Honda Win 100
Harga Bekas Honda Win 100 semakin melambung tinggi, apa yang membuatnya spesial?

Harga Bekas Honda Win 100 Makin Tinggi, Apa Sih yang Spesial

Diposting pada

MotorUpdate.net – Honda Win 100 merupakan motor yang mendapatkan stigma sebagai motor pemerintahan. Hal ini karena motor ini banyak digunakan sebagai motor dinas seperti kepala desa dan instansi lainnya di era tahun 80 sampai 90-an. Motor ini juga terbilang unik karena merupakan motor laki (batangan) namun menggunakan mesin dengan konfigurasi horisontal (mesin tidur) seperti pada mesin motor bebek. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dengan nama Honda Win saja dan dirancang sepenuhnya oleh orang asli Indonesia. Motor ini terakhir diproduksi pada tahun 2005. Beberapa tahun terakhir ini, nama Honda Win 100 kembali menggema dan populer karena motor ini banyak dicari oleh para pecinta motor jadul dan juga collector item. Bahkan harga bekas Honda Win 100 saat ini bisa dibilang tidak masuk akal yang mencapai belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Lantas sebenarnya apa sih yang membuat motor ini spesial sehingga harga bekasnya semakin tinggi? Berikut ulasan lengkapnya.

Harga Bekas Honda Win 100 Makin Tinggi, Apa Sih yang Spesial

Ada beberapa faktor atau hal yang spesial yang dimiliki oleh Honda Win 100 sehingga belakangan ini harga second dari motor ini melambung tinggi. Namun sebelum membahas mengenai hal tersebut ada baiknya kita mengenal lebih dalam mengenai spesifikasi dari motor ini.

Spesifikasi Honda Win 100

Secara desain, motor ini memang tidak sebagus motor-motor batangan yang lainnya. Desainnya mengkotak dan terlihat datar serta cukup ramping dan kecil. Dengan desain yang ramping dan kecil ini memberikan keuntungan pada bobot motor yang cukup ringan yaitu hanya sekitar 83 kg saja. Kapasitas tangki bahan bakarnya pun juga cukup kecil untuk ukuran motor batangan yang hanya menampung 8 liter saja.

Kemudian untuk desain jok atau tempat duduknya dibuat rata dengan tangki bahan bakar. Dengan posisi jok motor yang rata tersebut akan membuat feel posisi berkendara lebih tinggi dan lebih nyaman yang dipadukan dengan posisi stang yang tinggi. Untuk lampu depannya menggunakan desain mengkotak yang tentunya lampu masih menggunakan bohlam. Untuk spakbor depan dan belakang menggunakan material besi yang disepuh dengan finishing chrome.

Untuk suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik dengan travel yang cukup panjang. Kemudian di belakang dibekali dengan suspensi ganda yang juga memiliki alur per yang cukup lebar sehingga feel saat mengendarai motor ini lebih nyaman. Untuk velgnya menggunakan velg jari-jari baik di bagian depan dan belakang dengan ukuran ring 18 inchi. Pengereman baik di bagian depan dan belakang masih menggunakan rem tromol.

Kemudian beralih ke spesifikasi mesinnya menggunakan mesin tidur dengan kubikasi 97,2 cc 4 tak berpendingin udara dengan diameter langka 50 x 49,5 mm. Untuk power maksimalnya mampu menghasilkan tenaga hingga 10,8 HP pada putaran 8.000 rpm. Sistem pengapiannya menggunakan CDI dan untuk sistem bahan bakarnya menggunakan karburator. Untuk tipe koplingnya menggunakan kopling manual dengan sistem transmisi 4 kecepatan.

Yang Spesial dari Honda Win 100

Honda Win 100
Harga Bekas Honda Win 100 semakin melambung tinggi, apa yang membuatnya spesial?

Ada beberapa faktor yang membuat motor ini belakangan menjadi banyak incaran kolektor. Dan berikut ini adalah faktor-faktor yang membuat motor ini spesial.

  • Asli dirancang sepenuhnya oleh orang Indonesia.
  • Unik, motor batangan dengan mesin tidur.
  • Ringan dan lincah serta mesinnya bandel.
  • Irit bahan bakar.
  • Kesan motor jadul/klasiknya masih ada.
  • Mudah ketika akan dimodifikasi menjadi motor trail atau aliran modifikasi lainnya.
  • Biaya pajak tahunan murah.
  • Populasinya semakin sedikit.

Harga Bekas Honda Win 100

Bisa dibilang sekarang harga bekas motor ini mengalahkan harga bekas motor batangan lainnya yang memiliki umur lebih muda. Jika beberapa tahun yang lalu motor bekas Honda Win hanya dijual 2-4 jutaan saja itupun sangat sulit terjual, sekarang ini harga bekas motor ini bisa mencapai belasan juta rupiah tergantung pada kondisi motor dan juga tingkat orisinil part-partnya.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Harga bekas Honda Win 100 yang semakin melambung tinggi karena beberapa faktor di atas. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Restorasi Yamaha Alfa IIR Seharga New NMAX

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Silakan Berkomentar