Crossfire 125 XS, Minibike Pesaing Honda Monkey

1
Crossfire 125 XS Brixton Motorcycles
Crossfire 125 XS Brixton Motorcycles

MotorUpdate.net – Mendengar nama di atas, tentu kita sangat asing dengan nama tersebut karena memang bukan merupakan motor Jepang. Crossfire 125 XS merupakan salah satu motor berkubikasi kecil yang diproduksi oleh Brixton Motorcycles. Secara brand, Brixton Motorcycles merupakan perusahaan dibawah naungan KSR Group Austria. Seperti yang kita tahu bahwa KSR Group merupakan perusahaan otomotif besar di Austria yang juga menaungi merek-merek ternama seperti Lambretta dan Malaguti. Lantas seperti apa sih wujud dan bentuk serta spesifikasi Crossfire 125 XS yang bisa dibilang minibike pesaing Honda Monkey 125? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Crossfire 125 XS, Minibike Pesaing Honda Monkey

Jika kita menelisik ke website resminya, Brixton Motorcycle tidak hanya memproduksi Crossfire 125 XS, namun juga motor-motor dengan kubikasi lebih besar (250cc & 500cc) lainnya yang kebanyakan bergaya retro scrambler dan flat tracker. Crossfire 125 XS sendiri merupakan versi paling mungil dari Crossfire 500 dan Crossfire 500X. Walaupun merupakan produk dari brand KSR Group di Eropa, namun menurut media Cina Newmotor, produk-produk dari Brixton Motorcycle kebanyakan diproduksi di Cina. Itulah mengapa harga dari motor ini lebih murah jika dibandingkan dengan motor Jepang.

Desain

Balik lagi ke crossfire 125 XS, secara desain motor ini memang mirip-mirip dengan Honda Monkey. Di bagian depan kita akan menemukan headlamp berbentuk bulat yang sudah dilengkapi dengan lampu LED. Kemudian headlamp tersebut dibalut dengan cover bergaya retro berbentuk kotak mirip seperti motor modifikasi.

Kemudian untuk suspensi depan sama dengan Honda Monkey yang juga sudah menggunakan suspensi upside down. Untuk model spakbor depannya menggantung mirip seperti spakbor motor-motor trail. Untuk pengereman baik di bagian depan dan belakang sudah menggunakan cakram di kedua ban dan ditambah fitur CBS. Sayangnya pengeremannya belum mengaplikasikan teknologi ABS seperti pada Honda Monkey.

Crossfire 125 XS Brixton Motorcycles
Crossfire 125 XS Brixton Motorcycles

Kemudian untuk indikatornya juga terlihat klasik dengan perpaduan antara indikator analog dan juga digital. Beralih ke bagian tangki tampak tangki yang cukup besar untuk ukuran minibike. Joknya minimalis tidak terlalu lebar yang mungkin hanya muat untuk dipakai duduk satu orang. Model knalpotnya mirip seperti knalpot motor trail yaitu dengan posisi naik lebih ke atas.

Untuk bannya menggunakan ban yang mungil seperti pada Honda Monkey namun memiliki tapak yang cukup lebar. Kemudian di lampu belakang juga sudah menggunakan LED. Untuk beratnya, motor ini memiliki berat 111 kg atau 4 kg lebih berat dari Honda Monkey. Kemudian untuk tinggi joknya lebih rendah jika dibandingkan Honda Monkey. Crossfire 125 XS memiliki tinggi jok 760 mm sementara untuk Honda Monkey 776 mm.

Spesifikasi

Kemudian beralih ke spesifikasi mesinnya, motor ini menggunakan mesin berkubikasi 124,8 cc 1 silinder 4 langkah berpendingin udara. Sementara untuk power maksimalnya, motor ini memiliki power maksimal 8,3 kW/11,1HP pada putaran 9.000 rpm. Tenaganya lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Monkey yang hanya 9,2 HP saja pada putaran 7.000 rpm. Untuk top speednya, motor ini diklaim mampu mencatatkan top speed 95 km/jam.

Untuk harganya, motor ini kabarnya bakal dijual di kisaran harga 30 juta rupiah namun tentu saja diprioritaskan untuk pasar Eropa terlebih dahulu. Untuk ketersediaannya, motor ini sudah mulai tersedia di bulan Juli ini.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Crossfire 125 XS dari Brixton Motorcycles yang merupakan minibike pesaing Honda Monkey. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Honda Monkey Edisi Dragon Ball

 

1 KOMENTAR

Silakan Berkomentar