Fun Touring ke Telomoyo Blog Vlog Jateng 4

Fun Touring ke Puncak Telomoyo, Jalannya Rusak Parah ….

Diposting pada

MotorUpdate.net – Kali ini saya akan berbagi cerita mengenai kegiatan fun touring di hari Minggu kemarin bersama teman-teman blog vlog Jateng ke Puncak Telomoyo. Fun touring kali ini diikuti oleh dua rombongan berbeda. Rombongan dari Solo yaitu satuaspal.com, robydriver,com, dan saya sendiri. Sementara untuk rombongan Semarang yaitu cxrider.com, rpmsuper.com, otomaniaid.com, dan yudibatang.com. Selain itu PIC Blogger dari HC3 Astra Motor Semarang, yaitu Mas Danang juga turut serta dalam fun touring kali ini. Lantas seperti apa cerita keseruan fun touring ke Puncak Telomoyo bersama dengan teman-teman blogger Jateng? Berikut cerita lengkapnya.

Di malam hari sebelumnya (Sabtu) kita semua sudah berkumpul di Wisma Tamu UKSW Salatiga yang juga sekaligus sebagai titik kumpul dan keberangkatan fun touring kali ini. Untuk unit yang kami gunakan ada 6 unit motor. 2 Unit pinjaman dari Dealer Timbul Jaya Motor Boyolali, 4 unit pinjaman dari Astra Motor Semarang, dan 1 unit lagi milik pribadi satuaspal.com. Dalam fun touring kali ini saya menggunakan Honda ADV 150 dan memboncengkan mbah Yudibatang.com di belakang. Jika ditotal, bobot kami berdua mencapai sekitar 150 kg. Sebelum berangkat, tentu saja memakai safety gear dulu seperti jaket, helm, sepatu, dan sarung tangan untuk #cari_aman di perjalanan. 😀

Fun Touring ke Telomoyo Blog Vlog Jateng 4

Start dari Kota Salatiga kita disuguhi dengan jalanan aspal yang mulus dan datar. Setelah itu memasuki daerah Kopeng, jalanan mulai menanjak dan beliuk-liuk, sehingga harus tetap konsentrasi di tikungan yang tajam. Saya memilih berada di urutan paling belakang karena memboncengkan mbah Yudibatang dengan riding santai. Mbah Yudibatang ini tipikal pembonceng yang banyak bicara dan suka menyanyi. Di beberapa kesempatan, beliau ini mengambil hp dari saku kemudian menyanyi dan merekamnya saat membonceng. Selain itu, beliau ini juga sering mengingatkan saya ketika jalanan menurun, tikungan tajam, dan saat menyalip kendaraan di depan.

“Sabar Mas Budi, Gak Usah Buru-buru #Cari_AMAN Tertinggal Gak Papa, Utamakan Keselamatan.”

Sebenarnya ada dua tujuan untuk fun touring kali ini, yang pertama ke Ketep Pass dan yang kedua ke Puncak Telomoyo. Hanya saja, karena waktu yang terbatas akhirnya tujuan yang pertama (Ketep Pass) pun di skip dan hanya ke Puncak Telomoyo saja. Sekitar pukul 10.00 WIB kita sampai di loket masuk untuk membayar tiket. Untuk masuk ke kawasan Gunung Telomoyo ini, per orang dikenakan biaya 10 ribu rupiah dan dapat souvenir gantungan kunci. Nah, untuk menuju ke puncak Telomoyo, masih harus menempuh perjalanan kurang lebih 5 kilometer lagi dari loket masuk ini.

Baca juga: Gathering dan Workshop Blog Vlog Jateng Akhir Tahun 2018

Jika tidak ingin capek sampai puncak, bisa menyewa jeep yang disediakan lengkap dengan sopirnya. Namun jika ingin menggunakan motor harus siap-siap dengan medan yang ekstrem. Baru beberapa meter dari loket masuk, kita sudah disuguhkan dengan jalanan aspal yang rusak dan menanjak. Saya memilih berkendara di paling belakang, dikarenakan saya belum mengetahui medan yang di depan dan saya memboncengkan penumpang. Sempat beberapa kali saya tertinggal jauh dengan barisan teman-teman.

