Xiaomi QiCycle 4

E-Bike Xiaomi QiCycle, Bisa Dilipat Harga Terjangkau

Diposting pada

E-Bike Xiaomi QiCycle, Bisa Dilipat Harga Terjangkau

motorupdate.net – Xiaomi tidak hanya terkenal sebagai produsen smartphone. Berbagai perangkat pintar juga telah dibuat oleh pabrikan yang berpusat di Tiongkok ini. Salah satu produk dari Xiaomi adalah dalam membuat sepeda lipat listrik dengan bentuk yang simpel namun memiliki harga yang cukup terjangkau.

Yups, produk tersebut adalah Xiaomi QiCycle yang dulu pada tahun 2016 pernah dirilis dengan rangka frame berbahan serat karbon. Namun di 2019 ini, Xiami memperbarui sepeda lipat listrik ini dengan rangka bermaterial aluminium sehingga lebih hemat dalam cost produksi.

E-Bike Xiaomi QiCycle, Bisa Dilipat Harga Terjangkau

Sepeda lipat listrik berbentuk simpel ini memang cocok untuk dijadikan sebagai transportasi komuter bagi kaum urban. Bannya berukuran 20 inchi dengan velg jari-jari berwarna hitam yang terdapat list warna putih pada velgnya. Beratnya hanya sekitar 14,5 kg saja sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam bagasi mobil atau untuk dibawa.

Xiaomi QiCycle 4

Kabel-kabel dan baterai tersembunyi di dalam frame aluminiumnya, sehingga tampilan e-bike ini tampak simpel dan rapi dari luar. Pada bagian penerangan pun juga demikian, lampu depan terletak pada bagian ujung depan frame lipat sementara lampu belakang dan rem tertanam pada seat tube.

Kemudian untuk panel instrumennya, terpasang pada stem depan dengan tampilan digital. Displaynya pun juga sudah light-sensitive yaitu akan otomatis kecerahannya bergantung dengan intensitas cahaya di lingkungan sekitarnya.

Xiaomi QiCycle 4

Sementara itu untuk baterainya terselip di dalam rangka lipatnya dengan kapasitas 36 volt 5,2 Ah. Baterai ini dapat untuk digunakan berkomuter menempuh jarak hingga sekitar 40 km dengan kecepatan maksimal 20 km/jam. kemudian untuk motor listrik penggeraknya, sepeda lipat listrik Xiaomi ini dibekali dengan motor penggerak 250 watt yang memiliki resistensi magnetic. Torsi yang mampu dihasilkan oleh motor penggerak tersebut yaitu sebesar 7,3 Nm. Bisa menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan dilengkapi dengan motor controller (MC).

MC ini berfungsi untuk menentukan berapa banyak output daya listrik yang dibutuhkan dan meningkatkan kinerja sepeda ini. Kemudian sepeda lipat listrik ini juga dilengkapi dengan Battery Management System. Fitur ini memungkinkan untuk koordinasi yang akurat antara sel baterai untuk memenuhi output serta memberikan perlindungan pemakaian.

Xiaomi QiCycle 1

Tidak hanya mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya, sepeda lipat ini juga dapat dikayuh manual oleh pengguna. Dilengkapi dengan Shimano Nexus 3-Speed Hub memberikan kemudahan pengguna dalam mengayuh ketika baterai habis. Pengaturan gigi sangat mudah dan sesuai dengan kebutuhan dalam bersepeda, sehingga pengguna dapat mengayuh dengan nyaman tanpa perlu peduli medan perjalanan yang dilewati.

Harga

Untuk harganya, e-bike Xiaomi QiCycle ini dijual dengan harga 6,3 juta rupiah, cukup terjangkau untuk ukuran sepeda lipat listrik di Indonesia. Sementara ada juga di marketplace yang menjual sepeda ini tanpa baterai dengan dijual di kisaran harga 5 juta rupiah.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai e-bike Xiaomi QiCycle ini. Semoga bermanfaat.

baca juga:

Silakan Berkomentar