Yamaha Y-Connect

Cara Koneksikan Aplikasi Y-Connect pada New NMAX

Diposting pada

MotorUpdate.net – Salah satu keunggulan Yamaha New NMAX 2020 tipe CBS/Connected adalah dibekalinya dengan fitur Y-Connect. Aplikasi Y-Connect ini adalah inovasi Yamaha yang membuat pengendara dapat terkoneksi motornya. Saat ini aplikasi Y-Connect sudah dapat diunduh di Google Play Store (Android) dan App Store (Apple). Karena fitur ini merupakan teknologi baru yang belum pernah ada di motor-motor Yamaha sebelumnya, maka tentu saja banyak yang bingung cara untuk menghubungkannya dengan motor. Sebenarnya Yamaha sendiri sudah memberikan panduan bernama Quick Start Y-Connect ketika konsumen membeli. Namun tidak ada salahnya saya menjelaskan mengenai bagaimana cara koneksikan aplikasi Y-Connect pada New NMAX.

Cara Koneksikan Aplikasi Y-Connect pada New NMAX

Sebelum kita membahas mengenai caranya, sebelumnya tentu banyak yang belum mengetahui kelebihan dari fitur Y-Connect ini. Fitur ini sebenarnya merupakan bagian dari teknologi Communication Control Unit (CCU) yang dikembangkan oleh Yamaha. Dan berikut ini beberapa keunggulan dari aplikasi ini.

Yamaha NMAX 2020 cara koneksikan aplikasi y-connect pada new nmax

  • Lokasi parkir, Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor disconnected dengan smartphone).
  • Memberikan notifikasi telepon, email, dan pesan di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone.
  • Rekomendasi perawatan, membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.
  • Konsumsi BBM, membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.
  • Notifikasi malfungsi, memberikan notifikasi melalui aplikasi Y-Connect dan email jika terjadi masalah pada motor.
  • Revs Dashboard, menampilkan data seperti sudut bukaan throttle perputaran mesin, akselerasi, berkendara yang ekonomis.

 

Yamaha Y-Connect

Dan untuk cara mengoneksikan aplikasi ini dengan motor adalah sebagai berikut.

  • Download dan instal aplikasi Y-Connect pada smartphone. Kemudian login dengan menggunakan alamat email.
  • Mengkoneksikan smartphone dengan perangkat CCU di unit motor dengan koneksi bluetooth. Terdapat tiga cara yang bisa dipilih. Yang pertama yaitu Scan QR Code pada perangkat CCU di unit motor dan lakukan koneksinya. Kedua, scan barcode nomor rangka unit motor dan lakukan koneksinya. Ketiga, masukkan nomor rangka unit motor secara manual dan lakukan koneksinya.
  • Hidupkan motor dengan memutar main switch (knob) ke posisi “ON”, lalu perangkat CCU akan mulai mencari koneksi dengan Smartphone-ID pengguna.
  • Setelah itu Smartphone-ID akan terkoneksikan di perangkat CCU dan keduanya akan saling terhubung. Ditandai dengan munculnya indikator Y-Connect dan baterai smartphone pada tampilan layar Multifunction-Meter di motor.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai cara koneksikan aplikasi Y-Connect pada New NMAX. Semoga bermanfaat.

Baca juga: NMAX jadi Motor Dinas Kepala Desa di Boyolali

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

1 komentar

Silakan Berkomentar