Di sepertiga perjalanan pertama, kita akan melihat air terjun kecil yang mengalir airnya di pinggir jalan. Selain itu di sisi jalan sebelahnya terdapat jurang yang cukup dalam. Jalanan semakin ekstrim karena aspalnya rusak parah, sehingga harus memilih jalur yang tepat untuk dilalui. Belum sampai setengah perjalanan, saya melihat rpmsuper.com berhenti di pinggir jalan, sementara teman-teman yang lainnya sudah tidak terlihat. Setelah saya berhenti dan menanyakan kondisi, ternyata CRF250 Rally yang dipakainya over heat.

Setelah dirasa mesin dingin, kami kemudian melanjutkan perjalanan, namun malah saya yang ditinggal dan si Mblo Riski ini langsung tancap gas. Baru beberapa menit jalan, ternyata teman-teman yang lain sudah berhenti di sebuah warung kopi pinggir jalan. Kita ngopi dan ngemil di warung ini kemudian melanjutkan perjalanan. Mulai dari sini, satuaspal membonceng robydriver karena sayang dengan motornya (takut kenapa-napa). Baru beberapa menit riding, kita nemu spot yang pas buat foto-foto dan akhirnya berhenti di sini untuk ambil beberapa foto dan video bersama.

Lanjut perjalanan lagi dan kita sudah menemukan jalanan aspal yang sangat mulus, namun dengan banyak tikungan tajam dan jalanan menanjak. Akhirnya kita sampai di Puncak Gunung Telomoyo, disini ternyata hanya ada lahan untuk pemancar komunikasi (tower operator seluler). Sayangnya saat kami sampai di sini kabut menyelimuti sehingga kami tidak mendapatkan pemandangan yang indah dari atas sini. Alhasil kita hanya foto-foto sebentar dan kemudian turun lagi.

Baca juga: Touring Blog Vlog Jateng ke Telaga Sarangan Jawa Timur

Sampai di bawah kemudian kita istirahat dan sholat Zuhur di Masjid dekat loket masuk. Setelah itu melanjutkan perjalanan turun untuk hunting duren. Namun di tengah perjalanan kita mampir terlebih dahulu di warung makan untuk makan siang. Nama warungnya yaitu Kedai Lemprak Sarangan dengan alamat di Jln.Kalipancur KM 01 Tolokan Kec. Getasan, Kab.Semarang. Baru saja duduk, hujan sudah mulai mengguyur tempat ini. Menunya cukup banyak mulai dari lele, ayam, puyuh, bebek, dan lainnya. Ada juga makanan khas yang ternyata sangat enak untuk dicicipi di warung ini yaitu Nasi Jagung Goreng.

Fun Touring ke Telomoyo Blog Vlog Jateng 3

Kemudian setelah makan, kita lanjut riding untuk berburu durian, jaraknya cukup dekat dengan warung makan tempat kita berhenti sebelumnya. Tiga buah durian dibelah dan dinikmati bersama-sama di tengah hujan yang masih mengguyur. Satu per satu durian di lahap dan akhirnya tinggal menyisakan kulit dan isinya. Namun ada satu teman kita yaitu Mblo Riski yang tidak suka durian, akhirnya hanya bisa melihat saja tanpa mencicipi. Setelah habis kemudian kita melanjutkan perjalanan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Nah, itu tadi sedikit cerita perjalanan fun touring kita bersama teman-teman blog vlog jateng yang disupport oleh Astra Motor Semarang, terima kasih atas supportnya. Terima kasih juga buat dealer Timbul Jaya Motor Boyolali yang telah meminjamkan unit ADV 150 pada saya untuk touring kali ini. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin