Cara Membersihkan Karat di Knalpot dengan Mudah dan Murah

11
cara membersihkan karat di knalpot

MotorUpdate.net – Knalpot motor sangat rentan berkarat karena letaknya yang berada di kolong serta materialnya yang kebanyakan terbuat dari besi apabila tidak rutin dibersihkan. Hal ini terjadi karena adanya oksidasi antara zat asam (hasil kotoran yang menempel dan udara) dengan besi. Biasanya bagian yang sering berkarat di knalpot adalah pada kepala (header) dan juga leher knalpot. Dan apabila knalpot yang berkarat tersebut dibiarkan terlalu lama tanpa adanya pembersihan, maka akan dapat menyebabkan korosi di bagian tersebut. Dan akhirnya adalah maka knalpot akan berlubang dan solusi yang terakhir adalah harus mengganti knalpot berkarat dengan yang baru. Lantas, bagaimana cara membersihkan karat di knalpot? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Cara Membersihkan Karat di Knalpot, Ini Pilihannya

Munculnya karat tersebut dapat dicegah apabila kita sedini mungkin selalu rutin melakukan perawatan pada knalpot. Namun apabila sudah terlanjur muncul karat, ada beberapa cara yang dapat dipilih untuk membersihkan karat di knalpot. Dan berikut beberapa cara mudah dan murah dalam membersihkan karat dan dapat kita lakukan sendiri di rumah.

cara membersihkan karat di knalpot

  • Menggunakan oli bekas

Alternatif yang pertama dalam menghilangkan karat di knalpot adalah dengan menggunakan oli bekas. Caranya adalah dengan mengoleskan secukupnya oli bekas pada bagian knalpot yang berkarat. Kemudian motor dihidupkan beberapa saat sehingga suhu knalpot akan menjadi panas. Ketika suhu di knalpot terus meningkat maka lambat laun oli bekas yang diolehkan pada bagian knalpot yang berkarat akan meleleh dan menghilangkan karat yang menempel.

  • Menggunakan Cairan Pembersih Keramik

Alternatif yang kedua adalah dengan menggunakan cairan pembersih keramik/lantai. Selain dapat membersihkan kotoran dan noda di lantai, ternyata cairan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan karat di knalpot. Untuk cara menggunakannya yaitu cukup mudah yaitu olehkan cairan tersebut pada bagian knalpot yang berkarat. Kemudian diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu siram dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap bersih. Selanjutnya knalpot akan kembali bersih. Cukup mudah dan murah bukan cara ini.

  • Menggunakan BBM Pertamax Plus dan Solar

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan bakar minyak jenis pertamax plus. Yups, selain bisa digunakan sebagai bahan bakar dengan oktan yang tinggi, pertamax plus ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan karat. Namun pertamax plus ini perlu campuran lain agar kinerja yang dihasilkan maksimal.

Caranya adalah dengan mencampur pertamax plus ini dengan bahan bakar solar atau juga bisa dengan minyak tanah. Perbandingan pertamax plus:solar adalah 1:2 dengan cara dicampur kemudian dioleskan pada bagian yang berkarat. Setelah itu diamkan selama beberapa waktu dan selanjutnya sikat secara perlahan. Hasil akhirnya knalpot akan kembali bersih dan karat akan hilang.

  • Menggunakan Pasta Gigi

Alternatif yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Namun pasta gigi ini bisa membersihkan karat dengan catatan bahwa knalpot yang berkarat tersebut harus terlapisi dengan krom. Apabila hanya besi saja maka pasta gigi tidak akan dapat membersihkan karat tersebut. Caranya sama seperti pada cara-cara sebelumnya yaitu dengan dioleskan pada bagian yang berkarat dan didiamkan selama beberapa waktu kemudian dibersihkan dengan lap atau sikat.

  • Menggunakan Oli Gemuk

Oli gemuk selain untuk melumasi part-part di motor ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat. Sifat oli gemuk yang lebih kental daripada oli inilah yang membuat oli gemuk dapat dengan mudah dan lebih cepat dalam membersihkan karat. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan mengolehkan gemuk tersebut ke bagian yang berkarat. Kemudian nyalakan mesin dan tunggu beberapa waktu hingga suhu knalpot menjadi panas, maka karat akan lepas dengan sendirinya.

  • Menggunakan Krim Khusus Pembersih Karat

Alternatif selanjutnya adalah dengan menggunakan krim khusus pembersih karat. Krim ini memang dibuat khusus untuk membersihkan karat sehingga sangat ampuh digunakan. Harganya pun juga bervariatif dan cukup murah untuk dibeli. Untuk cara pemakaiannya biasanya pada bungkusnya ada petunjuk penggunaannya tinggal kita ikuti langkah-langkahnya.

  • Menggunakan Soda Kue

Alternatif yang terakhir adalah dengan mengunakan soda kue dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Caranya pun juga cukup mudah sama seperti lainnya yaitu dengan dioleskan pada bagian yang berkarat. Kemudian diamkan selama beberapa waktu dan setelah itu dilap dengan kain atau sikat hingga bersih. Hasilnya karat akan luntur dan knalpot menjadi bersih kembali.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi dan juga tips bagaimana cara membersihkan karat pada knalpot dengan mudah dan murah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Supaya Helm Tidak Bau Apek setelah Kehujanan

Advertisements

11 KOMENTAR

  1. Ternyata banyak juga alternatif membersihkan karat di knalpot…tetapi motor saya pipa knalpotnya sudah kropos dan bolong…jadi harus di ganti pipa knalpotnya dehhh….

Silakan Berkomentar