Akhirnya “Fitur” Tangki Bocor Hadir Juga di Megapro Primus Setelah 12 Tahun

Diposting pada

Motorupdate.net – Untuk mobilitas sehari-hari seperti bekerja, mengantar anak sekolah, dan lainnya saya biasa menggunakan motor pribadi megapro primus tahun 2009. Selama hampir 12 tahun menggunakan motor ini sangat jarang rewel, yang penting selalu rutin service dan ganti oli. Paling hanya ganti rantai kamprat, aki, gear set, dan ban karena memang part tersebut sudah harus waktunya ganti. Namun hal yang tak terduga terjadi, ketika pagi hari tadi saya hendak mengeluarkan motor, ada bekas bensin bercampur dengan kotoran di bawah motor. Dan ternyata “Fitur” Tangki Bocor menghampiri juga di Si Prengus Megapro Primus milik saya.

Akhirnya “Fitur” Tangki Bocor Hadir Juga di Megapro Primus Setelah 12 Tahun

Setelah saya keluarkan dari dalam rumah baru kelihatan kalau bagian tangki yang bocor ada di tangki sebelah kiri belakang, berdekatan dengan jok depan bawah. Awalnya cuma rembes ketika motor saya keluarkan pagi tadi dari dalam rumah. Setelah saya coba lap dengan kain pada bagian rembesan tadi malah bensin langsung menetes dengan intensitas yang cukup cepat. Akhirnya supaya bensin di dalam tangki tidak terbuang sia-sia, saya ambil beberapa botol bekas air mineral 1,5 literan (4 buah) untuk menampungnya.

Ada 2 opsi yang akan coba saya lakukan yang pertama akan saya coba bongkar dan benahi sendiri setelah pulang kerja nanti. Namun kalau opsi pertama gagal, ya terpaksa motor akan saya bawa ke bengkel langganan. 😀

Ketika saya search di google, di beberapa blog dan juga media ternyata banyak juga yang juga mengeluhkan tentang bocornya tangki bensin megapro. Ada beberapa penyebab kebocoran tangki megapro itu sendiri jika saya simpulkan.

  1. Karena memang kualitas plat untuk tangki di megapro ini rata-rata tipis, tidak seperti generasi awal dan GL series.
  2. Karena air baik air hujan atau air ketika mencuci motor kemungkinan dapat masuk dari tutup tangki yang tidak tertutup rapat. Air yang masuk maka akan mengendap di dasar tangki dan dapat menyebabkan tangki berkarat.
  3. embun di dalam tangki yang muncul akibat peningkatan suhu di dalam tangki sehingga embun tersebut mengendap di dasar tangki dan dapat menyebabkan karat.
  4. Penyebab-penyebab kebocoran di atas tidak termasuk ketika motor jatuh atau terjadi benturan yang mengakibatkan tangki penyok dan bocor.

Untuk cara memperbaiki tangki megapro primus yang bocor, ada beberapa cara yang dapat saya simpulkan setelah membaca artikel di beberapa blog dan juga media.

  1. Menambalnya menggunakan lem besi
  2. Menambalnya dengan cara di las karbit/patri
  3. Melapisi tangki bagian dalam dengan resin
  4. dan masih banyak lagi.

Nah, itu mungkin sedikit cerita saya kali ini tentang tangki megapro primus saya yang memiliki “fitur” baru tangki bocor. Untuk update perkembangan dalam memperbaiki tangki ini jika ada waktu akan saya tulis kembali.

Barangkali ada pembaca yang kesasar ke blog ini dan mengalami hal serupa bisa sharing-sharing di kolom komentar.

Gambar Gravatar
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.