Cukup Mudah, Ternyata begini Cara Merawat Rem ABS di Motor

MotorUpdate.net – Teknologi pengereman ABS pada motor saat ini sudah semakin berkembang. Tidak hanya digunakan pada motor dengan kubikasi besar saja, pada motor dengan kubikasi kecil pun sekarang ini sudah banyak yang menerapkan sistem pengereman ini. Fitur ABS (Anti-lock Braking System) sejatinya berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan (ban tida selip) saat mengerem mendadak di jalanan licin atau saat motor sedang ngebut. Tentunya fitur ABS ini merupakan fitur keselamatan yang sangat penting di motor. Karena fungsinya yang penting tersebut maka rem ABS harus selalu dalam kondisi prima. Lantas bagaimana cara untuk merawat rem ABS supaya kondisinya selau dapat bekerja dengan baik? Berikut ulasan lengkapnya.

Cukup Mudah, Ternyata begini Cara Merawat Rem ABS

Sebenarnya, perawatan rem ABS sangat mudah dan tidak rumit, serta tidak membutuhkan perawatan khusus yang harus dilakukan. Hal ini karena dalam kondisi pemakaian normal serta tanpa adanya modifikasi pada bagian kaki-kaki rem ABS jarang mengalami masalah. Yang paling penting adalah kita waijb untuk memperhatikan kebersihan disc brake dan speed sensornya. Hal ini dikarenakan apabila terdapa kotoran atau debu yang menempel pada kedua komponen tersebut maka akan dapa mengganggu kinerja rem ABS.

Oleh karenanya kita perlu secara rutin memeriksa kebersihan dari kedua komponen tersebut. Namun bagi yang memang tida ada waktu untuk membersihkan kedua komponen itu, bisa dilakukan saat melakukan servis berkala sepeda motor tersebut. Biasanya ada beberapa standar pengecekan di bengkel resmi untuk motor yang sudah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS ini.

Beberapa standar pengecekan tersebut bervariasi mulai dari pengecekan fungsi ABS menggunakan komputer, melakukan penggantian minyak rem secara berkala. Serta melakukan pengecekan pada bagian komponen speed sensor dan rotornya. Biasanya mekanik bengkel resmi juga akan mengecek dan membersihkan apabila ada kotoran maupun debu yang menempel pada bagian disc brake dan speed sensor tersebut.

Nah, itu mungkin beberapa cara mudah untuk merawat rem ABS di motor yang dapat kita lakukan sendiri atau bisa juga meminta bantuan mekanik bengkel resmi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Membersihkan Karat di Knalpot dengan Mudah dan Murah

About Budi Motorupdate 1323 Articles
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin