Apa Itu Relay dan Fungsinya pada Motor

0
Apa itu Relay dan Fungsinya pada Motor 1

MotorUpdate.net – Relay merupakan salah satu komponen yang ada di motor dan familiar mendengarnya di telinga kita. Namun ternyata walaupun familiar, banyak yang belum tahu mengenai apa itu relay dan apa fungsinya pada motor. Relay adalah saklar yang dioperasikan secara listrik dan merupakan komponen elektromekanikal. Relay terdiri dari dua bagian utama yaitu elekromagnet dan juga saklar itu sendiri. Di motor, kita biasa menggunakan part atau komponen ini ketika akan memodifikasi kelistrikan seperti klakson, lampu depan, dan juga lampu sein.

Apa itu Relay dan Fungsinya pada Motor 1

Apa Itu Relay dan Fungsinya pada Motor

Relay yang digunakan di motor secara umum memiliki fungsi atau tugas untuk menjaga kestabilan (mengontrol) arus atau daya listrik yang digunakan oleh kompenen kelistrikan seperti klakson dan lampu. Sederhananya mengontrol dari sumber arus yang kecil menjadi arus yang lebih besar sehingga dapat digunakan oleh komponen tersebut. Oleh karenanya, ketika kita akan memodifikasi klakson atau lampu relay menjadi komponen yang wajib untuk diikut sertakan dalam modifikasi tersebut. Hal ini supaya sumber daya motor (aki) tidak mengalami kerusakan atau cepat tekor.

Pemilihan relay untuk motor biasanya menggunakan arus yang kecil, bentuknya ringkas, dan memiliki bodi yang transparan. Hal ini untuk memudahkan saat akan melakukan pemasangan relay dan juga saat melakuan pengecekan kerusakan relay bisa diketahui dengan mudah. Relay sebenarnya merupakan komponen kelistrikan di motor yang cukup murah harganya serta mudah dalam pemasangannya karena sudah ada keterangan penyambungan di terminal-terminalnya.

Apa itu Relay dan Fungsinya pada Motor 1

Namun dalam membeli relay tentu saja diusahakan untuk memilih relay yang terkenal memiliki kualitas bagus. Hal ini supaya relay dapat berfungsi dengan baik dan lebih awet. Untuk motor, spesifikasi standar relay yang biasa dipasang adalah 12 V dan 30-4- A. Ukuran relay ini cukup ideal dan banyak ditemukan di pasaran serta bisa menjaga kinerja komponen tetap maksimal dan membuat aki lebih awet.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai apa itu relay dan fungsinya pada motor. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Merawat Aki Motor Supaya tidak Mudah Soak/Tekor

Advertisements

Silakan Berkomentar