekitar tahun 1988 yang didatangkan secara CBU oleh Federal Motor dari Jepang. Kemudian di generasi selanjutnya, motor ini part-partnya didatangkan dari Jepang (CKD) dan kemudian dirakit di Indonesia oleh Federal Motor.

Maka tidak heran apabila motor ini memiliki kualitas atau build quality yang sangat bagus karena diproduksi oleh Honda Jepang. Sebagai buktinya bahwa hingga saat ini walaupun sudah 30 tahun lebih berlalu namun motor ini masih segar bugar dan mudah dalam perawatannya. Mesin masih tetap awet, serta bodi dan juga rangkanya.

Yang membedakan antara generasi pertama yang CBU dengan yang sudah dirakit di Indonesia (CKD) adalah pada bagian starternya. Untuk yang CBU masih menggunakan starter engkol, sementara untuk yang versi CKD sudah menggunakan electric starter.

Honda Astrea Prima

Honda Astrea Prima merupakan produk motor bebek yang memang diproduksi untuk pasar di Asia Tenggara. Maka tak heran bila di negara-negara tetangga kita juga mempunyai motor dengan model yang serupa dengan Astrea Prima namun berbeda nama. Namun yang sangat disayangkan adalah produksi motor ini hanya bisa bertahan hanya sampai tahun 1992 atau sekitar 4 tahun saja mulai dari pertama kali didatangkan ke Indonesia.

Spesifikasi Mesin

Kemudian berbicara mengenai mesinnya, motor bebek ini menggendong mesin berkapasitas 97 cc OHC 4 tak 1 silinder berpendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 8,9 PS pada putaran 8.000 rpm. Sementara untuk torsinya mampu menghasilkan torsi maksimal hingga 9,3 Nm pada putaran 6.000 rpm. Penyaluran tenaga mesin ke rodanya menggunakan gearbox dengan transmisi manual 4 percepatan dengan perpindahan gigi sistem rotary.

Selain terkenal dengan mesin yang bandel dan irit, motor ini juga terkenal dengan keunggulan lain seperti electric starter, suspensi depan teleskopik dan juga adanya rak besi untuk menaruh barang yang letaknya di bagian depan.

Masih Rem Tromol

Namun sayangnya untuk bagian pengereman motor ini masih menggunakan tromol baik di bagian depan dan belakang. Velgnya pun juga masih menggunakan velg jari-jari yang memiliki finishing chrome. Astrea Prima ini juga memiliki model knalpot yang khas yaitu dengan bentuk memanjang horizontal dengan bagian ujung yang terlihat meruncing.

Sekarang ini, motor bebek dari Honda ini masih banyak peminatnya, hal ini tentu saja dikarenakan build qualitynya yang bagus, mesinnya yang bandel serta irit, dan lainnya.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Honda Astrea Prima yang merupakan motor bebek populer dari pertama kali rilis hingga sekarang ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Motor Honda Pertama yang Dirakit di Indonesia, Honda S90Z

1 KOMENTAR

Silakan Berkomentar