Belajar Sensivitas terhadap Bahaya di Jalan Bareng Main Dealer Astra Motor Semarang

Diposting pada

Motorupdate.net – Sabtu malam 20 November 2021, ada agenda kopdar online yang diselenggarakan oleh Astra Motor Semarang selaku main dealer motor Honda di Jawa Tengah dengan blog vlog otomotif Jawa Tengah. Pada kopdar online tersebut Mas Egha selaku PIC blog vlog berkolaborasi dengan Tim Safety Riding Honda Jawa Tengah yaitu Mas Fian dan juga Mas Oke untuk memberikan workshop mengenai Sensitivitas terhadap Bahaya di Jalan Raya atau juga bisa disebut dengan “Danger Prediction”. Workshop-workshop seperti ini memang sebenarnya sangat bermanfaat sekali bagi semua pengendara sepeda motor karena dengan pengetahuan tentang keselamatan di jalan raya, masyarakat menjadi tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan jangan dilakukan saat berkendara di jalan raya.

Belajar Sensivitas terhadap Bahaya di Jalan Bareng Main Dealer Astra Motor Semarang

Sebelum workshop online tersebut dimulai, terlebih dahulu ada ramah tamah dulu dari Pak Erie selaku Head HC3 Astra Motor Semarang. Setelah ramah tamah dari Pak Erie selesai, kemudian langsung dilanjutkan dengan workshop pertama dari mas Fian. Pada workshop pertama ini membahas mengenai beberapa konsep dasar tentang keselamatan di jalan raya. Oh iya selain itu di workshop ini juga disisipkan kuis yang soal dan jawabannya masih terkait dengan workshop yang disampaikan. Sayangnya saja tidak mendapatkan hadiah karena ada beberapa jawaban yang salah.

Setelah workshop pertama selesai kemudian disambung dengan workshop kedua yang mengambil materi seperti judul di atas yaitu Danger Prediction. Pada workshop kedua ini disampaikan oleh Mas Oke yang nampaknya juga memiliki selera humor yang tinggi.

Ketika kita dihadapkan pada situasi di jalan raya, setidaknya ada 4 hal yang wajib kita pahami untuk menguatkan sensitivitas atau kepekaan kita terhadap bahaya di jalan raya.

  1. Pahami situasi dan kondisi jalan
  2. Prediksi Bahaya (Bahaya langsung dan tidak langsung)
  3. Memilah bahaya
  4. Tindakan pencegahan

Suasana menjadi lebih interaktif ketika para peserta disuguhi dengan penggalan video dan juga foto untuk dianalisa oleh peserta yang ikut dalam workshop tersebut. Peserta diminta untuk memberikan prediksi mereka terkait foto yang ditampilkan. Harapannya dari workshop tersebut, peserta dapat lebih memiliki kepekaan terhadap bahaya yang mengintai di jalan disaat berkendara.

Nah, itu saja mungkin sedikit cerita tentang Saturdar yang diadakan oleh HC3 Astra Motor Jateng dan juga tim Safety Riding Astra Motor Jateng pada malam minggu kemarin. Semoga bermanfaat.

Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin