Fungsi Cover Disc Brake pada Motor Trail

Diposting pada

motorupdate.net – di beberapa motor trail sering kali kita mendapati sebuah cover disc brake terutama pada motor trail KTM. Namun tahukah kalian apa fungsi cover penutup disc brake pada motor trail yang biasanya dipasang pada roda depan ini? Fungsi dari cover disc brake tersebut tidak lain adalah untuk melindungi piringan cakram maupun komponen-komponen di dalam cakram itu sendiri dari kotoran atau debu.

Fungsi Cover Disc Brake pada Motor Trail

Mengendarai motor trail di medan offroad tentu saja merupakan kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. Namun tentu saja karena digunakan di medan offroad pastinya akan banyak debu maupun lumpur yang mudah menempel pada bodi motor. Tak terkecuali pada disc brake yang merupakan komponen utama dalam pengereman.

Cover Disc Brake Motor Trail

Dan fungsi cover disc brake pada motor trail adalah untuk melindungi piringan cakram sekaligus komponen di dalamnya dari kotoran maupun debu. Karena jika kotoran atau debu tersebut tidak segera dibersihkan dari maka bisa mengakibatkan cakram rusak atau tidak bekerja maksimal.

Di beberapa produsen motor trail sebenarnya sudah menyediakan part ini pada motor trail yang mereka jual. Namun untuk motor trail di Indonesia, kebanyakan belum menyediakan cover disc brake ini dalam paket penjualan. Tentunya dengan adanya pelindung disc brake ini dapat memperingan kita dalam membersihkan motor setelah digunakan menerjang medan offroad.

Cover Disc Brake Aftermarket

Dan di pasaran sekarang ini sudah banyak dijual pelindung disc brake mulai yang harga 100 ribuan hingga lebih dari 500 ribua. Tergantung dari kualitas bahan dan merek yang dijual. Oh iya, untuk pemasangan dari pelindung disc brake ini as roda depan harus dilepas terlebih dahulu supaya cover tadi bisa diselipkan.

Cover Disc Brake Motor Trail

Nah, itu tadi sedikit informasi dan solusi bagaimana melindungi disc brake pada motor trail agar terlindungi dari kotoran dan debu. Dan tentu saja dengan pengaplikasian pelindung disc brake tersebut menjadikan kita tidak perlu khawatir lagi saat sedang trabas melalui medan offroad. Semoga bermanfaat.

sumber: trialgame.id

baca juga:

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Silakan Berkomentar