Cara Baca Ukuran Ban Pada Motor Dengan Mudah

Diposting pada

MotorUpdate.net – Pergantian ban adalah salah satu perawatan yang harus kita lakukan terhadap motor. Dalam pemilihan dan ukuran ban pada motor untuk sepeda motor ini tentu saja kita tidak boleh asal pilih sembarangan.

Hal ini karena ban adalah satu-satunya komponen dari sepeda motor yang melakukan kontak langsung saat kita mengendarai sepeda motor dengan jalanan.

Ban pada sepeda motor wajib bekerja keras dari gesekan dengan aspal jalanan saat kita berkendara di jalanan. Mulai dari melakukan akselerasi, pengereman atau bermanuver tersebut harus dilakukan oleh ban sepeda motor.

Dalam melakukan aksinya ini tentu saja ban motor harus tetap menempel dengan baik di jalanan dan jangan sampai motor tergelincir karena kinerja dari ban motor yang tidak baik.

Cara Baca Ukuran Ban Pada Motor Dengan Mudah

Karena begitu pentingnya ban sepeda motor, tentu saja penggunaan ban motor tidak bisa asal. Jika kita asal pilih dalam menggunakan ban sepeda motor maka bisa-bisa nyawa kita yang menjadi taruhannya.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat ingin melakukan pergantian atau ingin membeli ban motor. Salah satu hal yang harus kita perhatikan dengan detail jika kita ingin nyaman dalam berkendara adalah memperhatikan ukuran ban pada motor.

Para pemilik kendaraan tentunya tidak boleh asal memilih ban sebab ukuran ban harus sesuai dengan ukuran standar yang motor anda gunakan. Berikut cara membaca ukuran ban motor.

Cara Membaca Ukuran Ban Pada Motor Yang Menggunakan Kode Metric

Biasanya kode metrik berada di sisi ban biasanya penulisan pada kode metrik seperti 80/90-17/M/C 44P.

Dengan memiliki arti  80 yang merupakan lebar tapak ban yang berukuran 80 mm. 90 mengartikan persentase perbandingan antara tinggi tampak ban ke bibir ban jadi persentasenya adalah 90 persen dari 80 yaitu 72mm.

17 mengartikan diameter dalam ban sekaligus ukuran velg dengan satuan inchi. M/C memiliki arti Motorcycle. 44 sebagai batas beban maksimal. Dan P merupakan kecepatan maximal ban.

Cara Membaca Ukuran Ban Pada Motor Yang Menggunakan Kode Imperial

Biasanya kode ini diperuntukkan di motor model off-road seperti contoh ban motor dengan kode 2.75- 21 45P yang berarti sebagai berikut. 2.75 merupakan ukuran tapak ban yang menggunakan satuan inchi. 21 merupakan diameter pada dalam ban. 45 menjadi kode maksimal beban yang ditanggung. P merupakan kecepatan maximal pada ban.

Apa Itu Load Index Di Ukuran Ban Motor?

Dalam ukuran ban motor ini terdapat juga istilah load index di ukuran ban motor. Apa itu Load Index pada ban motor? Load index pada ban motor merupakan kode angka pada ban yang menunjukkan beban maximum yang bisa ditanggung pada satu motor.

Jika anda adalah pengendara yang sering membawa beban berat ketika mengendarai motor, lebih baik anda pilih ban motor yang memiliki load index besar. Hal ini supaya beban besar tersebut sesuai dengan ukuran ban motor anda.

Jika sampai beban yang kita bawa ini terlalu berat tentu saja bisa membuat ban motor kita menjadi cepat aus. Bahkan bisa-bisa ban motor kita juga bisa pecah.

Apa Itu Speed Rating Ban Motor?

Merupakan kode huruf yang menerangkan tentang kecepatan maksimum pada sebuah ban.  Misal jika ban motor anda memiliki speed rating F, berarti kecepatan maksimal yang dianjurkan saat mengendarai motor dengan ban kode speed rating F adalah 80 km/jam.

Selain speed rating F, ada juga kode speed rating pada ban yang berbeda-beda. Berikut dibawah ini adalah beberapa kode dari speed rating ban.

  • J : 100 km/jam
  • L : 120 km/jam
  • M : 130 km/jam
  • P : 150 km/jam

Tips Memilih Ukuran Ban Motor Yang Cepat

Tidak mengasal saat memodifikasi motor cukup dengan ban bawaan dari pabrik saja sudah cukup karena memiliki fungsi yang sudah diperhitungkan.

Jika anda ingin mengganti ban yang pertama perlu anda lihat dari merk yang sudah terbukti kualitasnya dan ukuran yang sesuai dengan motor anda jangan sampai kebesaran atau bahkan kekecilan hal itu akan sangat mengganggu penggunaannya.

 

Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin