Apa itu HSTC di Honda PCX 160 dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Diposting pada

Motorupdate.net – akhir-akhir ini kita sering mendengar kata HSTC setelah PT Astra Honda Motor merilis All New Honda PCX 160 yang terdapat fitur HSTC di motor tersebut. Sebenarnya fitur HSTC ini bukan merupakan fitur baru dalam pengembangan teknologi motor honda. Fitur ini telah banyak diaplikasikan pada motor honda yang memiliki kubikasi besar seperti pada Honda Africa Twin, Honda Forza, dan lainnya. Namun fitur ini kali pertama disematkan pada skutik berkubikasi 160cc yaitu di Honda PCX 160. Lalu sebenarnya apa itu HSTC di Honda PCX 160 dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Apa itu HSTC di Honda PCX 160 dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pengertian HSTC

Sesuai dengan namanya, Honda Selectable Torque Control (HTSC) merupakan fitur yang digunakan mengatur torsi mesin untuk stabilitas motor. Pengaturan torsi ini bermanfaat untuk menjaga traksi ban terhadap permukaan jalan. Wajar saja jika Honda menyematkan fitur ini di motor-motor mereka yang memiliki kubikasi besar. Hal ini untuk mengatur torsi besar yang keluar dari mesin tersebut agar tidak menjadi liar.

panel instrumen Honda PCX 160

Teknologi HSTC sangat bermanfaat untuk kegiatan berkendara sehari-hari. Fitur HTSC merupakan langkah pencegahan roda belakang kehilangan grip atau traksi ke jalan karena kekuatan torsi mesin yang dihasilkan oleh sebuah motor.

Pada Honda PCX 160, fitur HSTC ini bisa dihidupkan dan juga dinonaktifkan sesuai dengan keinginan pengendara. Hanya saja, dalam keadaan standar, saat mesin mati dan dinyalakan, maka secara otomatis fitur ini sudah aktif. Untuk menonaktifkannya pengendara dapat menekan tombol menu yang ada di panel instrumen.

Caranya dengan menekan tombol set pada bagian kiri di bawah meter cluster sampai keluar tulisan HSTC. Kemudian nonaktifkan dengan tombol set sebelah kanan. Jika tidak aktif, maka lambang huruf T nya akan mati.

Cara Kerja HSTC

Cara kerja HSTC dalam mengatur target torsi yang akan dikeluarkan dari mesin yaitu dengan spontan mengurangi volume bahan bakar yang dialirkan ke ruang bakar walaupun bukaan gas tetap dipertahankan oleh pengendaranya. Kondisi ini tercipta berdasarkan perintah Engine Control Modul setelah mendapat informasi jika ada perbedaan kecepatan putar roda belakang terhadap roda depan.

Alasan mengapa AHM membekali Honda PCX 160 dengan fitur ini adalah untuk menyeimbangkan powernya yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, alasannya adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen Honda PCX dalam berkendara sehari-hari.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai apa itu HSTC di Honda PCX 160 dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *