Google Resmi Rilis Android P, Disebut dengan Nama Android 9 Pie

Diposting pada

motorupdate.net – beberapa hari lalu Google secara resmi telah merilis Android P yang disebut dengan nama Android 9 Pie. Sebelumnya banyak yang menerka-nerka tentang kepanjangan dari Android P dan akhirnya terjawab sudah bahwa Google memberi nama Pie. Android P merupakan pengembangan dari sistem operasi android sebelumnya yaitu Android Oreo 8.1. Dan perangkat yang beruntung mendapatkan update pertama dari Android 9 Pie ini adalah Google Pixel.

Google Resmi Rilis Android P, Disebut dengan Nama Android 9 Pie

Pada Android 9 Pie ini terdapat beberapa update dan juga terdapat fitur-fitur baru yang berpusat pada machine learning. Dengan adanya fitur-fitur baru ini tentu saja membuat smartphone lebih pintar dari yang menggunakan sistem operasi android vesi sebelumnya.

Adaptive Battery dan Adaptive Brightness

Fitur pertama yang terdapat pada Android 9 Pie ini adalah adanya fitur Adaptive Battery. Adaptive Battery ini akan menyeleksi beberapa aplikasi yang jarang digunakan untuk dimatikan di belakang layar. Hal ini berfungsi untuk lebih menghemat daya tahan dan kapasitas baterai.

Fitur lainnya adalah Adaptive Brightness yang memiliki fungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Secara otomatis terang gelapnya tampilan layar akan menyesuaikan di mana lokasi smartphone tersebut berada. Sehingga user atau pengguna tetap dapat dengan jelas melihat layar walaupun di manapun berada karena layar secara otomatis mengatur kecerahan.

Sistem Navigasi Baru

Pada Android 9 Pie ini juga terdapat update pada bagian tombol navigasi baru. Yang biasanya  terdapat tiga tombol pada bagian bawah, maka pada Android 9 Pie ini hanya akan ada dua tombol saja. Untuk menampilkan overview cukup dengan mengusap ke atas maka kita akan dapat melihat ke dalam aplikasi yang dipilih dan dapat berpindah ke aplikasi yang lainnya.

Bentuk Ikon Notifikasi Baru

Untuk ikon notifikasi di Android 9 Pie ini memiliki desain membulat dan juga pengguna dapat melihat preview notifikasi pesan yang masuk. Pengguna dapat langsung membalas melalui notifikasi tersebut tanpa harus membuka aplikasinya.

Fitur lainnya yang unik adalah adanya fitur Windown yang akan mengubah layar menjadi abu-abu jika sudah terlalu lama digunakan pada malam hari saat akan tidur. Hal ini untuk menjaga kesehatan pengguna agar tidak terlalu lama bermain-main dengan smartphone yang mereka miliki.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai Google yang baru saja merilis Android P yang memiliki kepanjangan dan panggulan yaitu Android 9 Pie. Semoga bermanfaat.

baca juga:

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Silakan Berkomentar