Cara Membedakan Busi Asli dengan Busi Palsu

Cara Membedakan Busi Asli dengan Busi Palsu

MotorUpdate.net – Busi merupakan salah satu part yang cukup penting untuk menghidupkan mesin. Oleh karenanya, secara teratur kita harus selalu mengecek kondisi dan membersihkan busi agar tidak menyusahkan ketika sudah dibawa berkendara. Busi yang kotor bisa mengakibatkan pembakaran di ruang bakar tidak sempurna sehingga motor bisa mogok. Nah, di pasaran ini semakin banyak merek busi dan tentunya kita disarankan untuk menggunakan busi asli. Namun tentunya pasti ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat busi palsu. Tentu saja membuat busi palsu ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena harga busi asli memang cukup tinggi. Nah, lalu bagaimana cara membedakan busi asli dengan busi palsu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Cara Membedakan Busi Asli dengan Busi Palsu

Jika dilihat oleh orang yang awam, tentu saja antara busi yang asli dengan busi yang palsu sangat mirip dan sulit untuk dibedakan. Namun berikut ini ada beberapa cara atau tips untuk membedakannya supaya kita tidak tertipu saat membeli busi.

Cara Membedakan Busi Asli dengan Busi Palsu

  1. Perbedaan yang cukup dapat dilihat antara busi asli dengan busi palsu adalah pada kode di busi. Kode tersebut menunjukkan kode produksi yang artinya cuma diketahui oleh produsen pembuat. Nah kalau pada busi palsu, cetakan kode tersebut umumnya nampak tidak rapi jika dibandingkan dengan yang asli.
  2. Kemudian selanjutnya adalah pada gasket (ring) busi. Untuk yang busi asli terlihat lebih halus dan tidak mudah dilepas walau diputar mengikuti alur. Sementara itu untuk busi palsu memiliki ciri bentuk gasket yang tidak rapi sehingga terlihat bekas potongan dan mudah untuk dilepas.
  3. Selanjutnya adalah pada bagian elektroda yang fungsinya untuk memercikkan bunga api. Pada bagian ini, busi asli nampak lebih rapi dan juga presisi. Sementara itu untuk busi yang palsu biasanya penempatan elekrodanya tida pas atau kurang presisi pada jarak atau sambungannya.
  4. Pada busi ada bagian yang berwarna putih dan terbuat dari material keramik. Material keramik ini memang berfungsi sebagai isolator pada busi. Nah, jika pada busi asli, keramik ini warnanya tidak terlalu cerah, sementara pada busi palsu biasanya keramiknya terlihat tampak lebih cerah.
  5. Kemudian pada bagian ulir atau drat, jika pada busi asli terlihat lebih rapi dan halus. Sementara pada busi asli terlihat kurang begitu rapi alurnya.
  6. Terakhir adalah pada plating metal shell, jika pada busi asli bagian ini menggunakan bahan baja yang kuat dan tidak mudah berkarat. Sementara untuk busi palsu pada bagian ini menggunakan bahan yang asal-asalan sehingga mudah berkarat.

Nah, itu tadi beberapa tips atau cara membedakan busi asli dengan busi palsu sehingga kita tidak tertipu saat membeli. Tips yang terakhir untuk membeli busi usahakan di bengkel resmi merek motor seperti AHASS, atau juga bisa membeli di toko yang memang sudah terkenal sebagai distributor resmi atau seller resmi busi asli. Semoga bermanfaat. Based Suzuki Tips & Trick

Baca juga: Cara Aman Menggunakan Genset di Rumah

About Budi Motorupdate 1313 Articles
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Be the first to comment

Silakan Berkomentar