Cara Gampang Mengganti Oli Transmisi atau Gardan di Motor Matik

Diposting pada

Motorupdate.net – Motor matik saat ini menjadi pilihan banyak masyarakat luas dikarenakan kepraktisan dan fungsionalnya motor matik ini. Banyak jenis motor matik dari berbagai pabrikan motor di Indonesia mulai cc kecil hingga cc yang lumayan besar juga. Contohnya seperti Honda BeAT, Genio, Scoopy, Vario 125, Vario 150, PCX, ADV 150. Di Yamaha ada Yamaha Gear 125, Freego, Mio S, XRide 125, Mio M3 125, Mio Z, Fino, Soul GT, Lexi 125, Aerox 155, dan NMAX 155. Di Suzuki ada Suzuki Nex II, Address dan masih banyak lagi. Beragamnya motor matik dari beberapa pabrikan di Indonesia ini tentu saja sangat memudahkan masyarakat untuk memilih motor matik yang mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Perawatan dari motor matik juga terbilang cukup mudah. Nah salah satu cara merawat motor matik adalah dengan rutin mengganti oli transmisi atau oli gardan supaya motor tetap enak dipakai. Dan berikut ini tips cara gampang mengganti oli transmisi atau oli gardan di motor matik yang notabene hampir sama.

Cara Mengganti Oli Transmisi atau Oli Gardan di Motor Matik All Tipe

Oli transmisi atau gardan berfungsi untuk melakukan pelumasan agar kinerja part-part yang ada di dalam lebih maksimal. Apabila lama tidak diganti maka akan timbul bunyi pada bak transmisi yang disebabkan gesekan antar part-part atau gear transmisi di dalamnya sehingga dapat menyebabkan part tersebut aus. Untuk jangka waktu penggantian oli transmisi atau oli gardan disarankan setiap 5.000 km untuk mencegah resiko kerusakan part di dalam bak transmisi.

sumber: kliknss.com

Sebenarnya untuk mengganti oli transmisi atau oli gardan di motor matik sangatlah mudah, dan tidak perlu harus ke bengkel resmi atau umum untuk melakukannya. Alat-alat yang harus disediakan pun juga cukup sederhana dan dapat kita lakukan di rumah. Dan berikut ini cara ataupun langkah-langkah dalam mengganti oli gardan secara mudah yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

  1. Pilihlah tempat yang aman dan rata untuk menstandarkan motor.
  2. Pasang standar ganda untuk memudahkan dalam pengisian oli.
  3. Siapkan alat-alat seperti kunci pas untuk membuka baut pengisian dan pembuangan oli transmisi, selain itu siapkan wadah untuk menampung oli bekas.
  4. Buka baut pengisian terlebih dahulu, biasanya baut pengisian letaknya lebih tinggi jika dibandingkan baut pembuangan.
  5. Buka baut pembuangan dan jangan lupa untuk menempatkan wadah agar oli bekas tidak tercecer. Biarkan oli mengalir sampai habis, salah satu triknya adalah dengan memiringkan motor ke sebelah kiri sampai benar-benar oli di dalam transmisi tidak menetes lagi.
  6. Kalau punya kompesssor di rumah, bisa disemprot menggunakan kompresssor supaya benar-benar oli lama tidak ada yang tersisa di dalam bak transmisi.
  7. Setelah oli bekas benar-benar habis tanpa tersisa, kemudian tutup baut pembuangan secara perlahan agar tidak merusak dratnya.
  8. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan oli transmisi yang sudah dibeli, harga oli transmisi atau oli gardan untuk motor matik ini bervariasi mulai dari 10 ribu rupiah saja.
  9. Tuangkan oli baru secara perlahan melalui lubang baut pengisian, biasanya untuk motor matik konvensional hanya membutuhkan 1 botol oli transmisi, berbeda dengan motor matik berkubikasi besar.
  10. Setelah dirasa oli baru sudah masuk semua, kemudian tutup lubang baut pengisian secara perlahan dan sampai benar-benar rapat.
  11. Nah, akhirnya selesai juga dan cukup gampang bukan? Bisa diperiksa apakah terjadi kebocoran atau tidak, bila terjadi kebocoran berarti baut pembuangan kurang kencang ketika menutupnya tadi, bisa dikencangkan kembali.

Nah, itu tadi sedikit tips tentang bagaimana cara mengganti oli transmisi atau oli gardan pada motor matik. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Terima kasih.

 

Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin